Cara membuat landing page
Photo by Anthony Shkraba on Pexels.com

Digital Marketing Insight. Apa yang mendorongmu mengetikkan kata kunci digital marketing di kolom search engine?

Apakah sekadar penasaran karena semua orang membicarakannya ataukah kamu ingin memulai bisnis online dan membutuhkan strategi digital marketing agar jualan laris?

Istilah digital marketing barang baru buat saya ketika pada 2017 masih bekerja sebagai jurnalis. Ketika itu saya bekerja pada sebuah media online di Jakarta.

Seorang teman mengajak saya bergabung dalam sebuah tim kampanye melalui media sosial. Istilah digital marketing dan banyak terminologi baru saya dengar kemudian.

Setelah tiga tahun berkenalan, berjibaku, dan meresapi aktivitas digital marketing, rasanya selalu ada yang baru di dalamnya. Hampir setiap hari muncul term dan tools baru.

Terkadang lelah ketika harus selalu mengganti strategi dan taktik karena munculnya hal baru yang dilakukan kompetitor.

Tapi begitulah namanya aktivitas digital, pemasaran digital, selalu berkembang dinamis seiring munculnya inovasi-inovasi baru dalam ranah teknologi informasi. Namun demikian, kita tidak perlu ikut-ikutan bingung terombang-ambing dalam ketidakpastian.

Tidak semua hal baru dan ramai dipakai orang tepat dan berguna kita pakai. Untuk itu sebagai pemula di dunia digital marketing perlu kiranya memahami konsep-konsep dasar dan bagaimana dunia ini bekerja.

Digital marketing atau pemasaran digital itu kata dasarnya market alias pasar. Ya, intinya adalah market. Kita perlu memahami selera pasar, mengenal apa yang pasar mau, dan tahu betul petanya.

Sebelum melangkah jauh membahas digital marketing, perlu kiranya kita review tentang pasar atau market, pemasaran atau marketing.

Dewasa ini semua orang butuh marketing. Bukan hanya perusahaan yang menjual produk atau jasa, bahkan politikus dan instansi sosial pun melakukan aktivitas marketing.

Disiplin ilmu pemasaran sangat luas. Ada market research, advertising, public relations, direct marketing, hingga field marketing. Kalau kamu googling kata kunci marketing atau pemasaran, ada begitu banyak hasilnya di internet.

Bagaimana strategi marketing yang relevan saat ini?

Marketing adalah aktivitas mempresentasikan, mengiklankan, dan menjual produk/jasa sebuah perusahaan dengan cara terbaik. Itu terjemahan bebas saya dari Oxford Dictionary dalam mendefinisikan marketing.

Penulis buku Guerilla Marketing, Jay Conrad Levinson, menjelaskan bahwa semua interaksi antara organisasi Anda dan seseorang di luar organisasi Anda adalah peluang marketing.

Marketing adalah adalah:

– kebenaran dibuat menarik;

– itu adalah seni mengubah pikiran Anda;

– ini juga merupakan kesempatan untuk menghasilkan uang sambil membangun hubungan yang langgeng dengan anggota komunitas Anda atau dengan organisasi lain.

Terminologi marketing sendiri berangkat dari kata dasar market. Market atau pasar adalah tempat bertemunya penawaran (offer/supply) dengan permintaan (demand). Konsep supply and demand kita telah pelajari dalam pelajaran ekonomi di bangku sekolah bukan?

Marketing Mix

Konsep dasar marketing mix mengacu 4P, yaitu Product, Price, Place, Promotion.

Product atau produk

– produk, jasa, atau ide yang dipasarkan. Segala sesuatu yang anda tawarkan agar pasar mau menyerap.

Price atau Harga

– Berkaitan dengan harga dari produk, jasa, atau  ide yang anda tawarkan agar customer  bisa mengaksesnya. Jika ada kompetitor, bagaimana kebijakan penentuan harganya?

Place atau tempat

– Apakah online atau offline? Dewasa ini kecenderungan mulai bisnis online atau keduanya, yaitu mengonlinekan bisnis yang sudah ada.

Promotion

– Bagaimana anda mengomunikasikan produk, jasa, atau ide sampai ke target market.

– Channel apa saja yang dipakai

– Strategi apa yang digunakan

Marketing Mix model 4P di atas merupakan pondasi dasar anda mengembangkan bisnis. Dengan empat pilar tersebut bisa meracik strategi yang tepat memilih pendekatan, strategi, dan taktik apa untuk mendapatkan hasil optimal.

Sekarang berkembang lagi konsep 4P + 3P jadi 7P. 3P berikutnya adalah Proses, Physical Design, People. Strategi marketing memang selalu berkembang. Apa yang menjadi jurus sakti hari ini bisa jadi tahun depan sudah basi. Sebab itu kita perlu terus berinovasi dalam setiap satu langkah maju.

Digital Marketing

Setelah memahami apa itu marketing dan strategi marketing mix, kita masuk pembahasan digital marketing.

Apa itu digital marketing?

Simplenya, jika kita melakukan aktivitas marketing melalui layar, itu disebut digital marketing. Dengan kata lain, digital marketing adalah seluruh aktivitas marketing di layar:

– HP atau smartphone atau ponsel

– Komputer

– Tablet

– TV

– Gadget lainnya

Apakah digital marketing sama dengan internet marketing dan online marketing?

Memang mirip, tapi pada kenyataannya tidak semua layar terhubung internet bisa digunakan dalam aktivitas digital marketing. Jadi, digital marketing adalah aktivitas online dan offline marketing yang dapat ditampilkan di layar.

Artikel Digital Marketing Insight