Digital marketing: panduan, manfaat, strategi | Photo by Serpstat on Pexels.com

Digital marketing makin populer seiring pesatnya pertumbuhan pengguna internet di Indonesia. Laporan terbaru We Are Social, pada 2020 175,4 juta pengguna internet di Indonesia. Dengan populasi 272,1 juta jiwa, artinya lebih setengah penduduk Indonesia (tepatnya 64%) terhubung dalam jaringan dunia maya.

Pemerintah makin aktif mendorong dan memfasilitasi transformasi digital. Makin rajin mendorong pemilik bisnis memanfaatkan jaringan internet mengembangkan usahanya. UMKM didorong go digital sebagai bagian program menggerakkan usaha kecil pasca pandemi Covid-19.

Kementerian Kominfo menargetkan seluruh desa di Indonesia tersambung dengan jaringan 4G pada 2022. Masalahnya sampai saat ini masih terjadi kesenjangan talenta digital. Cara mengatasi itu salah satunya dengan program stimulus pelatihan digital talent scholarship (DTS), sudah berjala beberapa tahun terakhir.

Akhir-akhir ini kata digital marketing atau ada menyebutnya pemasaran digital begitu familiar di mata dan telinga ketika membaca artikel dan menyimak video seputar bisnis online. Digital marketing memang sangat erat kaitannya dengan dunia penjualan atau bisnis online.

Apa Itu Digital Marketing

  1. Panduan Digital Marketing

    Artikel ini membahas panduan digital marketing mulai dari definisi, pengertian, manfaat, hingga langkah-langkah aktivitas digital marketer.

  2. Manfaat Digital Marketing

    Manfaat atau benefit dengan menjalankan aktivitas digital marketing. Keuntungan memenangkan persaingan digital dan online serta bagaimana menyelaraskan dengan offline.

  3. Aktivitas Digital Marketing

    Aktivitas digital marketing ada banyak. Bagian ini mengupas sejumlah aktivitas digital marketing yang populer dan sangat berguna untuk kebutuhan bisnis, politik, atau personal branding.

  4. Strategi Taktis Digital Marketing

    Tips dan trick memasuki dunia digital marketing. Bagaimana mengoptimasi bisnis atau branding dengan modal minimal.

Panduan digital marketing

Digital marketing dapat dimaknai sebagai segala bentuk pemasaran atau marketing yang melibatkan teknologi digital. Secara lebih luas, pemasaran merupakan upaya atau usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan pemasaran melalui pengaplikasian teknologi dan media digital.

Digital marketing adalah segala aktivitas mencakup semua upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet. Bisnis memanfaatkan saluran digital seperti mesin pencari, media sosial, email, dan situs web lain untuk terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan.

Digital-marketing-panduan-manfaat-strategi | Photo by mentatdgt on Pexels.com

Manfaat digital marketing

Ada beberapa keunggulan pemasaran digital dibanding dengan pemasaran tradisional seperti bisa menjangkau target pasar lebih mudah dan luas, membutuhkan biaya yang relatif lebih kecil, dan bisa berkomunikasi dua arah dengan target atau calon konsumen Anda.

Ada yang membedakan digital marketing dengan tradisional marketing. Tradisional marketing diphami sebagai segala aktivitas pemasaran yang eksis sebelum era internet booming.

Misalnya saja iklan cetak, komunikasi melalui telepon, marketing secara fisik. Aktivitas marketing tradisional sebenarnya bisa saja tetap eksis dan dijalankan, akan makin kuat bila ditunjang dengan digital marketing.

Saat ini makin berkembang bisnis yang sepenuhnya digital. Dari awal berdirinya sudah didesain untuk hidup dalam ekosistem digital. Dan usaha seperti ini banyak berhasil. Digital marketer sukses, tidak kentara aktivitasnya di dunia nyata, tetapi omsetnya dari alam maya begitu dahsyat. Itulah the power of digital marketing.

Berikut 5 (lima) alasan kenapa digital marketing penting untuk dilakukan oleh para pebisnis:

  • Dapat digunakan atau dimanfaatkan untuk semua jenis bisnis
  • Bisa memberikan peningkatan penghasilan dengan efektif
  • Mampu menjangkau target pasar atau konsumen yang spesifik
  • Bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat apa pun
  • Mampu dengan baik membangun brand bisnis Anda

Aktivitas Digital Marketing

Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah proses untuk mengoptimasi website sehingga rankingnya naik dan masuk dalam daftar teratas mesin pencari. Ini adalah cara mendatangkan pengunjung ke website secara organik. Ada cara mendatangkan pengunjung berbayar, namanya Search Engine Marketing (SEM).

Digital marketing: panduan, manfaat, strategi Photo by Pixabay on Pexels.com

Sering kita dengar istilah website sudah masuk page one google, artinya konten website kita muncul di halaman pertama hasil ketika seseorang mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencari.

Ulasan lebih mendalam tentang SEO silakan trend seo dan panduan untuk pemula.

