Belajar dari Pakar Kelas Dunia
Belajar dari Pakar Kelas Dunia | Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Belajar dari para pakar kelas dunia. Banyak terobosan baru berkat lompatan teknologi informasi. Terobosan-terobosan baru yang mengubah sendi-sendi kehidupan lainnya.

Sekarang kita bisa belajar dari pakar kelas dunia melalui beragam kursus atau kuliah online. Selain kemudahan akses, banyak yang menawarkan program kursus secara gratis. Kamu mau belajar digital marketing, social media marketing, atau optimasi SEO, semuanya ada.

Bila kamu suka teknologi, beragam kursus online dari mulai basic tentang perangkat keras, perangkat lunak, operating system, pemrograman, hingga artificial intelligence terbaru seperti bagaimana merancang otomatisasi segala hal ada.

Baca juga: Belajar Data Analyst beasiswa Bertelsmann dan Udacity

Kita bisa mempelajari semua itu bukan dari sembarang pengajar, tapi profesor dan pakar dari kampus top dunia. Semua bisa kamu akses. Misalnya ingin mengetahui bagaimana rasanya belajar pemrograman dari Harvard University atau MIT atau Berkeley.

Hebatnya, kita mendapatkan kemudahan akses terhadap ilmu pengetahuan berkualitas itu tak harus mendaftar sebagai mahasiswa. Semuanya serba mungkin, agak lebay ibaratnya, hanya imajinasi yang membatasi.

Baca juga: Teori Daya Saing

Platform belajar dari pakar

Kita bisa mengakses kelas dari kampus top dunia melalui sejumlah platform online. Coursera menawarkan kursus di berbagai bidang studi yang diampu para pengajar terkemuka dari universitas-universitas top di dunia.

Edx juga menawarkan hal serupa dengan materi pelajaran dari para pengajar universitas terbaik seperti Harvard, MIT, Stanford, dll.

Kamu bisa belajar dari mastah Inggris dan Australia melalui Futurelearn. Kita bisa mengikuti kelas gratis dari pakar kelas dunia universitas top Jerman melalui iversity.

Misalnya saja pengalaman seru belajar strategi daya saing dari pakar tersohor Jerman ini.

Fleksibel

Tentu saja minat pribadi paling utama. Kita bisa belajar hal baru atau meningkatkan skill. Peningkatan skill ini sangat penting baik untuk karyawan ataupun pemilik bisnis sendiri. Terlebih lagi buat kamu yang masih kuliah atau prakerja.

Jadi kalau misalnya saja kamu mendaftar program kartu prakerja gelombang terbaru ternyata belum lulus, bisa mencoba kursus online ini. Menurut saya mutunya lebih bagus!

Kursus online ini memiliki silabus standar perguruan tinggi. Para pengajar menyesuaikan materi belajar sesuai kebutuhan terupdate. Penyampaian melalui video, bahan bacaan, kuis, tugas, hingga projek tertentu.

Baca juga: Pengantar Ilmu Komunikasi

Berbobot

Struktur materi, waktu pertemuan, pekerjaan rumah, kuis, hingga ujian akhir. Standar perkuliahan. Bahkan lebih berbobot. Bedanya, kita tidak bisa berinteraksi langsung dengan para pengajar ataupun teman kuliah. Tapi ini bukan halangan bukan, kita makin terbiaksa berinteraksi secara online.

Video materi belajar sangat bagus. Pengajar memaparkan materi dengan uraian dan ilustrasi apik. Biasanya pada akhir video memberikan link bahan bacaan baik berupa ebook, scan buku, atau artikel online.

Kita bisa berdiskusi dengan sesama teman melalui forum diskusi. Sedikit info buat kamu yang sedang mengembangkan blog, forum diskusi ini bermanfaat buat menanam backlink gratis! Ssst jangan keras-keras ya!

Baca juga: Belajar menulis storytelling untuk blog

Forum diskusi sangat berguna. Kita bisa bertukar ide, gagasan, atau menanyakan sesuatu yang kurang paham. Buat thread diskusi relevan dan menanggapi thread teman dengan sopan.

Rahasia sukses kursus online adalah tekad kuat dan siap belajar mandiri. Mengikuti materi dengan baik atau tidak hanya kita yang tahu. Ketika duduk menghadap laptop atau smartphone, apakah benar-benar belajar atau sekadar browsing sepenuhnya urusan kamu, kan?

Satu lagi, bila tertarik mengoleksi sertifikat, kursus ini juga menyediakan sertifikat. Tentu saja bagi mereka yang memenuhi kualifikasi. Awalnya coba-coba, jadi ketagihan. Tapi, dari puluhan kursus yang saya ikuti, baru satu sertifikat saya dapat.