Pernahkah Anda bingung mengapa si kecil diam saja, jangan-jangan speech delay? Speech delay adalah kondisi di mana anak terlambat berbicara. Ia telat bisa ngomong karena berbagai hal. Bisa jadi ananda bingung mau berkata apa, karena di rumah digunakan terlalu banyak bahasa.

Penyebab lain dari speech delay adalah anak yang memegang gadget terlalu dini, sehingga fokusnya kurang. Komunikasinya juga buruk karena terbiasa dengan pembicaraan 1 arah. Jika anak masih susah ngomong, maka periksakan ke psikolog, agar tahu penyebabnya.

Jangan takut dan cemas jika anak mengalami speech delay. Ini beberapa cara menstimulasi agar ananda mau belajar bicara dan tidak mingkem saja untuk mengatasi speech delay.

Lepaskan dari ketergantungan gadget

Photo by Tatiana Syrikova on Pexels.com

Gadget memang membantu manusia dalam banyak hal, namun jangan berikan kepada ananda terlalu dini. Jika ia masih berusia setahun, terlalu lama nonton video akan membuatnya sulit belajar bicara. Penyebabnya karena ia terbiasa komunikasi hanya searah, bukan dua arah.

Jika anak sudah kecanduan HP, maka ambil dan sembunyikan saat ini juga. Jangan pula pinjamkan HP punya ayah atau kakaknya. Matikan televisi dan laptop, lalu ajak anak untuk jalan-jalan keluar sebagai pengalihan.

Lihatlah hasilnya, jika anak berhasil untuk lepas dari gadget, ia akan belajar mengucap kata satu-persatu.

Hanya Gunakan 1 Bahasa di Rumah Anda

Photo by Daria Shevtsova on Pexels.com

Penyebab lain dari speech delay adalah ada banyak bahasa yang digunakan di rumah. Misalnya ibu memakai bahasa inggris, sedangkan yang lain memakai bahasa Indonesia campur bahasa daerah atau bahasa asing.

Apalagi kalau sudah diikutkan kelompok bermain yang bahasa pengantarnya bahasa Inggris misalnya. Anak akan bingung memakai yang mana. Oleh karena itu, gunakan bahasa Indonesia saja agar ananda mengikutinya.

Ajak Anak untuk Menyanyi Setiap Hari

Photo by Anastasiya Gepp on Pexels.com

Tahapan sebelum belajar berbicara pada anak adalah bernyanyi, karena ia belajar mengucap frasa. Ajak ananda untuk menyanyikan lagu anak-anak yang riang gembira. Ia akan senang jika diajak ibunya menyanyi. Lalu perlahan-lahan ikut bersenandung, dan mengucapkan lirik dengan benar.

Speech Delay Bisa Disembuhkan, Harus Kompak

Photo by Artem Podrez on Pexels.com

Sekeluarga harus kompak dalam mengatasi speech delay pada anak. Ketika ia diet gadget, jangan pernah pinjamkan HP. Saat ibu mengajak menyanyi, maka sang ayah dan kakak juga mengajari untuk menyanyi. Anak akan senang karena distimulasi dan diberi kasih sayang oleh keluarganya.

Bacakan Buku dan Mendongenglah Tiap Saat

Photo by cottonbro on Pexels.com

Membacakan buku dan mendongeng ampuh untuk mengajak anak belajar bicara, karena ada sesi komunikasi 2 arah. Ananda akan belajar cara ngomong dengan meniru ucapan sang ibu. Pilih buku untuk anak-anak yang isinya sedikit, karena ia masih balita. Lakukan sesi ini tiap saat, sebelum tidur, ketika bermain di sore hari, dan sebagainya

Periksakan ke Psikolog dan Dokter Anak

Photo by Artem Podrez on Pexels.com

Jika segala cara sudah dicoba, maka coba periksakan ananda ke dokter. Jangan-jangan di lidahnya ada kelainan seperti tongue tie, jadi ia kesulitan untuk bicara. Ananda bisa dioperasi agar lidahnya berfungsi dan digunakan untuk belajar ngomong.

Anda juga bisa membawanya ke dokter THT untuk melihat apa ada kelainan pada telinganya, karena belajar bicara berkaitan dengan kemampuan mendengar.

Periksakan juga ke psikolog apakah ananda trauma saat belajar bicara, sehingga diam saja? Psikolog akan mengobservasi, dan mencari tahu apakah anak susah ngomong karena ternyata autis, ADHD, atau punya penyebab yang lain.

Jangan menduga-duga, namun serahkan pada ahlinya untuk mencari tahu mengapa anak susah bicara.

Speech delay adalah keterlambatan kemampuan untuk berkomunikasi pada anak, dan sebagai orang tua, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara.

Periksakan ke dokter dan psikolog, lalu lakukan diet gadget. Konsisten dengan 1 macam bahasa saja di rumah, dan bacakan buku tiap malam. Semoga dengan cara-cara ini ananda bisa lekas berbicara.

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Tim Bakti.id. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

One reply on “Stimulasi dengan 6 Langkah Ini Bila Si Kecil Speech Delay”

Comments are closed.