Google Bisnisku: Kegunaan, Cara Daftar & Buat Website Gratis
Google Bisnisku: Kegunaan, Cara Daftar & Buat Website Gratis | Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Google Bisnisku: Keunggulan, Cara Daftar dan Membuat Websiste Gratis. Google Bisnisku membantu mengokohkan kehadiran bisnis Anda secara online dalam skala lokal. Menggunakan platform ini, memberikan kemungkinan bisnis anda mendapatkan tempat teratas pada mesin pencarian google.

Google Bisnisku membantu calon pelanggan menemukan alamat bisnis Anda. Platform ini membuat pelanggan dan konsumen lebih mudah menemukan bisnis Anda. Berbagai fiturnya menyediakan ruang pamer memadai untuk SEO lokal.

Google si raksasa internet memang punya segalanya untuk mengintegrasikan seluruh kebutuhan online. Perusahaan raksasa internet ini memiliki jaringan tersebar luas di seluruh dunia.

Baca juga: Panduan Digital Marketing

Ada banyak layanan baik berbayar maupun gratis guna menunjang kebutuhan online. Google Bisnisku adalah jembatan bisnis online dan offline. Layanan ini memberikan kesempatan untuk bisnis anda, menjadi salah satu yang mendapatkan fasilitas ini.

Berbagai keuntungan bisa anda dapatkan dengan platform bisnis yang satu ini.

5 Keunggulan Google My Business

Visibilitas tinggi

Kecepatan sebuah website dapat ditemukan pada mesin pencari google ditentukan oleh seberapa besar visibilitas websiteb tersebut. Semakin tinggi kemampuan visibilitasnya maka semakin mudah website ditemukan.

Baca juga: Google Adsense

Jika anda melihat listing pencari google, maka tiga listing teratas adalah listing yang berasal dari platform bisnis google. Hal ini akan memudahkan konsumen yang membutuhkan untuk terhubung dengan website anda.

Anda hanya perlu melakukan optimalisasi pada akun bisnis google. Sehingga layak mendapatkan rangking teratas google. Dengan demikian konsumen lebih cepat mendapatkan informasi mengenai bisnis anda.

Gratis

Anda dapat menggunakan platform ini dengan gratis. Yang harus anda lakukan adalah mendaftarkan bisnis anda menggunakan gmail. Bisa juga dengan menggunakan Google +, Google Drive, Google Maps dan lain-lainnya.

Baca juga: Cara menggunakan whatsapp bisnis

Anda hanya perlu masuk ke laman google bisnisku dan klik tombol mulai sekarang. Akan muncul kolom nama bisnis, alamat bisnis dan berbagai data lainnya yang harus anda lengkapi. Bahkan google akan meminta maps tempat usaha anda.

Jika sudah google kan melakukan verifikasi melalui pesan teks atau email. Masukkan kode verivikasi ini dan akun bisnis anda sudah siap. Kini anda sudah bisa melakukan bisnis dengan Google My Business atau Google Bisnisku.

Penyedia informasi

Saat ini konsumen semakin kritis, sebelum memutuskan untuk memilih sebuah produk atau jasa, konsumen akan melakukan penelitian latar belakang usaha anda. Cara yang paling mudah untuk mendapatkan informasi adalah melalui internet.

Baca juga: Panduan Bisnis Online

Menggunakan akun bisnis google maka berbagi informasi yang dibutuhkan konsumen sudah tersedia. Seperti alamat, jam oprasional, jam sibuk, maps, bahkan nomor kontak yang bisa dihubungi. Anda juga bisa menyertakan foto mengenai bisnis anda.

Komunikasi lebih mudah

Dengan akun ini anda mendapatkan fasilitas terhubung dengan beberapa pelanggan sekaligus, menggunakan google hangout. Pelanggan juga memiliki cara berkomunikasi yang lain selain jalur telepon dan media sosial.

Baca juga: Bisnis Lewat Facebook

Ini membuat anda dapat merespon keinginan konsumen dengan cepat. Selain itu pada laman ini anda bisa melakukan berbagai promosi bisnis. Bahkan anda bisa mendapatkan berbagai informasi lain mengenai konsumen anda.

Dengan google analytics yang terhubung dengan akun Google My Business. Anda dapat memantau visibiltas website, mengetahui audiensi bisnis anda. Data-data ini dapat anda gunakan untuk perencanaan bisnis selanjutnya.

