pemasaran melalui media sosial

Pemasaran melalui media sosial.

Sosial media sepertinya memang sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan saat ini. 

Hampir semua anak milenial memiliki akun sosial media minimal di salah satu platform. 

Ide pemasaran menggunakan sosial media atau sosial media marketing makin berkembang pesat. 

Berikut ini adalah ulasan menarik mengenai pemasaran melalui media sosial yang perlu diketahui.

Apa itu Pemasaran Menggunakan Media Sosial?

Pemasaran dengan perantara media sosial merupakan salah satu teknik marketing yang sangat mudah. Siapa pun sepanjang terkoneksi bisa melakukannya.

Singkatnya seseorang bisa mempromosikan atau membuat iklan di sosial media. 

Pemilihan medsos sebagai wadah untuk pemasaran digital memang memberikan dampak besar. Kita bisa mempromosikan produk.

Media sosial juga dapat memberikan banyak kemudahan dalam melakukan pemasaran karena memiliki berbagai fitur kekinian.

Selain itu, marketing menggunakan media sosial berarti tindakan atau usaha seseorang untuk memasarkan atau mempromosikan produk menggunakan bantuan konten di sosmed.

Pembuatan konten ini dapat menjadi media agar produk semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Jenis Pekerjaan yang Banyak Diincar

Karena memiliki berbagai aspek berguna untuk mempromosikan produk, pemasaran menggunakan media sosial dapat menjadi salah satu jenis pekerjaan yang cukup banyak diincar.

Saat ini banyak sekali platform untuk belajar social media marketing yang dapat dijadikan modal dalam bekerja di bidang tersebut atau untuk membantu mengelola bisnis pribadi.

Setelah belajar social media management atau social media marketing untuk penerapan langsung. Bisa menggunakan berbagai tools internet marketing lokal seperti orderonline, loops, landingpress.

Masih banyak lagi tools lainnya agar benar-benar bisa mahir dalam mengelola media sosial untuk kebutuhan marketing.

Selain belajar menggunakan berbagai platform atau tempat kursus, saat ini juga sudah ada pelatihan untuk social media marketing prakerja yang semakin memudahkan untuk mempelajari tentang ilmu berbisnis ini.

Tujuan Pemasaran dengan Medsos

Dalam menggunakan media sosial sebagai tempat untuk melakukan promosi memiliki berbagai tujuan. Di antaranya membantu meningkatkan bisnis.

Tujuan pemasaran media sosial di antaranya adalah untuk membantu meningkatkan brand awareness.

Siapa pun bisa mengakses media sosial. Praktis, target pasar semakin luas. Pastinya akan menjaring lebih banyak orang yang bisa saja memiliki ketertarikan terhadap produk yang sedang dipromosikan.

Marketing melalui media sosial juga memiliki tujuan untuk membangun hubungan dengan pelanggan menjadi lebih mudah dan praktis.

Dalam hal ini juga dapat membantu dari segi penilaian terhadap produk, testimoni atau review bisa lebih transparan dengan menggunakan media sosial.

Calon pelanggan juga bebas bertanya via direct message atau melalui kolom komentar di postingan konten suatu brand.

Prospek Keberhasilan Promosi & Iklan

Selanjutnya tujuan social media marketing lainnya adalah pemilik usaha akan dapat dengan mudah mengetahui prospek keberhasilan promosi atau iklan yang disebarluaskan di media sosial.

Ini dapat dilihat melalui interaksi saat memposting konten yang berkaitan dengan produk. 

Bahkan untuk beberapa sosial media memberikan fitur tambahan berupa konversi data konsumen yang berinteraksi dalam konten-konten yang disajikan oleh pemilik usaha di media sosial.

Dari sana dapat dilihat ketertarikan pelanggan pada produk yang dipasarkan.

Tujuan social media untuk bisnis berikutnya adalah dapat menjadi sebuah langkah dalam mempelajari sistem yang digunakan kompetitor dalam memasarkan produk.

Hal ini karena sosial media lebih mudah diakses sehingga pemilik usaha menjadi lebih mudah untuk mempelajari pengembangan promosi atau pemasaran produk milik kompetitor.

