Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog masih sering ditanyakan. Pertanyaan seputar cara membuat blog yang menghasilkan uang bertebaran di internet, baik dalam forum berbasis web maupun sosial media seperti grup facebook, hingga grup telegram dan whatsapp.

Pertanyaan seperti itu muncul karena hampir setiap hari bermunculan blogger pemula. Mereka bertanya bagaimana penghasilan blogger pemula, apakah membuat blog bisa dapat uang?

Melihat banyaknya pertanyaan seperti itu dan hampir tiap hari muncul, kami tergerak untuk membuat sebuah panduan lengkap bagaimana cara membangun blog yang menghasilkan. Dalam pembahasan kali ini kita batasi permasalahannya, bagaimana cara membuat blog yang menghasilkan uang dari Google Adsense.

Apa Itu Google Adsense

Google Adsense adalah layanan Google untuk para publisher termasuk blogger mendapatkan penghasilan dari konten online. Google akan menayangkan iklan yang cocok dengan situs blog kalian berdasarkan konten dan pengunjung.

Blog kalian menjadi medium penempatan para pengiklan di Google. Pengiklan di Google memasang iklan antara lain lewat Google Ads.

Photo by Anthony Shkraba on Pexels.com

Google Adsense hanyalah salah satu dari banyak jaringan iklan lainnya yang bisa kalian ikuti di internet. Selain Google Adsense ada MGID, Adnow, dan lain sebagainya.

Di antara sekian banyak layanan jaringan iklan itu, ada pula partner Google yang menyediakan layanan optimasi penghasilan. Salah satunya Ezoic yang menyediakan layanan berbasis machine learning dan artificial intelligence membantu optimasi penghasilan blog kliennya.

Sebenarnya ada banyak cara meraih penghasilan dari blog selain iklan. Ada beberapa model bisnis online yang bisa kalian lakukan lewat blog, antara lain affiliate marketing, jualan produk fisik atau digital, jualan jasa, hingga membuat kursus atau pelatihan online.

Model bisnis online untuk meraih penghasilan dari blog kita bahas lain kali dalam artikel khusus. Sekarang kita fokus bagaimana membangun blog yang bisa menghasilkan uang dari Google Adsense.

Kuasai Ilmu Penting Blogger

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum terjun ke dunia blog adalah mengisi kepala dengan wawasan yang benar. Tidak harus expert, akan tetapi perlu pengetahuan yang cukup agar mengerti medan yang akan kalian masuki.

Agar blog kalian bisa bersaing di tengah ketatnya persaingan online, perlu setidaknya memiliki pengetahuan yang cukup terkait disiplin berikut ini.

Koding dasar

Memiliki skill koding dasar adalah sebuah keharusan bagi seorang blogger. Tidak harus expert, tetapi setidaknya bisa memahami logikanya sehingga bisa mengurus sendiri hal-hal kecil terkait tampilan blognya.

Pengetahuan koding dasar seperti HTML, CSS, dan Javascript. Sedikit mengerti tentang PHP bisa sangat membantu dalam mengcustomisasi blog yang berbasis wordpress.

Photo by Vlada Karpovich on Pexels.com

Memahami HTML dengan baik juga sangat berguna ketika sudah bersinggungan dengan optimasi SEO pada sisi on page. Setidaknya bisa membedakan mana tag h1, h2, h3, h4, h5, h6, h7 juga p. Mengerti mana , , untuk menyisipkan kode atau script adsense misalnya.

Saat ini banyak platform yang menyediakan kursus pemrograman dasar secara gratis. Misalnya saja dicoding dan progate.

Kalian juga bisa mengikuti program pemerintah kartu prakerja dan setelah diterima ambil kursus pemrograman atau langsung saja ambil beberapa program yang membuka pelatihan membuat website. Gratis! Eh tidak gratis ding, kalau ikut yang program prakerja dibayari pemerintah, dan kalau lulus mendapatkan sertifikat dan insentif prakerja.

Desain

Ilmu desain sangat penting. Ini berkaitan dengan tampilan blog kalian nantinya. Perlu pemahaman yang baik mengenai prinsip-prinsip pentingnya dan perlu juga memahami soal hak cipta agar bila blog kalian sudah besar tidak terkena masalah terkait pelanggaran copyright.

Suka tidak suka, ketika terjun sebagai blogger, kalian harus bersaing dengan situs-situs besar termasuk portal berita. Agar mendapatkan trafik yang bagus tentunya harus bisa muncul page one di halaman mesin pencari seperti Google, Bing, atau Duck Duck Go.

Muncul di halaman satu mesin pencari dalam keyword yang dibidik tidak cukup. Pengunjung yang mengklik tautan menuju blog kalian harus betah. Karena kalau tidak betah angka bounce rate tinggi yang dalam jangka panjang memburuk kualitas blog.

Agar pengunjung betah, itulah perlunya tampila yang cantik dan menarik. Misalnya saja loga yang apik, ilustrasi menawan, ada infografis yang membuat pengunjung nyaman berlama-lama di blog kalian.

