adult app blur bokeh
Photo by Bruno Cervera on Pexels.com

Update:

Vtube menjadi polemik sepanjang 2020 hingga 2021 ihwal legalitasnya. Bahkan, layanan aplikasi menonton iklan itu sempat diblokir Kominfo dan dinyatakan ilegal Satgas Waspada Investasi.

Pertengahan 2021, Vtube dinormalisasi. Itu setelah manajemen menandatangani surat pernyataan bahwa dalam menonton iklan atau video gratis, member tidak diminta membayar sejumlah uang atau VP (view point).

Sistem bonus berjenjang, member get member ditiadakan.

“VTube membayar penonton, VTube tidak menjual VP. Apabila ingin beriklan harus bayar dengan uang, bukan dengan VP yang dibeli. Pengiklan tidak ada reward,” kata Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L Tobing, seperti dilansir Detik.com (15/7/2021).

Direktur PT Future View Tech Prabowo mengungkapkan Vtube sudah bisa kembali diakses oleh masyarakat melalui VTube 3.0.

“Kehadiran VTube generasi terbaru diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat Indonesia dan membantu pemulihan perekonomian di masa pandemi,” katanya.


Vtube Resmi atau Tidak? Vtube, bisnis kontroversial yang membayar membernya dengan syarat member harus menonton video dan iklan dalam waktu yang bersamaan. Biaya yang perlu dikeluarkan hanya bermodal koneksi internet, pendaftarannya pun gratis juga.

Ya, kalau dilihat lagi, efeknya bisa besar dalam industri, dan pekerjaan. Tapi, apakah semudah itu mendapatkan uang hanya dengan bermodal menonton video + iklan? Bisa dibilang menyebabkan kekurangan pekerja di Indonesia kalau itu benar terjadi.

Kali ini, akan saya usut tuntas tentang Vtube Bisnis yang kontroversial ini. Apakah ini adalah bisnis penipuan atau tidak.

Baca juga: Goins Apk

Vtube Bisnis

Vtube Bisnis , Setelah melihat secara singkat, apa itu Vtube? Bisnis atau aplikasi iklan video? Entahlah, tapi yang jelas setelah melihat beberapa rangkuman diatas, ada beberapa point yang bisa kita ambil.

Baca juga: Daftar Aplikasi Penghasil Uang Terbaik

Vtube adalah bisnis yang kontroversial, yang mungkin memiliki efek besar kepada industri. Lebih jelasnya, Vtube adalah sebuah peluang Bisnis Online terbaru di Indonesia, yang mengubah hiburan anda semata menjadi sumber penghasilan.

Nah, lebih jelasnya dari mana awalnya bisnis ini dimulai?

Vtube berasal dari PT Future View Tech. Operasional Vtube dihentikan oleh OJK pada 3 Juli 2020. Selain Vtube, ada 99 entitas kegiatan usaha yang diduga melakukan kegiatan usaha tanpa izin dari otoritas berwenang dan berpotensi merugikan masyarakat.

Kata yang sudah ikut, Vtube ini katanya adalah aplikasi yang bergerak di bidang marketing periklanan.

Tapi… yang jadi garis besarnya adalah, dari mana Vtube bisa membayar membernya? Biasanya yang bisa diketahui bergerak dibidang pengiklanan adalah, Google Adsense. Kalau di youtube begini.

Adsense akan bekerja sama dengan content creator di youtube. Adsense akan membayar youtuber tersebut dengan beberapa syarat, lalu akan dibayar oleh adsense. Bagaimana adsense mendapat penghasilan?

Mengutip detik.com (26/1/2020), Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing, saat ini Vtube masih masuk dalam daftar ilegal. Meskipun berdasarkan informasi bahwa Vtube telah melakukan pengurusan izin sehubungan dengan kegiatannya, namun entitas yang sudah masuk dalam daftar investasi ilegal tak bisa dihapus kembali kecuali ada surat normalisasi yang dikeluarkan oleh SWI.

Dengan menambahkan iklan pada video yang diupload oleh content creator, dan content creator juga bisa mendapat penghasilan. Iklan yang ditonton bukan dari hasil sengaja diklik atau ditonton, namun murni dari pengiklan.

Mari kita kembali ke Vtube. Kalau dilihat dari mekanismenya adalah, penonton dan developer mendapat keuntungan, sedang video dari pengupload tidak mendapat keuntungan apa-apa. Jadi pada dasarnya ini berkebalikan dari Adsense.

Apa Itu Vtube

Setelah melihat penjelasan tentang Vtube bisnis, apakah anda sudah sedikit mendapat penglihatan, tentang bisnis ini? Jadi Apa Itu Vtube?

Lebih jelasnya, Vtube adalah aplikasi gratis yang fungsinya membayar member dengan syarat melihat video dan iklan. Konsepnya adalah Social Advertising, dimana kita dapat mendapatkan profit sharing dari Digital Advertising.

Namun hal ini menjadi kontroversi karena pada dasarnya Vtube adalah sebuah aplikasi penyedia video iklan. Dan mengklaim membayar membernya. Namun ini yang menjadi pertanyaan besar dalam dunia pengiklanan.

Bagaimana jelasnya Vtube bisa mendapatkan penghasilan dan membayar membernya. Kita akan jelaskan lebih lanjut di bawah.

Aplikasi Vtube

Setelah anda tahu apa itu Vtube, selanjutnya kita bahas tentang Aplikasi Vtube ini. Media yang anda gunakan dalam mengakses Vtube ini beragam, dari Android/IOS, laptop dari aplikasinya pun tersedia google play store melalui website.