Content Marketing

Content is King

Bill Gates, 1996

Bill Gates menuliskan Content is King pada 1996 dan diterbitkan di laman website Microsoft. Konten yang berkualitas sekaligus menghibur bisa mendatangkan uang.

Dalam konteks digital marketing, konten bisa dimaknai sangat luas. Bisa berupa postingan di blog atau website, ebooks atau brosur online, infografik, video, dan sebagainya.

Social Media Marketing

Kekuatan sosial media sudah sama-sama kita ketahui. Banyak orang yang mulai jualan justru dari sosial media baru kemudian setelah dagangannya laku membuat website atau buat akun di marketplace.

Digital marketing: panduan, manfaat, strategi | Photo by Tracy Le Blanc on Pexels.com

Channel social media marketing yang populer antara lain facebook, twitter, linkedin, instagram, dan yang lagi fenomenal tiktok.

Pay Per Click (PPC)

PPC adalah strategi digital marketing bagaimana mendatangkan traffic ke website deengan membayar publisher hanya jika iklan diklik. Metode ini kerap dipilih pengiklan karena dinilai lebih efisien dibandingkan beli slot iklan di website populer dengan sistem kontrak. PPC bisa dilakukan di Google Ads, Paid ads di Facebook dan Instagram, Twitter Ads, dan pesan sponsor di Linkedin.

Affilite Marketing

Affiliate marketing adalah strategi marketing dengan cara membayar publisher berdasarkan performa, bila ada transaksi dari link affiliate baru membayar. Semakin banyak platform menyediakan afiliasi dan makin banyak pula blogger yang ulasannya mantap menaikkan konversi penjualan.

Native Advertising

Native advertising adalah iklan ditampilkan dalam bentuk serupa dengan konten pada media area penempatannya. Kalau di kalangan teman-teman jurnalis sempat ramai didiskusikan tentang berita padahal iklan. Native ads ini bisa kita lihat yang gampang dalam feed facebook atau instagram ada postingan seperti layaknya dari akun yang kita ikuti tapi ada label kecil sponsored.

Marketing Automation

Marketing automation adalah otomatisasi operasi marketing dengan bantun software atau aritificial intelligence yang makin berkembang belakangan ini.

Digital marketing: panduan, manfaat, strategi | Photo by Startup Stock Photos on Pexels.com

Tugas-tugas berulang dapat dikerjakan otomatis dengan sekali set up, misalnya email newsletter, penjadwalan posting sosial media dan sebagainya.

Anda bisa melakukan marketing automation dengan banyak layanan yang ditawarkan berbagai penyedia tools otomatisasi.

Email Marketing

Email marketing adalah cara komunikasi dengan pelanggan secara lebih pribadi. Daftar email bisa didapat dengan berbagai cara, misalnya dari blog subscription newsletter, atau syarat memasukkan email untuk mendownload konten dari website kita.

Dalam email marketing bisa disampaikan sapaan pada hari penting, tawaran promosi, atau serial tips dan tutorial. Daftar email bisa dibangun dengan aplikasi gratis dan berbayar seperti misalnya mailchimp.

Online PR

Pekerjaan Public Relations (PR) atau Humas era digital adalah bagian dari digital marketing. Fungsi ini tidak hanya berlaku pada bisnis besar yang mempunyai departemen humas, owner bisnis online perlu juga mengetahui dan menyiapkan strategi PR dengan baik. Misalnya saja bagaimana merespons review tentang produk atau jasa di website besar atau menanggapi komentar pengunjung website atau blog sendiri.

Sponsored Content

Konten berbayar. Misalnya membuat memasang konten di blog yang memiliki basis audience cocok dengan target pelanggan kita. Bisa juga menggandeng influencer di media sosial yang followernya merupakan target pelanggan produk atau jasa kita.

Strategi Taktis Digital Marketing

Untuk mendapatkan hasil penjualan produk atau jasa yang maksimal, Anda bisa memilih strategi pemasaran digital yang tepat yaitu sebagai berikut:

Membuat Layanan Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan layanan yang digunakan untuk menampilkan profil bisnis secara cepat atau instan di halaman pencarian berupa alamat perusahaan bisnis, jam operasional, sampai rating bisnis Anda. Google bisnisku sangat menunjang dan powerfull bila anda mengembangkan SEO Local.

Digital marketing: panduan, manfaat, strategi | Photo by Pixabay on Pexels.com

Dengan menggunakan Google Bisnisku, calon konsumen bisa dengan mudah menemukan bisnis Anda. Di sini dapat menampilkan review terbaik dari para konsumen atau pelanggan sebagai bahan promosi dalam strategi digital marketing.

Cara mendaftarkan bisnis di Google Bisnisku sangat mudah, dengan melakukan pengisian profil bisnis yang diperlukan. Google Bisnisku makin dahsyat dipadukan dengan optimasi SEO website dan makin dahsyat lagi bila punya tempat offline gampang ditemukan dengan google maps.

