Semua tentang Private Cloud

Salah satu jenis cloud yang ramai digunakan ialah private cloud. Private cloud merupakan komputasi cloud yang memiliki lingkungan khusus. Keuntungannya hampir sama dengan public cloud terkait skalabilitas, peningkatan sumber daya serta kemampuan layanannya yang mandiri.

Akan tetapi, ia tetap mempertahankan isolasi server penyewa tunggalnya. Private cloud ini terletak di pusat data yang biasanya dioperasikan oleh organisasi atau penyedia layanan hosting tertentu.

Selain keuntungan tersebut, private cloud menawarkan keuntungan lainnya seperti sebagai control serta keamanan yang kuat terhadap aplikasi, data serta sistem dengan kelincahan yang sangat mumpuni seperti jenis cloud yang lainnya.

Jenis cloud yang satu ini merupakan salah satu dari ketiga jenis cloud yang sangat terkenal hingga saat ini. Kedua jenis cloud lainnya ialah public cloud dan hybrid cloud.

Adapun layanan dari public cloud ataupun private cloud biasanya diperkenalkan serta ditawarkan oleh penyedia layanan hosting seperti IBM, Red Hat dan Indonesian Cloud. Penyedia layanan ini menyediakan komputasi cloud, penyimpanan serta sumber daya yang lain melalui adanya jaringan internet.

Yuk, simak pengertian serta segala hal terkait Private Cloud berikut! Anda akan mengetahui lebih dalam tentang private cloud termasuk keuntungan yang bisa anda dapatkan dari jenis layanan private cloud ini.

Apa Itu Private Cloud?

Photo by panumas nikhomkhai on Pexels.com

Private cloud ialah jenis model komputasi dimana ia menawarkan kepemilikan secara pribadi sesuai dengan namanya. Model ini didedikasikan hanya untuk keperluan serta kebutuhan satu entitas bisnis.

Secara umum, hal yang ditawarkan oleh private cloud ini hampir sama dengan public cloud ataupun komputasi awan lainnya. Namun, di private cloud menyediakan sumber daya komputasi virtual yang diperluas dengan komponen fisik dimana penyimpanannya terletak di satu lokasi atau di pusat data vendor.  

Keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan private cloud ini ialah adanya peningkatan derajat control yang ditawarkan kepada organisasi. Private cloud ini hanya bisa diakses oleh satu perusahaan atau satu organisasi saja.

Dengan begini, perusahaan atau organisasi tersebut memiliki kemampuan sendiri untuk mengkonfigurasi lingkungan serta mengelola  dengan cara yang unik. Hal ini tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan itu sendiri.

Penggunaan private cloud terdiri dari perangkat keras yang kemudian di hosting secara lokal dengan fasilitas yang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri. Namun, ada juga perusahaan yang melakukan hosting ini dengan memanfaatkan jasa penyedia layanan cloud.

Pembayaran dari layanan private cloud ini biasanya secara virtual dan dibayar secara paket atau per tahun. Namun, perangkat keras yang telah disediakan itu serta konfigurasi penyimpanannya dapat dipertahankan manfaatnya dari jaringan eksklusif yang aman. contoh layanan ini adalah VMware private cloud dari Indonesiancloud.com

Fungsi dan Keunggulan Private Cloud

Adanya private cloud sudah tentu memberikan nilai serta keuntungan tersendiri bagi perusahaan ataupun organisasi tertentu.

Hal ini dikarenakan private cloud dapat memberikan abstraksi proses komputasi dengan cara-cara yang jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan virtualisasi yang masih tradisional.

Private cloud memiliki beberapa kelebihan yang dapat anda peroleh jika menggunakan layanan komputasi cloud ini. Kelebihan-kelebihan tersebut ialah:

Keamanan, Kemudahan serta Kepatuhannya Terhadap Kontrol

Photo by Pixabay on Pexels.com

Jika perusahaan anda ialah perusahaan dengan bisnis yang beroperasi pada industry, maka tentu kepatuhan ialah hal yang paling penting untuk diperhatikan.

Segala hal infrastruktur yang digunakan oleh private cloud dapat memberikan jaminan kemampuan untuk suatu organisasi mematuhi peraturan hingga yang sangat ketat dengan data-data sensitive yang disimpannya.