Lalu, apakah anda perlu mendownload dan menjadi member Vtube. Mau atau tidak itu adalah hak anda yang menentukan. Jadi nanti akan saya jelaskan cara caranya.

Kembali ke aplikasi Vtube. Dari fitur yang disediakan adalah kemudahan akses 24 jam, menampilkan video sesuai permintaan dengan akses premium, dan banyak lagi.

Dasboard pengguna dengan fitur interaktif seperti daftar putar, unggah video, dan banyak lagi.

Vtube Apk Download

Apakah anda ingin mendownload Vtube Apk untuk android?  Anda bisa mulai searching di google play untuk android, dan untuk laptop atau pc bisa anda coba cari websitenya.

Banyak aplikasi Vtube yang tersedia sekarang, karena bisa dibilang ini adalah bisnis juga. Developer berlomba-lomba menciptakan sarana untuk Vtuber agar bisa mengakses dan mendapat uang dengan lebih mudah.

Cara Daftar Vtube Terbaru

Setelah anda mendownload aplikasi Vtube, kali ini saya akan bagikan Cara Daftar Vtube Terbaru . Caranya mudah, yang pertama download Vtube, yang kedua download Telegram. Selanjutnya cari vtube OTP BOT (REAL) dan ikuti langkahnya.

Daftar atau registrasi Vtube dan request OTP, Selanjutnya Masukkan kode OTP dari telegram. Selanjutnya ke menu login Terakhir, Masukkan identitas dan kode referral, dan selamat anda sudah terdaftar sebagai anggota Vtube.

Saya hanya memberikan cara daftar untuk aplikasi Vtube ini. Mendaftar atau tidak itu menjadi hak anda sepenuhnya memutuskan.

Login Vtube

Setelah anda mengikuti langkah-langkah cara daftar Vtube terbaru. Selanjutnya anda akan saya beri langkah untuk Login Vtube . Aplikasi yang kini menjadi V.2 jadi cara loginnya sudah berbeda dari biasanya yang anda lakukan.

Tampilannya pun berubah, mirip seperti dasboard instagram, atau tiktok. Bagi anda yang belum mendaftar bis melakukan daftar seperti tutorial diatas.

Mari kita langsung saja masuk keaplikasinya yang sudah anda update. Langsung klik skip saja, lalu klik me. Setelah anda mengklik me, selanjutnya akan muncul message login sebelum memproses, klik confirm.

Klik tanda panah pada login option, klik password login. Nah di sini anda harus memasukkan Nomer handphone dan password anda. Jangan lupa anda harus mengisi captcha  yang ada dibawah kolom password, diisi dengan mengetik apa yang tersedia di kolom sebelah kanannya.

Setelah itu klik login, dan anda sudah masuk ke aplikasinya. Dan sudah bisa mengakses fitur dari aplikasi ini.

Vtube Resmi atau Tidak

Dengan beberapa penjelasan diatas, sudah anda ketahui tentang Vtube Bisnis, Apa Itu Vtube, Aplikasi Vtube, Vtube Apk Download, Cara Daftar Vtube, dan Login Vtube. Kali ini saya akan mengusut tuntas tentang Vtube Resmi atau Tidak.

Banyak orang yang masih meragukan legalitas dari bisnis Vtube ini, ada yang mengatakan bahwa ini adalah bisnis yang legal. Seperti yang anda lihat di tutorial Cara Daftar Vtube . Disana tertera anda hanya disuguhkan untuk membuat akun Telegram.

Saat kita mendaftar telegram, anda akan dimintai Nomor Handphone sebagai syarat daftar. Lalu apa untungnya? Karena sekarang semua Nomor Handphone harus diaktifkan dengan cara menggunakan kartu keluarga dan KTP, semua akan dicatat di Lembaga Dispenduk.

Namun apa hubungannya Vtube dengan Dispenduk? Semua data anda akan otomatis terisi dan mengantisipasi penyalahgunakan dalam Vtube dengan tambahan Code OTP. Jadi bisa dikatakan ini adalah bisnis resmi. Mungkin juga tidak.

Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut anda bisa mengunjungi Website Resmi Layanan Perizinan OSS, Website Resmi Kominfo, dan Website Resmi Direktorat Jenderal Administrasi Hukum RI.

Vtube Penipuan?

Sekarang kita menuju ke intinya, yaitu apakah Vtube Penipuan? Banyak kasus yang terjadi dalam bisnis ini contoh adalah penipuan bahkan hukumnya haram. Tapi ada yang mengklaim bahwa bisnis ini nyata dan bukan penipuan.

Tapi apakah benar ini nyata? Hanya dengan mengklik iklan saja anda bisa mendapatkan keuntungan berupa dibayar dengan uang. Apakah itu konsep terbaru dari bidang periklanan atau bagaimana?

Setelah membaca Vtube Resmi atau Tidak , anda bisa memberikan beberapa argumen tentang validnya Vtube ini. Selanjutnya kalau anda masih belum paham, silahkan mulai anda baca lagi dari awal, agar anda bisa menemukan pointnya.

Dan jangan lupa untuk selalu mencari informasi lebih, karena pada dasar anda harus lebih waspada dalam mencerna informasi. Menelaah adalah hal terpenting.

Yang juga perlu diingat sejauh ini belum revisi dari Satgas Waspada Investasi OJK yang telah menghentikan vtube pada Juli lalu. Artinya, kalau mengacu OJK sebaiknya kamu enggak usah ikut-ikutan vtube deh!

Join the Conversation

3 Comments

  1. Kenapa Vtube perlu OJK? Vtube kan bukan investasi atau pengumpulan dana masyarakat….Vtube kan aplikasi digital advertising…lalu utk apa OJK nya?

Leave a comment

Tinggalkan Komentar Batalkan balasan