Seperti apa trend SEO 2020?

SEO itu dinamis.

Google sang rajanya mesin pencari selalu memperbarui algoritmanya.

Google melakukan 3200 perubahan alggoritmanya dalam setahun.

Jurus yang ampuh tahun ini belum tentu manjur buat SEO.

Search Engine Optimization alias SEO

Setiap tahun trend SEO bisa berubah karena algoritma mesin pencari yang juga berubah. Trend SEO 2020 termasuk yang tidak pasti.

SEO atau Search Engine Optimization alias pengoptimalan mesin pencari ibarat jinak-jinak merpati.

Kelihatannya jinak, begitu didekati terbang menjauh dengan lincahnya.

Itulah mengapa diskusi soal ini selalu menarik dan dari dialektika yang panjang telah melahirkan banyak mastah SEO.

Kita tahu, Search Engine merupakan katalog internet yang memungkinkan orang menemukan apa yang ingin dicari. Bisa menjadi marketing tool dalam dunia digital marketing.

Salah satu yang paling penting dalam bisnis digital.

Kehadirannya mengubah landskap industri digital sehingga semua berlomba-lomba memastikan websitenya kuat di sisi SEO.

Sejarah Search Engine

Pada awalnya, Search Engine merupakan program bernama Archie yang diperkenalkan pada 1990.

Orang bisa membuka filename dari sekumpulan laman web.

Kelemahan Archie tidak bisa menampilkan apa yang ada di dalam laman web sebagaimana yang bisa dilakukan oleh Google dan mesin pencari lainnya.

Kini Search Engine berkembang pesat dan bisa menampilkan apapun yang dicari orang di internet. Semakin canggihnya fitur Search Engine, apapun yang kamu mau sangat mungkin disediakan dengan sangat akurat.

Keajaiban SEO

Kemampuan ini mengubah bisnis. Orang mulai memanfaatkan kecanggihan fiturnya untuk mendapatkan profit lebih optimal dengan memanfaatkanya. Mungkin kamu termasuk yang sudah sangat sering memanfaatkan search engine, menghasilkan profit dari jualan ataupun membeli barang atau jasa yang kamu butuhkan.

Search Engine memungkinkan orang melihat produk atau jasa yang mereka inginkan kapan pun mereka mengetikkan kata kunci di laman pencarian favoritnya. Kebolehan fitur search engine ini memungkinkan marketing atau pemilik bisnis untuk menarget pelanggan atau customer yang potensial tertarik dengan produk atau service yang ditawarkan.

Trend SEO

Bagaimana memanfaatkan search engine merupakan skill paling dasar bagi marketing online, bagaimana bisa membuat iklan yang relevan dengan memanfaatkan kata kunci target pelanggan.

Kita bisa menyasar siapa yang potensial menggunakan produk atau jasa kita dengan mengkapitalisasi apa yang orang cari di search engine.

Search Engine menguji seluruh laman web di internet, mengkategorikan, dan menampilkannya sesuai dengan logika ordernya ketika kamu mengetikkan kata kunci di mesin pencari.

Memahami bagaimana search engine bekerja akan sangat membantu kamu dalam menjalankan digital marketing.

SEO digital marketing

Ada jutaan hingga miliaran konten di internet.

Bagaimana search engine bekerja menampilkan konten yang sesuai dengan pencarian itu? Pada awalnya jelas banyak yang tak memikirkan ituu hingga kemudian ramai tentang Search Engine Optimization.

Search Engine punya software spesial untuk menjalankan itu. Tiap mesin pencari punya software masing-masing, tapi cara kerjanya mirip. Ada tiga tugas dasar: crawling, indexing, ranking.

Apa yang dilakukan dengan web pages yang ditemukan?

Search Engine crawl seluruh konten di world wide web. Dari konten yang berhasil di crawl dilakukan pengindeksan. Selanjutnya meranking web tersebut, makin bagus rankingnya berpeluang lebih besar muncul di hasil pencarian. Bagaimana perankingan ini rahasia perusahaan. Di sinilah kemudian ramai jasa SEO, bagaimana agar website muncul di hasil pencarian.

Bagaimana memutuskan apa yang ditampilkan sebagai hasil pencarian?

SEO sejatinya usaha menyingkap rahasia algoritma search engine. Bagaimana konten kita bisa terlihat di antara miliaran konten lain yang berada di world wide web.

Saran-saran para pakar SEO pun banjir dalam jagat internet. Google sebagai salah satu search engine paling populer di dunia menyarankan website yang memiliki konten unik, original, dan detail dalam mendiskripsikannya lebih berpeluang naik ranking.

Ini masih pengantar untuk memahami search engine. Bagaimana agar website kamu lebih dipahami search engine dan naik ranking sehingga lebih sering muncul di hasil pencarian perlu upaya lebih serius. Selanjutnya perlu kita bahas bagaimana search engine memahami website, bagian mana dalam website kamu yang membuat search engine melirik hingga menatap tajam, sehingga lebih terlihat di mesin pencari.

Bagaimana Membuat Website Dicintai SEO?

Search Engine Optimization (SEO) atau pengoptimalan mesin pencari adalah membuat website sedemikian rupa sehingga muncul dalam pencarian organik. SEO yang baik membantu search engine atau mesin pencari menemukan dan memahami website.

Trend SEO 2020

Website dengan konten relevan.

Konten berkualitas, original, menjelaskan isi yang kuat dengan penekanan salah satu unsur “apa”, “bagaimana”, “di mana”, “kapan”, “siapa”, dan “mengapa”.

Upayakan konten relevan dengan apa yang orang cari sehingga mereka melakukan klik dan mengunjungi website.

Tulisan ini akan diupdate seiring perjalanan penulis menyelami dunia digital marketing, jurnalisme data, dan analisa data.

Bahasan terkait ini akan diperbarui mengaitkan dengan trend 2020 mengingat salah satu pesaing Google, Duck Duck Go makin besar. Apakah ini akan berpengaruh dalam SEO?

Satu hal yang harus selalu diingat adalah, search engine ingin menampilkan hasil pencarian berkualitas. Daftar situs website atau blog berisi konten berkualitas. Memerangi spam!

Google dan mesin pencari lainnya suka konten berkualitas. Konten yang enak dibaca manusia. Bukan hanya konten yang terbaca baik oleh bot mesin pencari. Istilahnya content is a king.

Itulah mengapa Google menerapkan filter tambahan untuk memerangi spam. Upaya menyaring lagi konten-konten yang sebetulnya tak berisi tapi karena dimengeri dengan baik oleh crawler jadinya tampil lebih baik daripada situs dengan konten berkualitas.

Sepanjang 2019 Google mendapati 230.000 laporan spam dan sudah memproses 82% dari laporan yang masuk tersebut untuk menjaga mesin pencari makin berkualitas. Sebaiknya hindari mengoptimasi blog dengan teknik-teknik seo yang justru bisa menjadi bumerang. Sayang kan kalau blog yang sudah dirawat dengan baik justru kena hukuman?

Seberapa mobile friendly masuk trend SEO 2020

Seirring berkembangnya teknologi smartphone, website dituntut lebih mobile friendly.

Blog atau website mobile friendly adalah enak dan nyaman diakses dari handphone. Iya, kamu sudah tahu ini dan tahun sebelumnya juga jadi trend.

Lebih memastikan bahwa situs mobile friendly akan makin ditekankan lagi seiring perkembangan AMP dan PWA. Apa pula itu, nanti pelan-pelan kita akan sampai bahasan tentang AMP dan PWA.