Data-data tersebut disimpan pada perangkat yang tidak akan bisa diakses oleh orang lain. Kelebihan ini akan tersedia dengan adanya penginstalan perangkat keras pada lokasi layanan yang dihosting.

Kemampuan dalam Kustomisasi

Jenis layanan cloud bernama private cloud ini bisa dikonfigurasi oleh suatu perusahaan yang menggunakan berbagai solusi yang ada di layanan ini. Layanan ini merupakan layanan privat sehingga arsitek cloud akan membangun private cloud ini langsung di tempat.

Sehingga hal ini mengartikan bahwa pemangku kepentingan-kepentingan dapat menentukan sendiri lingkungan mana yang tepat untuk menjalankan aplikasi yang berpemilik ini.

Private Cloud yang dihosting biasanya menawarkan keuntungan yang tidak memerlukan tempat. Perusahaan dapat bekerja sama dengan vendor yang akan menyiapkan serta mengelola cloud untuk penggunaan ekslusifnya.

Integrasi Hybrid

Pada private cloud terdapat hibridasi yaitu memperluas daya private cloud menjadi public cloud serta mempertahankan operasionalnya tanpa memerlukan pemasangan server fisik tambahan.

Hal ini digunakan ketika aplikasi membutuhkan sumber daya komputasi tambahan. Tentunya hal ini akan sangat membantu suatu perusahaan atau organisasi tersebut untuk melakukan penekanan biaya karea dengan adanya integrase hybrid solusi menjadi lebih hemat.

Apalagi untuk organisasi ataupun perusahaan yang memerlukan dengan segera keamanan private cloud namun ingin fungsi-fungsi lainnya masih bekerja dengan baik di layanan public cloud.

Jenis-Jenis Private Cloud

Jika layanan komputasi cloud memiliki berbagai macam jenis salah satunya private cloud, maka di dalam private cloud itu sendiri terdapat beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan cara hosting serta pengelolaannya.

Hal ini juga mencakup dengan penyediaan fungsi yang berbeda-beda tergantung pada kebutuhan perusahahaan. Contohnya ialah sebagai berikut:

Virtual

Private cloud jenis virtual ialah sebuah lingkungan yang tertutup dimana letaknya berada di dalam cloud public. Hal ini memungkinkan suatu organisasi menjalankan beban kerja secara terpisah dengn setiap pengguna public cloud lainnya.

Photo by Christina Morillo on Pexels.com

Walaupun sebenarnya jaringan ataupun server yang digunakannya ini sama denga organisasi lain, akan tetapi logika secara virtual ini dapat memastikan apakah sumber daya komputasinya bersifat pribadi atau tidak.

Perusahaan ataupun organisasi dapat menggunakan VPC jika ingin mengaktifkan penerapan dari cloud hybrid.

Baca juga: Tutorial Zoom Meeting

Hosted

Jenis private cloud berikutnya ialah hosted. Disini server private cloud yang sudah dihosting tidak akan dibagikan ke organisasi lainnya. 

Biasanya penyedia layanan kemudian akan mengkonfigurasi jaringannya, melakukan pemeriksaan perangkat keras, serta melakukan pemeliharaan. Selain itu, ia juga melakukan pemberharuan perangkat keras namun server yang bisa ditempat hanya satu organiasasi.

Managed (Dikelola)

Di sini ialah merupakan lingkungan yang dihosting untuk menyediakan pengelolaan setiap aspek dari cloud untuk organisasi di mana termasuk juga penerapan layanan tambahan. Layanan tambahan ini contohnya ialah manajemen penyimpanan serta identitas. Dan opsi tersebut ternyata sesuai dengan organisasi yang sama sekali tidak memiliki staf.

Bagaimana nih? Anda sekarang menjadi lebih paham bukan tentang komputasi awan bernama private cloud?

Nah, bagi anda yang membutuhkan berbagai macam solusi untuk kebutuhan perusahaan ataupun bisnis anda, anda bisa memilih Indonesian Cloud sebagai mitra cloud computing indonesia anda.

Karena Indonesian Cloud memiliki berbagai macam solusi mulai dari teknologi dan infrastruktur aplikasi cloud hingga layanan konsultasi TI, layanan pemulihan bencana, keamanan cyber serta masih banyak lagi solusi yang ditawarkan.

Maka bagi anda yang membutuhkan solusi untuk menyelesaikan permasalahan  komputasi, segeralah menghubungi Indonesian Cloud.