Beginilah Tutorial Zoom Meeting Lengkap, Aplikasi Penting Saat WFH

Pandemi virus corona atau Covid-19 memaksa  pemerintah untuk membatasi kegiatan masyarakat untuk mengurangi penyebaran virus. Sekolah, kampus, hingga kantor beralih menggunakan sistem Work From Home (WFH). Tutorial zoom meeting adalah salah satu hal penting yang wajib dikuasai demi kelancaran WFH ini.

Apa itu Zoom Meeting?

Zoom adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk komunikasi video dan audio, kolaborasi, obrolan hingga webinar yang dapat diinstal di komputer/pc, laptop, dan smartphone. zoom memiliki 5 layanan diantaranya Zoom Meeting, Zoom Webinar, Zoom Room, Zoom Phone dan Chats, serta Aplikasi Marketplace.

Baca Juga: Panduan Terbaik Memahami Cara Kerja Bisnis Online

Sebelum menggunakan semua layanan tersebut, Anda harus memiliki aplikasi Zoom dengan cara mendownlod baik di website (komputer atau laptop), playstore (android), dan App store (IOS). Kemudian Sign Up untuk membuat akun menggunakan email atau profil Facebook.

Berikut Cara Menggunakan Zoom Meeting Lengkap

Layanan Zoom Meeting biasanya digunakan untuk melakukan video conference bersama rekan atau karyawan kantor yang dapat diakses dimana saja. Layanan ini cukup memadai untuk melakukan diskusi maupun rapat secara online. Setelah memiliki akun dan login, Anda akan menemukan 3 pilihan yaitu schedule (menjadwalkan), join (bergabung), dan host (memimpin rapat) di Zoom.

1. Mengatur Jadwal Meeting

Anda dapat mengantur jadwal meeting sendiri dengan menggunakan Zoom. Pastikan jadwal teersebut sesuai dengan para peserta yang lain. Adapun tutorial Zoom Meeting untuk mengatur jadwal meeting adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Zoom dan Sign In.
  • Klik ikon kalender.
  • Pilih pengaturan meeting. Silahkan atur mulai dari tanggal, topik pembicaraan, video, audio dan kalender yang akan Anda digunakan.
  • Setelah selesai, klik Schedule.

2. Tutorial Zoom Meeting Untuk Partisipan

Jika Anda adalah partisipan atau peserta dalam dalam sebuah rapat di Zoom, biasanya Anda akan diundang oleh host untuk masuk dan bergabung dalam Zoom Meeting tersebut, baik dengan cara mengklik langsung atau memasukkan manual meeting ID. Adapun tutorial Zoom Meeting untuk partisipan adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Zoom dan Sign In.
  • Klik Join Meeting.
  • Masukkan meeting ID yang sudah dibagikan oleh host. Kemudian ganti nama Anda agar host bisa mengenal Anda, lalu klik join meeting.
  • Masukkan password Zoom Anda
  • Pada sudut kiri bawah klik tulisan call over internet. Pastikan Anda menggunakan earphone agar Anda dapar mendengar atau berbicara dengan baik.

3. Tutorial Zoom Meeting Untuk Host (Pimpinan Rapat)

Aplikasi Zoom memungkinkan Anda untuk memimpin sebuah rapat secara online. Anda dapat mengundang peserta untuk bergabung dalam rapat tersebut. Adapun tutorial Zoom Meeting untuk host adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Zoom dan Sign In.
  • Pilih Start, lalu klik New Meeting.
  • Klik Invite Others. Anda bisa mengundang peserta melalui email atau menyalin link yang tersedia.
  • Tunggu semua peserta bergabung ke dalam ruang meeting. Jika diperlukan, Anda bisa mengunci ruang meeting pada menus Security dengan memberi tanda centang pada pilihan Lock Meeting.
  • Jika ingin merekam meeting yang sedang berlangsung, Anda bisa mengklik Record. Video rekaman tersebut akan diubah dan disimpan dalam format .mp4.
  • Sebagai host, jika meeting telah berakhir, Anda bisa mengakhiri meeting untuk semua atau meninggalkan meeting dengan mengklik End Meeting di sudut kanan bawah. Setelah itu akan muncul sebuah kotak informasi dengaan tiga pilihan, yaitu cancel, eave Meeting, dan End Meeting for All. Silahkan pilih sesuai kebutuhan Anda.

Demikianlah tutorial Zoom Meeting yang dapat Anda gunakan untuk keperluan tertentu selama Work From Home. Aplikasi tersebut sangat membantu kelancaran pekerjaan, kuliah, bahkan sekolah selama pandemi covid-19. Semoga pandemi ini  cepat berakhir, ya.

Tinggalkan Balasan