Pemasaran menggunakan media sosial agar efektif perlu strategi dan cara yang tepat.
Nah, dalam pembahasan kali ini, kami membagikan 7 cara dan strategi mengembangkan bisnis dan memperluas jangkauan pasar.
Ada banyak cara yang bisa anda pilih untuk strategi marketing bisnis anda. Misalnya marketing via medsos.
Media sosial menjadi salah satu sarana berbagi informasi secara cepat. Jangkauan luas. Sebab, memiliki banyak pengguna yang tersebar di seluruh dunia.
Itulah kenapa sebagai pelaku uaha terlebih bisnis online perlu media sosial untuk memasarkan produk/jasa.
Berikut penjelasannya lebih lanjut!
Trik Marketing via Media Sosial.
1. Tentukan target pasar
Melakukan riset untuk mencari serta menentukan target pasar sangatlah penting.
Siapa sasaran anda?
Berapa rentang usianya?
Bahasa yang cocok digunakan?
Kesesuaian produk atau jasa yang anda tawarkan kepada mereka?
Jika target anda antara remaja hingga dewasa awal, maka gunakanlah cara penyampaian yang santai.
Namun, jika target rentang usia dewasa ke atas gunakan bahasa yang tidak bertele-tele sekaligus sopan.
Lebih lanjut mengenai ini baca tentang buyer persona.
2. Pilih media sosial inti
Menggunakan 2-3 media sosial memang sah-sah saja.
Namun akan lebih baik jika anda memilih satu media sosial utama.
Sehingga anda bisa fokus dan berkomitmen di dalamnya.
Selain itu juga untuk menghemat waktu juga menghemat pengeluaran anda.
Saat ini ada begitu banyak media sosial. Dari begitu banyaknya tawaran, sesuaikan yang paling tepat dengan buyer persona target market sebagaimana kita bicarakan di langkah pertama di atas.
Setelah memahami demografi, interest, dan bahkan daya beli buyer persona, pasti dong ketemu di sosial media yang mana mereka berkumpul. Apakah di Facebook ads, Twitter, Instagram, TikTok, atau tempat lain?
Belajar facebook ads dan menerapkannya dengan benar bisa menjadi strategi terbaik dalam mengembangkan bisnismu.
3. Tetapkan agenda pengelolaan media sosial
Meskipun anda masih pemula namun penting untuk menetapkan pengelolaan agenda.
Misalnya mengenai kapan waktu posting?
Bagaimana konsepnya?
Jadwal posting harian, mingguan, bulanan.
Dengan begitu arah atau tujuan dari pemasaran melalui media sosial menjadi lebih terencana dan jelas.
4. Buatlah konten yang menarik
Konten yang menarik secara tidak langsung memikat calon pembeli untuk berkunjung ke media sosial atau toko online anda.
Gambar dengan tambahan teks atau video secara berkala.
Penting menyematkan link.
Setelah itu, evaluasi strategi iklan mana yang dapat menarik pembeli secara efektif.
5. Share postingan dengan rutin
Pemasaran menggunakan media sosial selanjutnya adalah membagikan postingan sekitar 2-3 kali dalam sehari.
Perhatikan juga waktu yang tepat untuk iklan.
Hindari pada jam yang trafficnya tinggi.
Tujuannya agar postingan anda tidak tertutup dengan hal lain.
Bila 5 cara di atas terbilang praktis, ada tambahan lagi 2 hal yang bersifat strategis dalam pemasaran menggunakan medsos.
6. Sertakan crowdsource untuk konten yang otentik
Crowd bisa kita pahami dengan kerumunan. Source berarti sumber. Croudsource bisa kita maknai secara sederhana sebagai sumber kerumunan.
Platform medsos menerapkan sejumlah fitur untuk itu. Misalnya saja hashtag atau tagar alias tanda pagar.
Anda bisa menyertakan hashtag untuk menarik orang-orang sekaligus memudahkan mereka melacak produk atau jasa anda.
7. Bangun relasi melalui medsos
Memiliki koneksi yang luas akan berpengaruh pada keberlangsungan bisnis anda.
Hal ini bisa anda lakukan dengan mudah melalui media sosial.
Caranya, jalin relasi serta perkuat hubungan dengan mereka yang sekiranya berpotensi besar untuk menjadi konsumen anda selanjutnya.
Penutup
Anda bisa memanfaatkan tools internet marketing untuk mengembangkan pemasaran menggunakan media sosial.
Saat ini makin berkembang tools lokal dengan biaya terjangkau dalam strategi pemasaran produk/jasa.
LandingPress, orderonline, loops, dan masih banyak lagi.
Itulah beberapa info mengenai marketing menggunakan media sosial yang akan memudahkan anda dalam memperluas jangkauan pasar dan berimbas pada melonjaknya penjualan dari produk/jasa anda.
jos