Photo by Annie Spratt on Unsplash

Rabu pagi cerah.

Hawa sisi selatan Jakarta masih terasa sejuk.

Jam digital menunjukkan angka 06:12.

Smartphone di genggaman menunjukkan notifikasi sebuah email masuk.

Sebuah kabar baik datang.

Congratulations again on being accepted to the Bertelsmann Technology Scholarship Program!

Program Beasiswa Data Analyst Bertelsman Technology

Program beasiswa dari Bertelsmann Technology bekerja sama dengan Udacity.

Kelas segera mulai dengan sebuah orientasi melalui webiner pada 21 November 2019.

Ada tiga jalur dalam program yang ditawarkan Bertelsmann dan Udacity kali ini.

  1. Introduction to Cloud DevOps
  2. Introduction to Data Analysis & Programming
  3. Introduction to Deep Learning by PyTorch

Saya memilih jalur Data Analysis.

Pada tahap awal, tentang dasar-dasar pondasi data science dan tools-tools yang berguna.

Mulai SQL, programming with Python, hingga Data Wrangling. Pondasi kuat untuk menggunakan big data dalam kebutuhan apa pun.

Statistika Jadi Prasyarat

Agar bisa mengikuti materi ini dengan baik, peserta disarankan sudah familiar dengan SQL, Excel, Statistik, dan tentu saja Coding atau setidaknya menguasai dasar-dasar pemrograman.

Kalau bisa menyelesaikan kelas perkenalan ini dengan baik, ternyata jalan menjadi Data Analyst masih panjang. Kelas ini baru persiapan. Intinya Data Analyst baru dibahas dalam program berikutnya.

Dalam kelas Data Analyst akan mempelajari bagaimana menggunakan Python, SQL, dan Tableau untuk menggali data, mengolah temuan penting, dan menciptakan solusi berbasis data.

Bertelsmann Technology Scholarship Program

Sekarang yuk kita berkenalan dengan Berstelsmann Technology Scholarship Program.

Bertelsmann adalah perusahan media, konsultansi, dan pendidikan yang beroperasi di lebih dari 50 negara, mempekerjakan 117 ribu karyawan dan menghasilkan 17,7 miliar Euro pada 2018 (Lapkeu). Kalau mau tahu lebih lanjut silakan buka situnya bertelsann.

Udacity adalah platform yang menyediakan layanan pendidikan buat pembelajar sepanjang hayat. Program-programnya seperti apa bisa buka situs udacity.

Baiklah, kelas sudah dimulai. Pelajaran pertama adalah pengantar metopen. Mengulang lagi materi-materi yang saat sekolah di SMA dan kuliah membosankan. Statistik. Modal penting seorang analis data adalah statistik.

Beruntung saya. Pelajaran statistik yang saat sekolah dan kuliah terasa membosankan ternyata mengasyikkan dalam kelas di Udacity ini. Penyampaian materi dengan story telling yang aktual. Berawal dari bagaimana program aplikasi milik BBC bisa mengenali wajah. Aplikasi yang sangat keren.

Penyampaian materi sangat mengasyikkan. Terima kasih Laura Echterhoff, Program Manager Bertelsmann dan Ksenia Ledabyl, Strategy & Ops Manager Udacity yang memberikan salam hangat dan motivasi mengikuti kelas ini.

Rasanya kalau sekolah-sekolah di Indonesia pengajarnya semengasyikkan ini pelajaran matematika dan statistik bakal banyak penggemarnya. Revolusi pendidikan mestinya diawali dengan revolusi guru matematika dan statistik. [bakti.id]