Ada banyak harapan di tahun 2021. Harapan begitu besar agar krisis akibat pandemi Covid-19 yang membuat 2020 menjadi kelabu. Kita melewati tahun lalu dengan penuh tantangan berat yang tak terduga sebelumnya.

Pandemi Covid-19 membuat kita harus berkompromi dengan keadaan. Sejumlah rencana menjadi berantakan. Butuh waktu dan tenaga ekstra untuk menatanya kembali.

Tahun 2021 ini pandemi belum benar-benar berlalu. Namun demikian, harapan mulai muncul setelah ada vaksin. Vaksinasi telah dilakukan dan sebagian warga yang mendapatkan prioritas telah mengikutinya.

Kita membuat resolusi di awal tahun baru untuk memandu langkah agar sepanjang tahun ini bisa kita lewati dengan baik. Tahun ini resolusi saya adalah mengembangkan blog yang saya rintis agar bisa bertumbuh.

Awalnya saya membuat blog hanya sebagai catatan pribadi dan kumpulan makalah tugas kuliah. Tulisan awal di blog ini kebanyakan import dari platform blogspot dan kemudian saya pindahkan ke wordpress self hosted ini.

Tak disangka-sangka, blog yang awalnya hanya sambilan ternyata bisa juga menghasilkan. Tahun 2020 bisa mulai mendapatkan penghasilan dari blog. Ini membuat muncul semangat untuk lebih serius dan mengembangkannya lagi.

Pada 2021 ini saya mematangkan konsep dan mempertajam niche blog ini dengan digital marketing dan bagaimana memulai bisnis online. Ini tak terlepas dari apa yang sedang saya pelajari dan terapkan dalam keseharian sejak awal tahun ini.

Saya mulai melakukan jualan online. Terhitung Januari 2021, saya mulai membuat landing page sebuah produk dan mengiklankan melalui Facebook. Apa yang saya pelajari dan alami dari aktivitas itu kemudian saya sarikan sebagai inspirasi sejumlah artikel dalam blog ini.

Saya itu sebenarnya tidak pernah membuat resolusi. Hidup mengalir saja. Tapi ketika ditanya apa resolusi? Ya ini jawabnya. Resolusi saya tahun ini menerapkan ilmu digital marketing dengan membuat lapak online dan mengembangkan blog. 

Resolusi sederhana korban terdampak pandemi Covid-19. Tapi kita bisa tetap mengambil hikmah dari segala sesuatu. Misalnya saja pandemi Covid-19 membuat orang harus lebih banyak di rumah. Dengan lebih banyak di rumah, orang cenderung lebih banyak melakukan aktivitas online.

Aktivitas online tentu membutuhkan perangkat. Perangkat yang tangguh untuk mengerjakan multitasking. Perangkat yang cukup tangguh untuk multitasking seperti menulis artikel, edit html dan css ringan, membuka dashboard facebook ads, dan mengelola sosial media.

Tuntutan menjadi advertiser Facebook sekaligus menjadi blogger sekarang tak sederhana lagi. Harus juga mampu membuat desain yang memadai. Untuk itu perlu laptop yang lebih tangguh lagi untuk membuat lebih produktif, mudah dalam berkegiatan, tanpa mengorbankan kesehatan.

Sebab, selain harus menulis dan pekerjaan lainnya di depan laptop juga harus mengikuti meeting online dengan kolega maupun klien.

Ada yang seperti itu? Iya, laptop yang baru dirilis ASUS. ASUS ZenBook Flip S (UX371). Laptop yang pantas masuk wishlist untuk menunjang produktivitas, menyalurkan kreativitas. Inilah alasan-alasan penting mengapa perlu memiliki ASUS ZenBook Flip S (UX371)

10 Alsan Beli ASUS ZenBook Flip S (UX371)

1. Laptop Convertible dengan Pena Digital

Insan kreatif seperti konten kreator itu mobilitasnya tinggi. Terkadang kita butuh melakukan perjalanan untuk mencari inspirasi. Ide kreatif seringkali muncul dalam sebuah perjalanan. Nah, ketika ide ini muncul dan  perlu menuangkannya akan lebih cepat bila kita membawa laptop convertible.