Memahami konsumen

Anda dapat mengetahui jumlah pengunjung yang melihat laman website anda. Mengetahui profil mereka, serta ketertarikan pengunjung pada posting dan foto di laman website anda. Dapat juaga untuk mengetahui komentar pengunjung pada laman website anda.

Anda dapat mengetahui siapa saja yang berkunjung ke laman anda. Baik usia, jenis kelamin, pekerjaan dan berbagai hal lainnya. Data ini berguna untuk meningkatkan keterlibatan konsumen pada bisnis anda.

Mencari informasi mengenai tanggapan mereka terhadap bisnis anda. Mengetahui apa yang diinginkan konsumen anda. Bisa juga mengetahui pandangan pengunjung terhadap kompetitor bisnis anda.

Dengan data yang anda miliki, memberikan respon cepat pada konsumen dapat dilakukan. Hanya menggunakan perangkat internet anda sudah bisa menanggapi apa yang menjadi keluhan konsumen. Perlakukan konsumen anda dengan baik, agar konsumen loayal.

Melalui internet anda bisa menjangkau konsumen lebih luas lagi, pangsa pasar anda bisa meliputi seluruh dunia. Sesuatu yang mungkin belum pernah terbayangkan sebelumnya. Tetapi kemungkinan itu selalu ada.

Kini saatnya anda memanfaatkan Google My Businessc untuk jangkauan bisnis tak terbatas. Platform yang disediakan perusahaan internet terbesar untuk anda para pelaku bisnis. Ayo raih kesempatan ini.

Cara Daftar Google Bisnisku

1. Buka Google Bisnisku, lalu klik Mulai Sekarang

Anda bisa menuju laman Google Bisnisku dengan mengklik tautan ini. Setelah terbuka dan melihat tampilan seperti gambar di bawah, silakan klik kelola sekarang.

2. Tulis nama bisnis Anda

3. Isi lengkap alamat kantor

4. Sesuaikan alamat di Google Maps untuk memudahkan konsumen mengunjungi

5. Tulis kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis Anda

Anda mengisi kategori. Misalnya, “digital marketing”. Ini memudahkan Google mengelompokkan bisnis Anda di hasil pencarian. Jadi, ketika orang mencari “Jasa digital marketing di Jakarta” informasi bisnis Anda bisa muncul di hasil pencarian tersebut.

6. Isi nomor telepon atau HP yang khusus untuk menerima telepon dari pelanggan.

Sudah punya website bisnis atau money site, tuliskan alamatnya di bagian ini. Jika belum, bisa membuatnya dengan mudah menggunakan WordPress atau Google Site. Website penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan Anda.

7. Tentukan apakah memilih untuk menerima newsletter dari Google atau tidak

8. Cara verifikasi Google Bisnisku

Verifikasi Google Bisnisku penting untuk melindungi bisnis Anda dari pihak tidak bertanggung jawab. Bisnis terverifikasi memiliki reputasi baik di mata pelanggan dibanding yang tidak.

Setelah memasukkan informasi lengkap dan benar pilih verifikasi sekarang dengan mengisi nama penerima surat. Lalu klik Kirim Kartu Pos. Setelah itu tunggu surat dari Google datang ke alamat Anda. Selama proses verifikasi, Anda tidak bisa mengganti informasi yang sudah Anda tulis sebelumnya.

Proses pengiriman surat Google berbeda-beda tergantung lokasi. Setelah mendapatkan suratnya, Anda bisa melanjutkan proses verifikasi menggunakan kode verifikasi yang terdapat dalam surat.

Setelah kartu pos tiba, buka sempurnakan langkah verifikasi Google Bisnisku dan pilih menu verifikasi lokasi. Kemudian masukkan kode verifikasi dari surat Google. Verifikasi Google Bisnisku selesai.

Lengkapi Profil Google Bisnisku

Setelah selesai verifikasi, Anda bisa melengkapi informasi bisnis Anda. Saat pendaftaran, Anda baru mengisi alamat bisnis, kategori bisnis, informasi kontak, dan website. Setelah verifikasi Anda bisa menambahkan berbagai informasi pendukung. Berikut informasi-informasi yang perlu Anda tambahkan:

1. Deskripsi Bisnis

Tuliskan deskripsi bisnis Anda dalam 750 karakter. Manfaatkan fitur ini untuk menjelaskan bisnis Anda kepada para calon pelanggan. Berikan deskripsi singkat dan jelas.

2. Foto

Meskipun bersifat opsional, foto merupakan komponen penting dalam Google Bisnisku. Tambahkan foto kantor, perusahaan, pabrik, atau restoran Anda. Foto dapat meyakinkan pelanggan untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda.