SEO

Google dan mesin pencari lainnya selalu mengupdate algoritmanya seiring waktu. Alasannya, mereka ingin memberikan hasil yang relevan dengan apa yang orang cari di search engine.

Seorang blogger tentu harus senantiasa mengupdate isi kepalanya dengan hal-hal terkait algoritma mesin pencari ini. Bila tidak, ya alamat blognya tenggelam di antara jutaan hingga miliaran blog lain yang pengelolanya sangat memahami dan bisa membuat blognya ramah mesin pencari.

Pahami dulu cara kerja mesin pencari. Dengan begitu kalian bisa menentukan strategi yang tepat agar bisa memenangkan kompetisi dalam keyword yang dibidik.

Membuat Konten

Blog itu dominan tulisan berupa artikel. Setidaknya blog yang kita lihat winning. Banyak blogger sukses karena tulisannya bagus, enak dibaca, banyak yang membagikan hingga jadi viral.

Tulisan artikel adalah konten utama yang harus kita perhatikan dalam membangun blog. Selain itu, kita juga perlu memahami konten secara utuh. Segala hal yang tampil di blog kita adalah konten.

Perlu strategi konten yang tepat agar blog kita berkembang. Perlu dijawab, alasan apa yang membuat pengunjung akan mengunjungi blog kita di lain waktu. Bagaimana caranya orang yang pertama mengunjungi mau membagikan.

Hal-hal seperti ini bisa didapatkan seorang blogger yang menguasai ilmu konten. Ilmu tentang menulis, bagaimana mengemasnya dalam konten online, bagaimana mempercantiknya dengan image atau ilustrasi yang mendukung.

Model Bisnis Online

Kalau kita sudah bicara tentang menghasilkan uang, artinya sudah berkaitan dengan bisnis. Memabangun blog artinya kita membangun bisnis online. Tentu saja harus memahami bagaimana model bisnisnya.

Ilmu tentang model bisnis online khususnya manajemen bisnis blog sangat penting kita kuasai dalam menjalankan blog moneysite. Manajemen bisnis sangat perlu diterapkan bahkan bila Anda single fighter dalam mengelola blog.

Setidaknya bisa mengalokasikan sumber daya yang tepat. Pencatatan pengeluaran dan pemasukan sangat penting agar kesinambungan blog bisa berjalan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan misalnya biaya domain dan hosting, apakah perlu bantuan ahli IT untuk mengatasi masalah yang tidak bisa kalian tangani seperti meningkatkan performa dan speed, atau memelukan jasa penulis artikel SEO.

Trend

Ketika ingin membangun blog yang menghasilkan dari Google Adsense, trafik organik adalah kunci. Untuk mendatangkan trafik organik, kalian perlu memahami trend yang sedang berkembang dalam bidang atau niche yang dipilih.

Trend adalah segala sesuatu yang saat ini sedang dibicarakan, diperhatikan, dipakai, atau digunakan masyarakat pada saat tertentu.

Kemampuan membaca trend sangat penting dan ini akan membantu kalian dalam membuat konten, mempromosikan, atau mendesain tampilan blog.

Tentukan Niche Market

Kamu membaca tulisan ini karena sudah punya tujuan, yaitu membangun blog yang menghasilkan uang dari Google Adsense. Betul, tidak? Saya rasa betul, kita sudah mempunyai tujuan.

Photo by cottonbro on Pexels.com

Langkah berikutnya adalah merumuskan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Karena ingin membangun blog yang menghasilkan, tentu harus menentukan target marketnya.

Dalam khasanah marketing dikenal istilah niche market. Niche market adalah ceruk konsumen khusus, tertarget, yang lebih spesifik. Akan lebih gampang fokus menyasar niche market ketimbang menyasar semua orang.

Menentukan niche market yang akan disasar tentu ada banyak pertimbangan. Salah satu yang utama adalah di mana kalian memiliki keunggulan kompetitif sehingga mampu memenangkan persaingan.

Untuk menentukannya kalian perlu melakukan riset kecil-kecilan sembari mengukur kompetensi dan sumber daya yang dimiliki.

Setelah ketemu niche marketnya, tentukan topik blog anda dan bagaimana penyajiannya. Misalnya saja, ada blog terbilang sukses menyasar niche market smartphone dan aksesorisnya, blognya mengupas seputar review produk.

Ada pula blog sukses yang pandai menemukan niche market pengguna hosting dan mereka yang ingin membuat website self host. Blognya berisi review tentang hosting terbaik di Indonesia dan luar negeri.

Platform Blogging

Ada banyak platform blog gratis maupun berbayar. Kalian bisa memilih salah satunya untuk mengawali. Tentu akan sangat merepotkan bila baru mulai sudah membuat blog di banyak tempat.

Itu namanya ternak blog. Iya, banyak yang beternak blog. Tapi itu bukan blogger pemula. Kalian bisa beternak setelah berhasil mengembangkan satu blog dan terbukti bisa pay out dari Google Adsense.

