tujuan pemasaran media sosial

Pentingnya memanfaatkan social media untuk bisnis seperti menawarkan barang atau jasa tanpa bertemu secara langsung.

Buat katalog produk mudah ditemukan sehingga lebih dekat dengan konsumen.

Tentu saja, pengumuman cepat sampai ke konsumen.

Social media untuk bisnis sudah sering kali terdengar. Anda mungkin tidak jarang melihat berbagai social media menawarkan bisnis mereka. 

Berbisnis secara online memang sangat menguntungkan dan mudah.

Di Indonesia sendiri sudah hampir sebagian besar pebisnis membuat social media sebagai wadah pemasaran mereka.

Keuntungan Social Media untuk Bisnis

Social media memiliki banyak keuntungan dalam bidang bisnis.

Beberapa hal yang akan membuat Anda tertarik berbisnis di social media yaitu, sebagai berikut.

1. Menawarkan barang atau jasa tanpa bertemu langsung

Para penjual barang dan jasa bisa memamerkan berbagai produk atau hal yang ingin mereka tawarkan, tanpa harus bertemu langsung satu-persatu. 

2. Katalog online

Jika sebelumnya katalog tawaran Anda dicetak dalam kertas.

Sekarang Anda bisa membuatnya sederhana tanpa harus mengeluarkan modal banyak.

Buat desain katalog sesuai keinginan Anda atau ciri khas bisnis. 

Upload desain katalog pada social media Anda, seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau social media lainnya.

Katalog pada gambar memudahkan calon customer dapat melihat secara mudah tanpa harus bertanya dengan Anda. 

3. Mudah ditemukan

Sebagian besar masyarakat lebih memilih untuk melihat barang atau jasa yang mereka inginkan dari social media.

Mereka akan mencari nama brand atau kata kunci lain.

Misalnya sepatu, kebanyakan orang akan mengetik sepatu pada social media mereka.

Anda bisa memasang nama pada social media dengan nama barang yang anda jual.

Jika Anda menjual jasa maka buatlah nama sesuai jasa yang Anda tawarkan.

Namun jika brand atau merek Anda sudah terkenal, itu akan lebih mudah untuk ditemukan.

4. Lebih dekat dengan konsumen.

Anda bisa lebih mudah berinteraksi secara online tanpa harus repot-repot membangun kepercayaan secara pribadi.

Mulailah dengan menjadi menarik dan membuat orang-orang penasaran dengan bisnis yang Anda tawarkan.

Konsumen akan lebih menyukai produk atau jasa dengan admin social media untuk bisnis yang aktif dan unik.

Buatlah ciri khas Anda sendiri agar konsumen menyukai Anda. Maka mereka akan lebih tertarik pada produk atau jasa Anda daripada yang lainnya.

5. Pengumuman lebih cepat sampai ke telinga konsumen

Saat Anda sedang mengadakan promo, giveaway, atau mungkin sedang membuka lowongan dropship dan reseller, berilah pengumuman tersebut dari social media.

Buat katalog sederhana berupa gambar atau tulisan, lalu posting pada social media untuk bisnis Anda.

Jika Anda kesusahan dalam membuat desain, Anda bisa mempekerjakan seorang editor atau admin social media. 

Anda juga bisa mencantumkan alamat, nomor yang bisa dihubungi atau jam buka dan tutup toko Anda, jika memiliki toko.

Bisa dalam bentuk gambar atau sekedar tulisan. 

Berbagai keuntungan bisa diperoleh dengan memanfaatkan social media untuk bisnis secara maksimal.

Maka akan sangat dirugikan jika Anda tidak menggunakan peluang bisnis dengan baik.

Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan tool internet marketing lokal penunjang pemasaran melalui media sosial dalam bisnis seperti loop, orderonline, berdu, ocoya dan lain-lain.

Artikel ini merupakan bagian dari pembahasan lengkap dan terupdate mengenai pemasaran melalui media sosial. Dapatkan update terbaru dari Digital Marketing Insight di FacebookInstagram, dan Twitter.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *