facebook lini aplikasi dan layanan

Facebook makin mendominasi market share sosial media baik secara global maupun Indonesia. Dominasi Facebook secara global tak tergoyahkan.

Mengutip data statistik dari GS Statcounter, raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu menguasai 73,27% market share disusul Twitter (8,9%), Pinterest (7,22%), dan Youtube (4,73%).

Di Indonesia, Facebook menguasai 61,32% market share disusul Youtube (29,4%), dan Instagram (3,48%).

Melihat data di atas menjadi masuk akal kiranya saat ini begitu banyak orang menjalankan iklan di sana. Dan Facebook sepertinya kebanjiran advertiser.

Itulah kenapa belakangan ini makin banyak beredar di kalangan advertiser yang mengeluhkan akunnya kena pembatasan. Ada yang kena pembatasan di akun pribadi, BM, atau sebatas akun iklan.

Ada gula ada semut. Gulanya adalah miliaran pengguna aktif dan para pebisnis ibarat semut mencoba mendapatkan cuan dengan menyasar channel penjualan melalui facebook.

Perlu pintar-pintar mengidentifikasi aplikasi, layanan, dan produk apa dalam lini facebook yang cocok Anda optimalkan sebagai advertiser.

Pahami dulu cara kerja aplikasi dan layanan agar bisa menentukan produk mana yang paling optimal untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Lini Aplikasi dan Layanan Facebook

Situs media sosial yang dikembangkan Mark Zuckerberg itu terus melakukan inovasi. Berawal dari platform untuk menghubungkan mahasiswa Harvard kini telah menjelma menjadi perusahaan paling raksasa yang mampu menampu miliaran pengguna aktif tiap bulannya.

Setidaknya 140 juta bisnis aktif menjalankan iklan di Facebook setiap bulan. Mereka memanfaatkan sejumlah lini aplikasi dan layanan Fb.

Menangkap peluang dari banyaknya pengguna aktif tersebut, Facebook mengembangkan lini aplikasi dan layanan mewadahi pelaku bisnis untuk menjangkau facebooker.

Ada jalan organik dan tentu saja cara berbayar alias menjalankan iklan. Anda bisa membangun eksistensi bisnis di Facebook, Instagram, dan WhatsApp dengan memanfaatkan sejumlah fitur baik yang gratis maupun berbayar.

Sebaiknya mengawali internet marketing di fb dengan jalan organik. Kembangkan dulu akun personal maupun halaman atau fanspages sebelum menjalankan iklan.

Kenali Fiturnya

Facebook

Membuat halaman atau fanspage di Facebook merupakan langkah awal untuk membangun eksistensi. Manfaatkan fitur gratis terlebih dahulu untuk membangun eksistensi secara organik.

Setelah membuat halaman, Anda bisa memanfaatkan fitur gratis sebagai beriku.

  • Bagikan postingan dan cerita (story) secara konsisten dan berkelanjutan
  • Kirim pesan kepada pelanggan
  • Promosikan acara
  • Menjual produk
  • Menerima pemesanan janji temu
  • Memposting Lowongan kerja

Instagram

Ini merupakan platform visual. Pengguna menjelajahi dan berinteraksi dengan foto atau video yang muncul di lini masa.

Fitur gratis instagram antara lain sebagai berikut.

  • Membagikan foto dan video
  • Berbalas direct message

Bila jangkauan organik dirasa kurang, Anda bisa memperluas jangkauan dan memperkuat awareness dengan iklan berbayar.

Kotak Masuk (Inbox) dan Messenger

Inbox alias kotak masuk Halaman menawarkan satu lokasi prktis mengelola pesan dan komentar. Baik itu di Facebook, Messenger, dan Instagram.

Messenger ini memungkinkan Anda melakukan percakapan secara real time. Apakah itu pelanggan atau pun calon pelanggan.

Penggunaanya bisa untuk memberikan saran, membantu penjualan, hingga menawarkan dukungan dalam satu percakapan berkelanjutan.

Manfaatkan fitur ini untuk iklan yang memerlukan percakapan dalam proses penjualan. Iklan klik ke messenger bagus untuk memulai percakapan dengan calon pelanggan.

Tipe iklan ini juga bagus untuk pesan bersponsor membantu berinteraksi kembali dengan orang yang sudah tertarik dengan bisnis Anda.

Audience Network

Ini adalah kumpulan aplikasi dan situs web diluar facebook tapi berada dalam ekosistemnya. Facebook sebagai tempat orang-orang menghabiskan waktunya.

Fb memberikan layanan untuk publisher mengoptimalkan revenue melalui platform mereka. Bentuknya antara lain instant article dari blog atau situs berita, video pendek, hingga live streaming.

Apakah bisnis Anda cocok dengan para penikmat platform yang berada di audience network? Bila iya, ini bisa menjadi salah satu penempatan iklan Anda.

Kesimpulan

Facebook menyediakan lini aplikasi dan layanan yang memungkinkan pelaku bisnis menjangkau dan berinteraksi dengan pemirsa yang paling relevan.

Penempatan iklan bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Optimasi anggaran bisa berbasis campaign atau di set iklan.

Referensi:

Statistik Sosial Media di Indonesia

Facebook Blueprint

Leave a comment

Tinggalkan Komentar