Kecuali, kalian memang punya tujuan untuk ternak blog. Ternak blog dan membuat akun adsense untuk dijual. Ini banyak dilakukan orang-orang yang mencari cuan. Peternak blog dan adsense yang jualan banyak bermunculan di grup facebook maupun marketplace digital.

Blogger pemula berhasil mendapatkan gaji pertama dari Adsense kebanyakan dari platform blogger atau blogspot dan wordpress. Blogspot gratis, tapi optimasinya sulit bila kalian tak mengerti atau awam soal koding.

Bila awam dengan koding, menggunakan platform wordpress self hosting lebih disarankan. Kenapa? Karena ada begitu banyak theme dan plugin yang bisa digunakan langsung tanpa perlu mengutak-atik kodingan.

WordPress Self Hosted

WordPress self hosted banyak dipilih mereka yang ingin website lebih profesional. Iya, ada begitu banyak fitur pendukung serta kemudahannya.

Bukan hanya blogger pemula, platform wordpress juga dipakai situs media-media besar. Lembaga dan perusahaan besar banyak yang memakainya.

Brand besar yang menggunakan wordpress untuk website mereka antara lain TechCrunch, The New Yorker, BBC America, Sony Music, Microsoft News Center, Playstation.Blog.

Langkah pertama membuat blog dengan wordpress self hosted adalah mendaftarkan nama domain yang kamu pilih sekaligus membeli hosting di penyedia hosting.

Ada banyak penyedia hosting di Indonesia. Kamu juga bisa memilih hosting luar negeri. Bebas, tinggal pilih mana suka. Setelah beli domain dan hosting, kemudian mendapatkan akses masuk cpanel. Dari sana bisa kalian install wordpress, isi data yang dibutuhkan kemudian setelah proses selesai bisa langsung membangunnya.

WordPress menyediakan beragam kemudahan dalam kustomasi tampilan. Ada banyak tema atau theme yang bisa kalian pilih. Bila butuh theme Generate Press dan mau menggunakan Generate Press Pro bisa hubungi kami.

Ada pula theme builder yang sangat keren di wordpress. Kami juga menyediakan jasa install Elementor Pro untuk kebutuhan wordpress.

Konten Berkualitas

Setelah blog siap, isi dengan konten berkualitas. Soal konten berkualitas seperti apa, kita perlu membahasnya lebih detail. Silakan baca bagaimana cara membuat tulisan yang SEO friendly.

Bicara konten, orang ngeblog itu ada yang karena menyalurkan hobi saja, curhat, atau memang untuk mencari penghasilan. Bila kalian ngeblog untuk mendapatkan penghasilan butuh effort lebih agar konten memang layak menghasilkan.

Bagaimana konten yang berkualitas menurut Google?

Google memberikan pedoman sebagai berikut.

  1. Konten yang ditujukan terutama untuk pengguna, bukan untuk mesin.
  2. Jangan tipu pengguna Anda.
  3. Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin telusur.
  4. Konten situs yang unik, berharga, dan menarik.

Mereka juga mewarning blogger agar menghindari sejumlah teknik terlarang. Antara lain, konten yang dibuat otomatis (AGC), halaman yang berisi sedikit atau tanpa konten asli (copas), dan sejenisnya.

Promosi

Setelah blog berisi konten, PR selanjutnya adalah mempromosikannya agar ada trafik. Trafik organik yang dibenarkan Google Adsense adalah berasal dari hasil mesin pencari dan tautan media sosial secara wajar.

Mengoptimasi situs agar rankingnya di hasil pencarian bagus perlu sangat diperhatikan. Teknik SEO baik on page maupun off page harus dilakukan dengan baik agar blog kalian berhasil mendapatkan trafik organik.

Membagikan link ke sosial media seperti facebook, twitter, pinterest, tumblr, dan sejenisnya sangat dibolehkan. Tentu saja dengan cara yang wajar dan alami.

Hal yang perlu diperhatikan adalah konsistensi. Ngeblog dengan tujuan besar harus diikuti komitmen, tekun dan gigih menjalani prosesnya.

Blog yang baru dibuat tentu tidak bisa langsung menghasilkan. Ada proses yang harus dijalani sehingga blognya populer dan menghasilkan.

Dari gambar di atas bisa dilihat sebuah blog butuh waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan trafik. Ada hari-hari di mana seorang blogger harus rajin mengupdate konten dengan sedikit bahkan bisa jadi tanpa visitor organik (uv yang datang dari mesin pencari).

Hari-hari sepi yang harus ditekuni. Hari-hari harus rajin produksi dan membagikan link ke berbagai akun media sosial yang dimiliki. Juga tak bosan-bosan minta keluarga, teman, hingga kenalan untuk mengunjungi blog.

Pernah dengar kan, cerita blogger sukses yang harus mengeluarkan modal terlebih dahulu sebelum blognya populer. Itu juga yang harus diperlukan agar memenuhi syarat bisa menghasilkan uang dari blog.

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Tim Bakti.id. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

2 replies on “Cara Membangun Blog yang Menghasilkan Uang dari Google Adsense”

Comments are closed.