Memilih Asuransi Kesehatan Syariah yang Berkualitas. Fenomena hijrah memunculkan tren baru dalam industri. Kecenderungan orang memilih produk atau layanan halal atau syariah menghadirkan banyaknya produk asuransi syariah.

Kebutuhan akan produk asuransi syariah terus naik belakangan ini. Asuransi Kesehatan Syariah juga makin diminati masyarakat Indonesia. Adanya asuransi tersebut dapat memberikan keamanan dan juga kenyaman kita, terlebih lagi dalam urusan Kesehatan.

Layanan asuransi kesehatan syariah diminati karena memberikan layanan sebagaimana asuransi kesehatan pada umumnya dan pengguna manfaat merasa lebih tenang karena transaksinya mendapatkan jaminan halal.

Sekarang banyak tawaran asuransi kesehatan syariah di pasar produk keuangan. Tentu kita harus cermat memilih agar tak kecewa di kemudian hari dengan layanan yang sifatnya berdurasi jangka panjang ini.

Memilih asuransi kesehatan syariah harus berhati-hati dan cermat karena ini layanan berdurasi panjang. Benefitnya hanya bisa dirasakan bila berlangganan dalam periode lama. Produk ini dimiati karena bisa lebih tenang karena ada backup pembiayaan tak terduga dan harus dirawat di rumah sakit.

Namun, dalam memilih asuransi Kesehatan Syariah tidak boleh sembarangan, karena kita harus tahu beberapa hal penting supaya dapat sangat membantu kita. Oleh karena itu, simak tips memilih asuransi Kesehatan Syariah yang berkualitas.

Memilih Asuransi Kesehatan Syariah yang Berkualitas

1. Banyak Riset Tentang Asuransi Kesehatan Syariah

Sebelum melangkah lebih jauh dalam memilih sebuah perusahaan penyedia asuransi Kesehatan Syariah. Ada baiknya mencari atau melakukan riset terlebih dahulu terhadap perusahaan yang ingin didatangi, seperti mencari kekurangan dan kelebihannya.

Tak hanya itu saja, harus mencari kapan perusahaan tersebut dibentuk, berapa sudah menggeluti bidang asuransi Kesehatan Syariah, dan juga lihat feedback dari para pengguna sebelumnya.

Dengan begitu bisa mendapatkan gambaran awal apakah perusahaan tersebut bagus atau tidak. Kita akan menggunakan produk atau layanan jangka panjang, maka wajib hukumnya mengenal dengan baik. Dengan mengenal baik, memahami rekam jejak dari waktu ke waktu bisa membawa ketenangan ketika kita berurusan soal klaim di kemudian hari.

2. Pahami dengan Benar Ilustrasi dari Agen

Yang perlu dipahami juga adalah saat agen asuransi Kesehatan Syariah tersebut menjelaskan atau memberikan ilustrasi terhadap Asuransi yang mereka tawarkan. Tentu harus cermat dalam memahami keuntungan atau benefit apa saja yang akan didapatkan.

Jika terdapat beberapa hal yang kurang paham, lebih baik ditanyakan saja. Apalagi saat ini banyak asuransi Kesehatan Syariah yang abal-abal dengan iming-iming keuntungan yang dapat dikatakan sangat jauh berbeda dengan penyedia Asuransi Kesehatan Syariah lainnya.

Tentu kita tidak ingin tertipu terhadap hal tersebut, bukan? Jadi penting sekali untuk memahami ilustrasi dan juga penjabaran yang dijelaskan, supaya tidak salah dalam memilih asuransi Kesehatan Syariah.

3. Selalu Pastikan Terdapat Dewan Pengawas Syariah (DPS)

Dalam seluruh perusahaan penyedia Asuransi Kesehatan Syariah, pasti terdapat namanya Dewan Pengawas Syariah. Dewan Pengawas Syariah (DPS) tersebut merupakan beberapa anggota orang, yang memahami dengan benar tentang Ekonomi Syariah tersebut.

Sehingga mereka yang mengatur, mengawasi seluruh jalannya kegiatan tersebut, dan juga menjamin kehalalan suatu produk yang dijalankan sesuai syariat Islam.

Maka dari itu, selalu pastikan terdapat dewan pengawas Syariah tersebut, supaya transaksi atau kegiatan operasional lebih aman.

Baca juga: Ide Bisnis Online Rumahan Terbaik

4. Bandingkan Satu Perusahaan dengan Perusahaan Lainnya terutama dalam Hal Premi

Hal yang cukup penting juga adalah harus bisa membandingkan premi dari perusahaan satu dan lainnya. Harus bisa memperkirakan premi yang sekiranya sesuai dengan kondisi keuangan di keluarga, sehingga tidak terbebani.

Tetapi poin yang penting adalah jangan hanya memilih berdasarkan lebih murah semata, karena seringkali premi yang optimal menghasilkan keuntungan lebih.

Terkadang juga ada asuransi yang sangat murah, namun manfaat alias benefit yang didapatkan biasanya akan sangat dipersempit. Jadi perlu untuk memilih harga yang sekiranya cukup wajar dan juga kompetitif.

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Tinggalkan Balasan