Laptop convertible ASUS ZenBook Flip S (UX371) bisa menjadi solusi tepat. Layar dapat diputar hingga 360 derajat dan dapat digunakan layaknya sebuah tablet. Pun dilengkapi pena digital memudahkan untuk menggoreskan ide-ide kreatif yang muncul.

Pen Stylus pada laptop ini mendukung pengguna untuk mengekspresikan ide-ide kreatifnya. Para seniman, fotografer, dan desainer akan menyukai kemungkinan tak terbatas yang ditawarkan ZenBook Flip S. 

ASUS Pen adalah stylus aktif dengan desain aluminium ramping dan elegan serta nuansa premium. Stylus khusus yang memiliki 4096 pressure level dengan dukungan Windows Ink, membuat laptop ini sangat tepat untuk para insan kreatif seperti ilustrator digital.

Dengannya, Anda bisa menggambar, menulis, atau membuat anotasi secara akurat di aplikasi apa pun yang didukung. Windows Ink memungkinkan Anda membuat catatan tempel, menangkap ide dan detail segera saat ide terpikirkan atau peristiwa terjadi. Anda bahkan dapat mengambil tangkapan layar dan membagikannya dalam satu klik.

2. Desain Premium dan Ringkas

Soal desain sudah pasti keren. Ini produk paling premium di kelasnya. Huruf S dalam namanya memiliki arti slim dan sophisticated (tipis dan mewah).

Slim. Tipis dan ringkas bodinya. Ketebalan 11,9 mm dan bobot hanya 1,2kg. Kebayang kan, sangat enteng dibawa dan dapat masuk ke dalam tas dengan mudah sehingga bisa dibawa ke mana pun. 

Iya, ini bukan paling tipis. Kenapa tidak dibuat lebih tipis? ASUS lebih mengutamakan pengalaman pengguna yang maksimal dengan menghadirkan port yang lengkap. 

Ada dua port USB Type-C dengan dukungan koneksi Thunderbolt 4, USB Type-A 3.2, dan HDMI.

Sophisticated. Inilah sisi sophisticated dari ASUS ZenBook Flip S (UX371). Bagian sudut-sudutnya sengaja dipangkas sedikit membentuk potongan mirip potongan berlian. Istilahnya diamond-cut.

Ada tambahan garis berwarna tembaga “Red Copper” mengelilingi bodinya sehingga terlihat sangat berbeda dan lebih mudah dikenali dari jauh.

3. Lebih Nyaman dan Ergonomis

Laptop ini dibuat sedemikian rupa membuat penggunanya merasa nyaman saat mengetik. Posisi mengetik menjadi lebih ergonomis berkat 360 Ergolift Hinge. Fitur Edge-to-Edge Keyboard memaksimalkan ruang agar dapat menghadirkan pengalaman mengetik terbaik.

Touchpadnya dilengkapi dengan fitur NumberPad 2.0. Fitur ini memungkinkan pengguna Zenbook Flip S (UX371) mengubah fungsi touhpad menjadi numpad melalui satu sentuhan saja.

4. Laptop dengan kualitas layar terbaik

Zenbook Flip S (UX371) merupakan salah satu laptop yang dirilis ASUS akhir Februari lalu. Dua lainnya adalah ZenBook Flip 13 (UX363) dan Zenbook S (UX393).

UX371 merupakan laptop convertible paling premium dari ASUS saat ini. Desain mewah, ringkas, dan ringan. Tak hanya unggul dalam desain yang sangat fleksibel, namun juga unggul soal layar.

