Apa Itu SEO SEM Strategi Digital Marketing
Apa Itu SEO? | Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Apa itu SEO? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Lazim diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan pengoptimalan mesin pencari.

Menurut MOZ, SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu teknik meningkatkan volume dan kualitas traffic atau lalu lintas organik dari mesin pencari.

Meningkatkan kunjungan secara organik adalah pengunjung datang setelah mereka mengetikkan keyword atau istilah pencarian di search engine dan hasilnya situs kamu ditemukan dalam top result.

SEO membantu bisnis online mendatangkan pengunjung yang tepat. Mereka yang datang ke website kamu memang orang yang membutuhkan produk atau jasa atau konten yang kamu tawarkan.

Apa Itu SEO
Apa Itu SEO? Photo by Caio on Pexels.com

Mengutip Search Engine Journal, Pengoptimalan mesin pencari atau SEO adalah teknik meningkatkan tampilan website dalam hasil search engine.

Agar tampil dalam hasil pencarian teratas, ada tiga komponen penting:

  • Apa tipe konten yang dicari orang
  • Bagaimana search engine beroperasi
  • Bagaimana mempromosikan secara proper dan mengoptimasi website

Ulasan yang lebih fundamental ada dalam trend SEO 2020 dan SEO Digital Marketing. Silakan membaca dulu bila kamu belum membacanya.

SEO adalah upaya meningkatkan performa website di mesin pencari secara organik. Ada pula teknik mengoptimasi website memanfaatkan iklan alias berbayar, yaitu Search Engine Marketing atau SEM.

SEM adalah taktik digital marketing ketika marketer mengoptimasi dan mengiklankan website agar tampil teratas hasil pencarian.

Definisi dan Kegunaan

Istilah SEO dan SEM mungkin akan terdengar asing buat kamu yang masih awam dengan dunia digital. Orang-orang yang berkecimpung di dunia digital pun masih banyak yang belum paham dengan istilah khas digital marketing dan website development ini. Kedua istilah ini biasanya digunakan secara bersamaan, namun memiliki arti yang berbeda.

Pengertian dan manfaat SEO dan SEM sangat berbeda, namun terkadang banyak orang yang menggunakan kedua istilah ini secara bersamaan dan menganggap bahwa artinya juga sama.

Apa Itu SEO

Secara garis besar, definisi SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah proses untuk mengoptimalkan segala sesuatu yang ada di dalam website (pengaturan, system dan konten).

Tujuannya agar sebuah website bisa meningkat dalam segi peringkat dan mudah dicari pada mesin pencarian di internet.

Salah satu manfaatnya adalah untuk mendatangkan viewers (pengunjung web). Agar website bisa di ketahui oleh banyak orang. Jika sebuah website sudah dikunjungi banyak orang, maka akan banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan.

Trafik

Dari segi trafik (viewers web) tentu akan mengalami peningkatan yang drastis jika teknik kamu gunakan berfungsi optimal. Orang akan dengan mudah menemukan website kita di mesin pencarian, sehingga akan memungkinkan para viewers menjadi langganan pengunjung web kamu.

Meningkatkan branding

Branding akan meningkat seiring dengan banyaknya pengunjung menjadi viewers website. Semakin terkenal sebuah brand, maka akan semakin besar mendapatkan kesempatan untuk membuat calon konsumen tertarik dengan apa yang kita posting pada web.

Namun dalam penggunaanya sendiri SEO dan SEM sebenarnya mempunyai fungsi yang saling melengkapi. SEO tanpa SEM juga tidak akan mampumendapatkan banyak viewers. Sedangkan SEM tanpa SEO juga hanya akan membuat viewers kecewa. Lalu, apa sebenarnya pengertian SEM dan manfaatnya?

Apa Itu SEM

Apa Itu SEM?
Apa Itu SEM? | Photo by Pixabay on Pexels.com

SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing, yang merupakan proses kepanjangan dari sistem SEO.

Jika SEO hanya bisa dengan proses pencarian melalui mesin pencari, si SEM ini akan berperan lebih dalam di mesin pencarinya tersebut. Fungsi dari SEM akan menunjang peran SEO agar dalam mesin pencarian lebih mudah ditemukan.

Penggunaan dan pengoptimalan SEO dan SEM harus berimbang dalam pemanfaatanya. Dua hal ini akan menjadi sebuah tolak ukur dari bagus atau tidaknya sebuah website. Dimana sebenarnya SEM sendiri mempunyai beberapa manfaat berikut:

Keuntungan finansial

Biasanya SEM ini akan menggunakan iklan yang berbayar dengan sistem PPC (Pay Per Clik). Setiap pengunjung yang melakukan klik pada iklan yang terpasang pada web akan diganti dengan fee yang berbentuk dolar.

Target tercapai

SEM ini memiliki cakupan pemasaran yang luas, sehingga untuk target market dan konsumen tentu akan dapat dicapai dengan mudah. Apalagi pada era digital ini, hampir seluruh aspek yang ada bisa diakses dengan mesin pencari.

Apa Itu Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing
Apa Itu Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing | Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Pengoptimalan mesin pencari baik secara organik maupun berbayar atau memakai iklan memang sangat penting untuk menunjang kualitas website. Perihal kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya, itu tergantung pada kebutuhan dan evaluasi setiap bagian pada website. Jika dirasa sudah perlu, maka kedua hal ini harus dilakukan dengan seimbang.

Penggunaan keduanya merupakan  sebuah strategi marketing yang paling jitu. Kamu bisa menggunakan salah satu. Namun jika menginginkan website lebih cepat dikenali oleh para viewers, maka perlu menggunakan SEO dan SEM secara bersamaan dan beriringan.