Recruitment Software Berbasis Teknologi AI Terbaik.

Recruitment menjadi salah satu tahap penting yang menentukan keberlangsungan perusahaan kedepannya.

Pasalnya, melalui proses ini, perusahaan dapat merekrut karyawan yang dirasa bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan perusahaan.

Mengingat proses recruitment yang tidak mudah, disarankan untuk menggunakan recruitment software yang memiliki teknologi canggih.

Daftar Metrik Rekrutmen

Recruitment metrics merupakan pengukuran yang dilakukan untuk menganalisis, mengumpulkan, dan melacak keberhasilan dari suatu rekrutmen.

Selain itu, pengukuran ini juga berfungsi untuk mengoptimalkan proses rekrutmen agar hasilnya lebih maksimal.

Beberapa recruitment metrics yang perlu diketahui recruiter adalah sebagai berikut:

1.     Source of Hire

Source of hire dapat disebut sebagai metrik yang paling penting. Sebab, mampu memberikan informasi terkait persentase karyawan yang memasuki talent pipeline dari berbagai sumber perekrutan. Misalnya, career fairs, job boards, events, dan LinkedIn.

Metrik yang satu ini dibagi menjadi dua kelompok, yakni:

  • Sumber internal, merujuk pada masing-masing individu yang bekerja dalam suatu organisasi. Misalnya karena transfer, dipromosikan, maupun mendapat rujukan
  • Sumber eksternal, merujuk pada semua kandidat yang dicari dari luar organisasi. Umumnya, didapatkan lewat platform media sosial, job boards, hiring platform, dan sebagainya.

2.     Time to Hire

Dari namanya saja, mungkin Anda sudah tahu bahwa time to hire merupakan ukuran waktu dari awal sampai akhir proses rekrutmen.

Recruitment metrics yang satu ini memungkinkan Anda untuk terus mengoptimalkan dan merampingkan talent pipeline. Juga memberi pemahaman apakah durasi perekrutan sudah tepat atau belum.

Selain itu, time to hire juga mampu memberi informasi terkait kemampuan karyawan dalam menjalankan proses atau melewati hambatan.

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi berbagai hambatan yang membuat proses rekrutmen berjalan tidak efektif dan tidak efisien.

Untuk mengoptimalkan recruitment metrics yang satu ini, Anda bisa menggunakan software khusus, seperti recruitment software.

Software ini dapat digunakan mulai dari tahap awal proses rekrutmen hingga selesai. Tentu saja kemajuan teknologi dapat mempercepat time to hire.

3.     Applicants per Hire

Selanjutnya, ada applicants per hire. Recruitment metrics yang satu ini memungkinkan Anda untuk melakukan evaluasi terhadap recruitment marketing.

Selain itu, metrik ini juga akan menentukan seberapa sukses sourcing yang Anda lakukan.

Kandidat yang memenuhi persyaratan adalah kandidat yang setara dengan Sales Qualified Leads (SQL) dan Marketing Qualified Leads (MQL).

Jadi, dapat dibilang mereka sudah lolos pada tahap rekrutmen pertama, seperti screening atau wawancara.

4.     Offer Acceptance Rate

Selanjutnya, recruitment software mampu menentukan metrik offer acceptance rate.

Metrik yang satu ini dapat menentukan persentase kandidat yang menerima tawaran untuk bekerja di perusahaan.

Bila tingkat penerimaannya rendah, maka Anda perlu mengevaluasi beberapa hal yang mungkin menjadi faktor penyebabnya.

Sebaliknya, jika tingkat penerimaan sudah tinggi, Anda perlu berusaha untuk mempertahankannya atau bahkan mengembangkannya menjadi lebih baik.

5.     Employee Net Promoter Score

Terakhir, ada employee net promoter score yang berfungsi untuk mengukur keterlibatan karyawan.

Selain itu, eNPS juga membantu Anda untuk melihat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan karyawan dalam periode waktu yang lama.

Menjalankan eNPS membutuhkan waktu dan upaya yang tidak sedikit.

Namun, survey ini akan membantu perusahaan untuk berkembang menjadi lebih baik.

Pasalnya, Anda akan tahu apa yang dirasakan karyawan selama bekerja di perusahaan Anda.

Recruitment Software Terbaik

Untuk membuat proses recruitment karyawan menjadi lebih mudah dan efisien, Anda dapat menggunakan software recruitment terbaik, seperti Shortlyst.

Tool ini menyediakan lebih dari 600 juta profil kandidat yang bisa diakses dari seluruh dunia.

Selain itu, Anda juga bisa mengintegrasikan profil tersebut ke berbagai platform, mulai dari Slack, WhatsApp, LinkedIn, hingga email.

Didukung dengan teknologi kecerdasan buatan yang mumpuni, tentu saja software ini mampu memberikan layanan terbaik.

Meskipun fitur-fitur yang ditawarkan sangat banyak dan menarik, Shortlyst tetap mematok harga yang sangat terjangkau, yakni mulai dari 23 USD.

Tunggu apalagi? Gunakan recruitment software terbaik untuk mendapatkan kemudahan dalam proses recruitment.

Baca juga: Media Promosi di Era Digital

Leave a comment

Tinggalkan Balasan