ZenBook Flip S (UX371) punya kualitas layar terbaik berkat penggunaan panel OLED beresolusi 4K UHD. OLED singkatan dari Organic Light Emiting Diode, yaitu teknologi layar yang tidak memerlukan lagi lampu latar untuk menampilkan gambar karena punya cahaya sendiri sehingga monitornya lebih tipis da bisa dibuat elastis.

Beda dengan panel layar lainnya, OLED menawarkan kualitas dan akurasi warna lebih baik. Hanya panel OLED yang mampu mereproduksi warna hitam sesungguhnya.

Panel OLED juga mampu menampilkan kontras warna yang lebih baik dan mendukung fitur HDR yang tersertifikasi langsung oleh VESA. Dengan keunggulan ini, detail gambar lebih baik karena dynamic range lebih luas.

Spesifikasi mantap ya. Asyik sepertinya mengedit foto atau desain untuk kebutuhan digital marketing di depan layar laptop seperti ini. Apalagi ZenBook Flip S (UX371) ini mampu menampilkan tingkat reproduksi warna pada color space DCI-P3 hingga 100% dan sertifikasi dari PANTOME.

Lebih istimewa lagi, Flip S hadir dengan teknologi layar khusus yang dapat mengurangi gelombang biru serta efek flickering. Tentu saja tanpa mengorbankan kualitas visualnya. 

Sebagai informasi, gelombang biru dan efek flickering merupakan penyebab utama gangguan kesehatan pada mata saat menggunakan perangkat elektronik.

Zenbook keluaran ASUS ini telah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland memastikan layar laptop tidak mengganggu kesehatan mata dari radiasi gelombang biru dan efek flickering.

Kebayang kan, dengan kualitas layar seperti ini kita bisa betah berlama-lama di depan laptop. Tentu saja kita akan makin produktif kalau menggunakan ZenBook Flip S (UX371).

5. Fitur Canggih membuat nyaman saat WFH

Aktivitas online kita juga makin nyaman dengannya karena Flip S ini dilengkapi fitur-fitur canggih di dalamnya. Array Microphone didukung oleh teknologi AI Noise Cancellng, fungsinya untuk mengidentifikasi dan mengeliminasi suara bising di sekitar. 

Jadi, penggunanya bisa lebih nyaman saat melakukan online conference call. Sangat cocok buat kalian yang sering meeting online saat work from home atau WFH.

Urusan kualitas video tak perlu dikhawatirkan dengan laptop convertible ini. Kamera pada Zenbook Flip S (UX371) dapat menampilkan gambar lebih baik dan lancar. Ada IR camera-tuning yang membuat infra merah pada laptop ini sehingga dapat menampilkan gambar lebih baik.

Kamera infra merah tersebut juga berguna sebagai fitur keamanan. Didukung Windows Hello, membuatnya memiliki kemampuan untuk memindai wajah pengguna secara presisi, bahkan dalam kondisi kurang cahaya.

So pasti keamanan perangkat lebih terjaga. Karena dengan sistem pemindaian wajah tersebut, Anda tak perlu lagi mengetikkan password yang bisa saja meskipun sudah disimpan rapi ditemukan oleh orang lain.

6. Performa tangguh dengan prosesor terbaru

Urusan performa pilih tanding. Prosesor 11th Gen Intel Core. Dengan prosesor terbaru itu dipastikan bisa tampil dengan performa lebih baik dibandingkan laptop yang menggunakan prosesor generasi sebelumnya.

Performa grafis sangat mumpuni dengan chip grafis terintegrasi Intel Iris Xe Graphics terbaru.

7. SSD 1TB ruang penyimpanan cukup lega

Urusan storage bisa tenang dengan laptop ini. Ada 1TB M.2 NVMe PCIe® 3.0 SSD sebagai ruang penyimpanan. SSD atau solid state drive adalah perangkat penyimanan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data.

Jamak diketahui bahwa performa SSD jauh lebih baik daripada HDD. Selain itu tidak berisik, bahkan tidak ada suara. Beda kalau HDD konvensional yang masih menggunakan piringan, putarannya terdengar agak berisik.

