Photo by Tuấn Kiệt Jr. on Pexels.com

Rambut rontok bikin pusing. Meskipun pria lebih mungkin mengalaminya, masalah rambut rontok juga bisa dialami kaum wanita. Penyebab rambut rontok ada banyak, dari yang paling sederhana kekurangan vitami hingga faktor yang lebih kompleks sebagai gejala suatu penyakit.

Mengalami kerontokan rambut setiap hari sebenarnya hal yang wajar. Sejumlah studi menyebutkan merupakan hal umum terjadi jika kerontokan rambut mencapai 50-100 helai rambut per hari.

Namun demikian, bila mengalami kerontokan rambut tentu membuat kita tidak nyaman. Terkadang muncul ketakutan dan kekhawatiran kalau sampai mengalami kebotakan.

Beragam cara ditempuh untuk mengatasi rambut rontok. Mulai dari memperbaiki gaya hidup hingga menggunakan beragam produk kecantikan untuk mengatasi kerontokan rambut.

Cegah Rambut Rontok

Photo by Tuấn Kiệt Jr. on Pexels.com

Tentu saja mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum mengalami masalah rambut rontok atau ada tanda-tanda rambut rontok masih ringan, kita perlu mencegah dengan memperbaiki gaya hidup lebih sehat.

Salah satunya mengatur asupan makanan untuk rambut rontok seperti aneka vitamin, protein, hingga asam lemak omega-3. Kamu perlu mengonsumsi makanan untuk rambut rontok setiap hari agar rambut tetap indah terawat.

Masukkan daftar makanan berikut ini dalam diet sehat kamu untuk memastikan kesehatan rambut dari dalam. Agar terjaga luar dalam, kita perlu mengonsumsi asupan makanan bergizi untuk rambut dan memperhatikan perawatannya dengan produk-produk perawatan rambut yang tepat.

Makanan untuk Rambut Rontok

Apa saja makanan untuk rambut rontok, setidaknya ada 7 yang direkomendasikan.

1.  Telur

Setiap butir telur mengandung protein, biotin (vitamin B7), dan vitamin D. Kandungan ini sangat baik untuk membantu menguatkan struktur keratin pada rambut dan kuku. Artinya, selain lezat dan gampang diolah, telur berguna buat memperkuat rambut.

2.  Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau penting dalam pertumbuhan rambut. Makanan ini banyak mengandung kadar zat besi yang dibutuhkan tubuh. Kalau tubuh sampai kekurangan zat besi, bisa menyebabkan turunnya kadar kadar feritin sehingga rambut rentan mengalami kerontokan.

3.  Jambu biji

Jambu biji sangat berguna karena mengandung kadar vitamin C tertinggi yang menjadi sumber kolagen. Ini sangat dibutuhkan rambut karena selain menguatkan juga menjaga elastisitas dan memperbaiki tekstur.

Lebih istimewa lagi, vitamin C pada jambu biji akan mengaktifkan folikel sehingga merangsang tumbuhnya rambut-rambut baru sekaligus menyehatkan kulit kepala secara alami.

4.  Biji Bunga Matahari

Makanan yang biasa disajikan dalam bentuk camilan ini mengandung vitamin B5 yang melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala. Setiap 100 gram kuwaci mengandung 20 persen dari total kebutuhan vitamin B5 yang mampu merangsang folikel untuk menumbuhkan rambut.

5.  Seafood

Apa seafood favoritmua? Ikan tuna, salmon, atau kerang? Makanan ini kaya asam lemak esensial omega-3 yang berfungsi mencegah rambut rontok dan menstimulasi folikel untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

6.  Barley

Makanan yang umumnya diolah dalam betuk biji atau tepung untuk bahan roti ini memiliki kandungan vitamin B kompleks, sumber serat yang tinggi, zat besi, dan mineral tembaga. Barley juga mengandung vitamin E, antioksidan dan rendah kalori.

7.  Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak bisa memenuhi kebutuhan vitamin D yang berperan mencegah folikel menuju fase istirahat. Dengan tercukupinya vitamin D, folikel akan tetap aktif dan mendorong pertumbuhan rambut-rambut baru.

Itulah 7 makanan untuk rambut yang bisa kita santap setiap hari. Dengan memasukkan daftar makanan di atas dalam diet sehat kamu niscaya kebutuhan vitamin dan nutrisi penting lainnya untuk rambut bisa terjaga.

Kombinasi perawatan rambut luar dan dalam akan menjadikan mahkotamu kian indah menawan. Perawatan dari dalam dengan mencukupi asupan makanan untuk rambut yang pas dan juga perawatan dari luar dengan menggunakan shampoo dan perawatan lainnya dengan baik.

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Tim Bakti.id. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.