3. Jam Operasional

Tambahkan juga jam operasional bisnis Anda agar memudahkan pelanggan untuk menentukan kapan mereka bisa datang ke tempat bisnis Anda. Terutama bagi bisnis-bisnis seperti restoran atau rumah makan.

4. Fasilitas

Tulis fasilitas yang Anda sediakan, tambahkan juga informasi pentingnya. Buat daftar fasilitas untuk memudahkan pelanggan memahami lebih baik.

5. Menu

Tampilan menu membantu pelanggan mengetahui apa saja produk atau jasa dalam bisnis Anda. Menu atau produk andalan yang memikat pelanggan membeli produk atau jasa Anda.

Optimalkan SEO Lokal dengan Google Bisnisku

Pemilik bisnis harus selalu up to date dengan perkembangan perilaku konsumen. Salah satunya adalah memahami kebiasaan pelanggan yang selalu melakukan riset online sebelum melakukan pembelian.

Setelah memahami kebiasaan dan mengenali pola-polanya, kita bisa mempromosikan produk atau jasa lebih tepat. Jamak diketahui bahwa salah satu kebiasaan orang jaman now melakukan riset online sebelum pembelian, yaitu searching di Mbah Google.

Bahkan Google menyediakan fitur khusus untuk para pemilik bisnis untuk dengan mudah mempromosikan bisnisnya, yaitu Google Bisnisku. Kita perlu memaksimalkan potensi Google Bisnisku untuk menjangkau lebih banyak pelanggan di era digital.

Membuat Website Gratis Dengan Google Bisnisku

1. Login Google My Business atau Google Bisnisku

Cara membuat Website gratis

Kalau memiliki beberapa lokasi yang Anda masukkan ke Google Bisnisku, klik Dashboard Icon untuk bisnis yang ingin Anda berikan website.

2. Klik menu site yang ada di dalam dashboard akun Google Bisnisku

3. Klik Get Started

Setelah melihat layar perkenalan dengan informasi tentang Website di Google Bisnisku Klik Get Started untuk mulai membuat website Anda.

Google kemudian akan mulai membuat website Anda dan Anda akan melihat progressnya pada progress bar yang ada di layar Anda. Anda tinggal menunggu sampai prosesnya selesai.

4. Klik Ikon centang untuk memulai

Setelah prosesnya selesai, Anda akan melihat layar welcome untuk website Anda. Klik pada icon centang untuk memulai. Google juga akan memberi tahu Anda jika mereka sedang melakukan sync antara website dengan informasi yang ada di platform Google Bisnisku.

5. Desain website

Sekarang, Anda bisa memulai mendesain website Anda. Google akan memberi tahu langkah kustomisasi apa saja yang perlu Anda lakukan. Pertama, Google akan meminta Anda untuk memilih theme atau template untuk website Anda. Anda bisa melakukan ini dengan mengklik icon Pick A Theme.

6. Sesuaikan tampilan

Pilih theme yang Anda suka untuk website Anda. Theme yang Anda pilih juga memberikan Anda elemen desain lainnya seperti warna dan fonts. Google memberikan Anda 10 theme dengan gaya warna dan fonts yang berbeda agar sesuai dengan bisnis Anda.

7. Upload Foto

Setelah Anda memilih theme, Google akan meminta Anda untuk mengupload foto bisnis Anda. Foto-foto yang sudah Anda upload di Google Bisnisku sebelumnya juga akan diupload ke website Anda.

8. Publish

Setelah itu, Google akan menampilkan tombol Publish sehingga Anda bisa langsung mempublish website Anda kalau website Anda sudah siap.

9. Konfigurasi Pengaturan

Sekarang Anda perlu mengkonfigurasi beberapa pengaturan seperti Site Address (alamat website) dan Site language (bahasa website) sebelum Anda klik tombol Publish.

10. Nama Domain

Klik Publish Now dan Anda akan diminta untuk memilih nama domain untuk website gratis ini. Format domain Anda akan menjadi namabisnis.business.site.

Klik Next jika Anda sudah memberikan nama domain yang tepat. Anda juga akan melihat pilihan untuk memilih dan mengkonfirmasi bahwa alamat website ini akan menjadi website yang ditampilkan di Google Maps dan Google Search.

11. Well Done!

Setelah domain Anda dikonfirmasi, Anda akan melihat notifikasi di website Anda. Klik View Site untuk melihat website baru Anda.