Mastah SEO yang buka jasa agar website muncul di page one Google atau mesin pencari lainnya harganya mahal. Jasa SEO itu mahal. Kalau nggak percaya lihat saja sendiri daftar harga yang tertera dari website para mastah seo yang buka jasa seo. Ketikkan saja di mesin pencari favoritmu kata kunci jasa seo kemudian kunjungi satu-satu dan lihat daftar harganya.

Jasa seo itu mahal. Kalau modal cekak, lebih baik belajar agar menguasai ilmunya dan kalau beruntung bisa menjadi the next mastah seo.

seo adalah seni

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO adalah praktik. Ada juga yang bilang SEO adalah seni. Seni menerapkan sejumlah langkah tertentu agar website atau blog lebih dikenali mesin pencari sehingga bisa nangkring di halaman pertama Google saat pengunjung web mengetikkan kata kunci atau keyword.

Satu lagi, SEO adalah cara membuat website atau situs atau blog atau e-commerce atau apa pun yang memungkinkan tampil di internet, muncul di halaman pertama mesin pencari secara gratis.

Baca buku yang menerangkan langkah-langkah menguasai seni mastah seo.

SEO vs SEM

Perlu ditegaskan di sini SEO adalah cara gratis karena ada cara lain agar website tampil di halaman pertama mesin pencari dengan gratis. Soal cara berbayar biasa dikenal dengan istilah Search Engine Marketing.

Konsep SEO muncul seiring pertumbuhan mesin pencari internet. Mungkin belum genap dua puluh tahun. Tapi praktisi SEO baik berkarier profesional di perusahaan ataupun buka usaha sendiri makin eksis.

Data: 2 miliar website di dunia

Data terbaru nih, hingga 2020 ini ada lebih dari 2 miliar website. Yang aktif sekitar 400 juta. Wah banyak sekali dan semuanya butuh penerapan SEO. Kalau mau bagus sih!

Makanya kan seperti disebut di atas, jasa seo itu mahal. Permintaannya banyak. Penawarannya banyak juga sih, tapi sepertinya masih butuh lebih banyak lagi. Saat searching di google tentang SEO sering juga muncul lowongan kerja untuk posisi SEO. Saat ini, di saat banyak yang kena PHK di tengah pandemi Covid-19.

Mastah SEO digital marketer

Dalam dunia kerja, SEO menjadi bagian dari digital marketing. Selain SEO ada SEM, social media marketing, content marketing, dan public relation. Pembagian ini fleksibel sifatanya, tiap kantor biasa punya fungsi dan role masing-masing sesuai kebutuhan.

Secara garis besar inilah fungsi yang diperlukan dalam Digital Marketing

1. SEO fokus pada menaikkan traffic atau lalu lintas pengunjung blog atau website secara organik.

2. SEM fokus memasang iklan yang tepat agar web muncul di halaman satu mesin pencari.

3. Social media marketing fokus memainkan brand di sosmed untuk mendapatkan engagement yang oke. Bisa secara organik maupun pakai iklan atau metode berbayar lainnya.

4. Content marketing fokus pada menulis konten, posting blog, newsletter dan sebagainya.

5. Public relations fokus pada membina hubungan dan mempromosikan secara halus konten atau tugas lain tergantung kebutuhan.

Lima fungsi dalam digital marketing di atas menjadi prasyarat yang harus dipahami agar bisa berkolaborasi dengan baik menyukseskan SEO blog kamu. Kalau misalnya solo karier ya harusnya memahami dengan baik semuanya dan harus melakoni fungsi-fungsi itu dengan baik. Kalau mau optimasi blog kamu sukses!

mastah seo aliran putih

Kamu mau jadi mastah SEO seperti apa? Ada aliran hitam dan putih dan abu-abu di SEO. Istilahnya White Hat SEO versus Black Hat SEO versus Grey Hat SEO. Ada pula pembagian SEO berdasarkan lingkup daerah kekuasaannya, misalnya local SEO, technical SEO, SEO copy writing.

Ada satu hal yang perlu diingat. Ikutilah aliran putih, white hat seo. Praktisi SEO yang mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku dari mesin pencari. Jangan praktikan ilmu hitam black hat seo yang bisa bikin website kamu kena hukuman. Kalau karena tidak tahu kemudian jadi abu-abu antara hitam dan putih artinya kita belum jadi mastah seo.