Cara mudah menggunakan WhatsApp Bisnis | Photo by Anton on Pexels.com

Cara Mudah Menggunakan Whatsapp Bisnis. Pengguna media sosial berlambang telepon warna hijau ini sangat banyak. Platform saudaraan dengan Facebook ini menyediakan berbagai kemudahan dan fasilitas membuat nyaman penggunaannya.

Tak heran, nyaris semua pengguna internet baik muda maupun dewasa menggunakan aplikasi pintar ini. Peluang bagus segera ditangkap pebisnis online. Mereka menggunakan media ini untuk promosi produk. Awalnya dengan membuat grup khusus atau beriklan langsung.

Menyadari minat pengguna yang tinggi itu, WhatsApp meluncurkan fitur baru. Platform khusus sebagai media bisnis. Aplikasi khusus berbeda dengan whatsapp untuk percakapan biasa.

Oleh karena itu, buat bisnis online harus segera menginstallnya. Sebab, menggunakan whatasapp yang memang untuk bisnis, akan lebih baik ketimbang numpang jualan di grup yang anggotanya cenderung ingin menjalin silaturahmi saja.

Cara mudah menggunakan aplikasi WhatsApp Bisnis

Install aplikasi

Aplikasi Whatsapp khusus bisnis bisa anda temukan di Play Store. Anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi ini pada perangkat bisa android maupun ios. Anda dapat mengunduh dengan gratis tanpa bayaran.

Aktifkan akun

Selanjutnya anda perlu melakukan pengisian data dan menekan beberapa tombol persetujuan yang ada pada laman ini. Berikutnya masukkan nomor telepon yang akan anda gunakan pada akun bisnis.

Verifikasi

Setelah semua terisi dengan lengkap dan benar. Sistem akan mengirimkan nomor verifikasi akun melalui pesan teks. Masukan nomor tersebut pada kolom verifikasi yang telah disiapkan. Akun anda akan otomatis ter verifikasi.

Nama akun

Anda perlu membuat nama akun bisnis. Tulislah dengan huruf besar. Nama akun tidak akan bisa diganti lagi, jadi pastikan anda menulis dengan benar. Sertakan juga logo yang sesuai. Akun bisnis anda sudah siap digunakan.

Profil WhatsApp Bisnis

Anda dapat mengubah profil pada akun bisnis anda. Melalui menu settings anda dapat merubah katagori bisnis, alamat bisnis, alamat website serta jam buka tutup bisnis anda. Menu ini bisa anda temukan di bagian kanan atas akun whatsapp bisnis.

Anda juga dapat menambahkan beberapa foto yang berhubungan dengan bisnis anda. Bisa berupa foto produk atau foto kegiatan di perusahaan anda. Bisa juga anda masukkan deskripsi usaha.

Ragam Fitur WhatsApp Bisnis

Statistik

Data merupakan hal yang penting bagi sebuah bisnis. Memiliki data yang akurat akan memudahkan perencanaan selanjutnya. Terobosan baru untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.

Pada aplikasi ini telah disediakan statistik pesan yang dikirimkan melalui akun bisnis anda. Untuk melihatnya anda harus masuk ke menu settings terlebih dahulu. Lalu pulih menu statistik untuk melihat data yang dibutuhkan.

Pesan keluar

Fasilitas ini siapkan whatsapp  jika jam operasional sudah tutup, maka konsumen masih bisa mengirimkan pesan. Tentu saja pesan yang masuk akan dijawab kemudian harinya. Tetapi konsumen akan yakin pesannya sudah diterima.

Melalui fitur ini pesan akan terjawab secara otomatis. Menu disiapkan agar anda dan konsumen bisa tetap terhubung. Ini menu menunjukkan  respon yang cepet. Segera jawab pesan konsumen saat jam oprasional nanti.

Cara menggunakan menu away message pada whatsapp bisnis ini adalah masuk terlebih dahulu ke menu settings. Selanjutnya pilih menu bisnis setting. Anda akan menemukan beberapa pilihan lagi, pilihan menu  away massage.

Edit pesan default yang sudah tersedia. Tulis dengan kata-kata yang anda inginkan pada kolom ini. Setelah selesai tekan tombol save. Konsumen dapat langsung membaca pesan yang anda tuliskan.

Greeting Message

Pesan ini ditujukan untuk selalu terjalin komunikasi dengan konsumen anda. Pesan teks ini akan otomatis terkirim pada konsumen, apabila dalam dua minggu tidak ada komunikasi. Ini membuat konsumen terikat dengan bisnis anda.

Pilih menu settings pada aplikasi anda.Lalu pilih menu bisnis settings  dan pilih menu greeting massage.  Pilih tombol on lalu tuliskan kata-kata yang ingin disampaikan kepada konsumen. Bila sudah selesai tekan save.

Jawaban cepat

Anda bisa mengatur akun bisnis untuk bisa menjawab cepat berdasarkan kata kunci yang ditentukan. Ini akan memudahkan anda menjawab pesan tanpa harus mengetik dari awal lagi.

Caranya dengan tombol settings anda masuk  ke menu bisnis settings lalu pilih quick replies. Edit teks yang disediakan dengan kata-kata anda sendiri. Setelah selesai tekan tombol save untuk menyimpan apa yang telah anda tulis. 

Masih ada beberapa fitur pada whatsapp bisnis anda yang bisa digunakan. Semua disiapkan untuk kemudahan anda terhubung dengan konsumen. Media sosial dan internet membuat usaha anda semakin berkembang.

Katalog

Anda bisa membuat katalog produk atau jasa menggunakan whatsapp bisnis. Cara membuatnya pun mudah. Masukkan jenis produk dan layanan, harga, dan deskripsi.

Terpopuler

Leave a comment

Tinggalkan Balasan