Jangan heran kalau kecepatan read and write jadi wus wus wus karena SSD jauh lebih cepat dibandingkan HDD. Saat proses transfer file, membuka, atau menyimpan jadi lebih cepat.

8. Daya tahan baterai awet

Daya tahan laptop ini juga bisa diadu meskipun hadir dengan bodi yang sangat tipis dan ringkas. Laptop yang hadir dengan label Intel EVO Platform ini mampu bekerja secara responsif dan memiliki daya tahan baterai yang panjang.

Mengutip hasil pengujian tim ASUS, laptop yang menggunakan layar OLED beresolusi 4K ini mampu bertahan hingga 9 jam 52 menit. Pengujian dilakukan dengan menggunakan PCMark Battery Test pada mode Modern Office.

Apa artinya? Laptop ini mampu menemani penggunanya hampir 10 jam untuk bekerja dan menjalankan aplikasi kantoran.

9. Suhu operasional terjaga dalam berbagai mode

Dalam pengujian, laptop ini berhasil menjawab tantangan untuk memiliki suhu operasional yang rendah. Ini diperlukan agar tetap nyaman digunakan saat mode tablet. 

Sistem pendinginnya mampu menjaga laptop convertible ini secara stabil pada kisaran 65 derajat Celcius dalam kondisi full load. Artinya, si Flip S ini tetap nyaman digunakan dalam berbagai mode.

10. Port dan Konektivitas Lengkap

Laptop ini memiliki port lengkap sehingga penggunanya tidak perlu lagi menggunakan dongle. Seperti sudah disinggung di atas laptop ini tidak hanya punya dua port Thunderbolt 4 USB Type-C, tapi juga masih dibekali dengan port HDMI dan USB Type A.

Soal koneksi nirkabel sudah dilengkapi dengan teknologi konektivitas terkini, salah satunya adalah WiFi 6. Masih ada lagi fitur WiFi Smart Connect yang membuat pengalaman pengguna semakin mudah dan nyaman.

Fitur ini memungkinkannya mendeteksi sinyal WiFi paling optimal yang bisa ditangkap. Dari sana, fitur ini dapat menghubungkan laptop secara otomatis ke sumber sinyal (router paling optimal.

Main Spec.ASUS ZenBook Flip S (UX371)
CPUIntel® Core i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Operating SystemWindows 10 Home
Memory16GB LPDDR4X
Storage1TB M.2 NVMe PCIe® 3.0 SSD
Display13.3″ (16:9) OLED 4K UHD (3840 x 2160), 400 nits, 100% DCI-P3, 133% sRGB, NanoEdge Display, Touchscreen, PANTONE® Validated display, TÜV Rheinland eye-care certified display
GraphicsIntel® Iris® Xᵉ Graphics
Input/Output1x HDMI 1.4, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt 4 USB Type-C supports display and power delivery
CameraHD camera with IR function to support Windows Hello
ConnectivityIntel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
AudioSonicMaster, Smart Amp Technology, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery67WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension30.50 x 21.10 x 1.19 ~ 1.39 cm
Weight1.20 kg
ColorsJade Black
PriceRp24.999.000
Warranty2 tahun garansi global

Kesimpulan

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

PC modern juga dilengkapi dengan pena digital yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan khas tercipta saat Anda membuat sketsa atau coretan pada dokumen dengan pena digital. Penelitian juga menemukan adanya peningkatan kinerja hingga 38% pada pelajar ketika mereka menggunakan pena digital untuk mengerjakan soal-soal sains. Tidak semua ide berupa kalimat, kini saatnya untuk tuangkan inspirasi segera dalam sketsa atau coretan pena digital di PC modern.

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ZenBook Flip S (UX371) Blog Writing Competition bersama deddyhuang.com.

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Tim Bakti.id. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

One reply on “ASUS ZenBook Flip S (UX371), 10 Alasan Beli Laptop Ini”

Comments are closed.