Menggunakan WhatsApp Bisnis

Di Indonesia, pengguna WhatsApp sudah sangat cukup banyak. Jadi, sangat bisa untuk dimanfaatkan sebagai sarana marketing digital dan sangat efektif. Kita bisa memanfatkan WhatsApp Bisnis, bukan WhatsApp biasa.

WhatsApp Bisnis memiliki banyak sekali fitur khusus yang bisa ditampilkan seperti profil bisnis, katalog produk, statistik pesan, dan lain-lain. Cara menggunakan WhatsApp Bisnis cukup mudah, yakni mengunduh aplikasinya terlebih dahulu

Membuat Website

Website bisa Anda gunakan sebagai pusat kegiatan bisnis online. Selain sebagai identitas online, bisa membangun reputasi baik dan profesional bagi bisnis atau brand. Untuk kepentingan non bisnis juga masuk, misalnya Anda seorang politikus yang mau maju Pilkada atau Pemilu.

Membangun website ada cara termudah ada pula cara tersulit. Cara termudah bisa menggunakan platform yang sekarang banyak tersedia. Beli domain yang cocok. Makin banyak pilihan penyedia domain di Indonesia.

Langkah  berikutnya adalah berlangganan hosting. Penyedia hosting di Indonesia sangat banyak dan harganya kompetitif. Ada yang murah lebih murah dari sebungkus nasi padang dengan rendang, ada pula yang lebih mahal dari satu gram emas.

Setelah punya desain, domain, dan hosting, website Anda akan segera siap online tanpa menunggu proses yang lama. Langkah ini bila menggunakan top level domain dan self hosting. Ada banyak pilihan yang gratis. Google juga menyediakan platform gratis di blogger dan Google site.

Bila ingin membuat toko online bisa memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan WordPress dan Woocommerce. Plugins ini memungkinkan kita membuat toko online dengan klik dan geser semudah bikin akun facebook. Tak perlu keterampilan coding. Namun demikian pengetahuan yang baik tentang dasar-dasar coding akan sangat membantu.

Banyak juga jasa pembuatan website dan landing page yang siap membantu kebutuhan digital marketing makin mantap.

Menggunakan Email Bisnis

Email bisnis bisa Anda gunakan sebagai pelengkap langkah digital marketing. Email bisnis merupakan email yang memakai nama domain bisnis sebagai identitas online makin memantapkan kehadiran dan reputasi secara online.

Dengan menggunakan email bisnis, terlihat lebih profesional dan bisa meningkatkan kepercayaan dari para pelanggan. Penyedia hosting dan domain di Indonesia biasanya menyediakan juga solusi untuk email bisnis, tinggal lihat harganya, kalau cocok, bungkus.

Blog ini punya email bisnis, silakan kalau mencoba hubungi di admin@bakti.id akan diterima dengan sangat baik.

Mempunyai Buyer Persona

Buyer persona penting untuk dibagun untuk kesuksesan bisnis Anda secara umum, khususnya dalam usaha melakukan pemasaran digital. Buyer persona merupakan profil yang merepresentasikan target pasar untuk produk Anda.

Digital marketing: panduan, manfaat, strategi | Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Dengan menggunakan buyer persona, langkah promosi yang Anda lakukan bisa lebih tepat sasaran. Membangun buyer persona bisa mulai dengan melakukan riset secara mendalam, analisa data, dan menajamkan imajinasi.

Buyer perrsona adalah karakter smi fiksi yang merepresentasikan pelanggan berdasarkan riset pasar dan data riil tentang pelanggan saat ini. Karakter rekaan ini menjadi acuan bagaimana membuat konten, menarget audiens dalam marketing campaign, atau menentukan siapa influencer yang tepat.

Mengaplikasikan Strategi Copywriting

Copywriting merupakan teknik untuk membuat tulisan menarik dan persuasif sehingga calon konsumen memutuskan membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Anda bisa memulai belajar copywriting dengan terlebih dahulu memahami produk yang akan Anda tawarkan. Copywriting bisa Anda gunakan di setiap media pemasaran digital yang Anda gunakan, seperti newsletter, blog, dan media sosial.

Berbeda dengan tulisan lainnya, ukuran sukses copywriting bila audiens tergerak dengan call to action di dalamnya. Karena, pada dasarnya orang tak ingin membaca iklan, tapi membaca sesuatu yang menarik. Sesuatu yang menarik itu ada dalam iklan dengan copywriting tepat.

Ada banyak strategi lain yang bisa Anda terapkan selain enam strategi di atas untuk membangun dan mendongkrak penjualan. Dengan begitu keuntungan bisnis akan semakin besar dan meningkat dari waktu ke waktu.

Apakah sudah mencoba untuk menggunakan semua strategi digital marketing untuk mengembangkan bisnis online Anda. Bagaimana hasilnya?

Terpopuler

Leave a comment

Tinggalkan Balasan