Photo by Annie Spratt on Unsplash

MEMAHAMI strategi daya saing bisnis dari mata kuliah Comptetive Strategy sungguh mengasyikkan. Pengajarnya Tobias Kretschmer, Professor Manajemen dari Ludwig Maximiliams Universitat Munchen (LMU). Kuliah melalui platform kursus online di Coursera.

Senang bisa mendapatkan sebuah sertifikat dari lusinan kursus online yang saya ikuti.

Kursus ini tentang strategi daya saing menggunakan analisis game teori atau teori permainan.

Pertama-tama kita diajak memahami situasi persaingan dalam dunia nyata. Prof Tobias menjelaskan sangat apik mengambil sebuah contoh kasus yang terjadi di negaranya.

Di Jerman banyak perusahaan multi nasional yang tenar seantero jagat, sehingga kita yang tinggal di Indonesia pun familiar dengan nama-namanya.

Tools strategi daya saing bisnis

Tools yang diberikannya sangat aplikatif. Pegangan penting menghadapi persaingan bisnis yang sangat ketat.

Dia menjelaskan sangat gamblang ihwal game theory, eliminating dominated strategies, nash equilibrium, hingga prisoners dilema pada pekan pertama kursus.

Tools ini merupakan dasar bagi kita dalam rangka memenangkan sebuah persaingan. Itulah mengapa strategi daya saing bisnis harus dikuasi. Bila kita memahami medan dengan baik, bisa membaca kompetitor, dan mengenali keunggulan kita maka keunggulan di depan mata.

Strategi memenangkan kompetisi

Memahami medan pertempuran sangat penting. Mengenal kompetitor tak kalah pentingnya. Begitu juga mengenali keunggulan-keunggulan yang dimiliki. Ada seperangkat tools yang memungkinkan kita mengenali semuanya dengan baik.

Berdasarkan teori ekonomi, setiap perusahaan secara natural bersaing dengan perusahaan lainnya di dalam pasar.

Pada kenyataannya, kita dapat melihat bahwa perusahaan saling berteman satu sama lain dalam menghadapi rival yang lebih besar atau dalam rangka “membunuh” yang mungkin diatasi.

Kita diajarkan bagaimana cara menghadapi beragam situasi ini. Tools yang diajarkan sangat relevan dengan situasi global saat ini. Kita bertarung di kancah global, batas-batas semakin tipis untuk ditembus dengan adanya jaringan global world wide web. Setiap bisnis menjadi berpeluang bermain di kancah global.

Kondisi dunia nyata yang beragam terkadang tidak sejalan dengan teori atau apa yang diharapkan para analis menjadi tantangan tersendiri. Lebih lanjut, kita dilatih mengasah insting dalam memilih strategi persaingan pada situasi tertentu.

Selamat malam. Tengah malam dan saya baru selesai bekerja di Pulogadung yang sepi.