Manfaat Pemasaran Melalui Media Sosial

Kemudian social media marketing juga memberikan manfaat diantaranya dapat membantu dalam segi pemasaran yang lebih luas karena jangkauannya yang sangat luas dan bisa menjaring lebih banyak pelanggan.

Selain itu, banyak dari pemilik media sosial bisa menghabiskan waktu 3-4 jam per hari untuk berselancar di media sosial.

Menggunakan media sosial dalam melakukan pemasaran akan sangat membantu karena tidak memerlukan biaya mahal.

Berbeda dengan marketing tanpa media sosial atau offline yang mungkin bisa memilki biaya lebih mahal dan jangkauan yang tidak seluas menggunakan media sosial.

Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran menggunakan media sosial akan membantu menghemat biaya pengeluaran. 

Penggunaan media sosial sebagai media promosi pemasaran juga akan membantu dalam hal menentukan segmen bisnis.

Hal ini karena platform media sosial biasanya memiliki berbagai data pengguna.

  • makanan atau barang apa yang disukai,
  • bisnis apa yang biasa dikunjungi,
  • sampai kebutuhan lainnya yang mungkin bisa sangat membantu dalam meningkatkan promosi produk.

Dengan adanya konten produk yang diposting biasanya pelanggan akan memberikan testimoni produk yang pernah dibeli sebelumnya.

Terdapat fitur yang dikhususkan bagi pelanggan yang akan memberikan testimoni sehingga hal ini akan membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan baru maupun lama.

Kelebihan Sosial Media Marketing

Menggunakan sosial media dalam pemasaran memang memberikan banyak kelebihan.

Mudah dijangkau oleh pelanggan dari berbagai kalangan. Biayanya yang cukup terjangkau dibanding menggunakan teknik marketing jenis lainnya.

Kelebihan sosial media marketing juga lebih mudah dikelola dengan hanya memerlukan waktu untuk update aplikasi secara mudah karena biasanya platform tersebut sering menyediakan fitur-fitur baru. 

Dengan menggunakan media sosial juga akan membantu dalam mengembangkan target pasar.

Biasanya tren-tren baru yang muncul melalui media sosial. Tentunya akan sangat membantu dalam membuat campaign untuk meningkatkan penjualan produk.

Kekurangan Sosial Media Marketing

Selain kelebihan, terdapat kekurangan sosial media marketing diantaranya sulit diterapkan tanpa adanya pengetahuan dasar dan juga pengalaman.

Meskipun memiliki modal yang besar, hal tersebut tidak menjamin penggunaan sosial media marketing akan berhasil.

Sehingga sangat penting untuk mengikuti pelatihan social media marketing sebelum benar-benar menggunakan media sosial sebagai wadah untuk melakukan pemasaran digital.

Social media marketing ini juga tentunya memiliki persaingan yang sangat ketat, sehingga setiap pemilik usaha dituntut untuk kreatif.

Untuk mengatasi kekurangan tersebut, tentunya dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan social media marketing.

Maksimalkan waktu yang dimiliki dan juga pastikan untuk menjaga semangat agar memberikan hasil yang maksimal.

Selain itu juga bisa menggunakan jasa staf ahli digital marketing yang tentunya akan sangat membantu dalam pengembangan bisnis menggunakan teknik pemasaran menggunakan media sosial.

Akhir kata

Ada sejumlah langkah untuk bisa lebih memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk memasarkan suatu produk.

Lakukan perencanaan konten secara berkala dan berkualitas, agar media sosial bisa memberikan feedback yang lebih besar dibandingkan menggunakan media lainnya. 

Itu dia beberapa hal menarik yang perlu diketahui tentang pemasaran melalui media sosial.

Menggunakan media sosial sebagai wadah untuk memasarkan produk tentunya akan sangat berguna apabila digunakan dengan sebaik-baiknya.

Manfaatkan fitur-fitur yang ada dan buatlah konten menarik agar dapat membantu meningkatkan daya beli pelanggan.

Leave a comment

Tinggalkan Komentar