Strategi Twitter Marketing untuk Bisnis Online
Strategi Twitter Marketing untuk Bisnis Online | Photo by Moose Photos on Pexels.com

Strategi Twitter Marketing untuk Bisnis Online Anda. Popularitas Twitter makin kuat di Indonesia. Saat ini Twitter masih populer digunakan sebagai media sosial bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Banyak yang memanfaatkan kepopuleran Twitter untuk mempromosikan usaha atau bisnis Anda. Berikut akan dijelaskan bagaimana strategi pemasaran di Twitter marketing untuk bisnis online Anda.

Twitter mempunyai cara tersendiri dan unik dalam menggiring calon klien atau konsumen kepada bisnis Anda. Media sosial satu ini mengedepankan engagement Anda dengan target pasar pada marketing online-nya.

Strategi Twitter Marketing untuk Bisnis Online
Strategi Twitter Marketing untuk Bisnis Online | Photo by freestocks.org on Pexels.com

Baca juga: Social Media Marketing: Strategi Dongkrak Omzet Bisnis Online

Mungkin terkesan remeh, tetapi pada kenyataannya komunikasi yang terjalin antara pemilik dan target bisnis memiliki peranan yang sangat penting. Percakapan di linimasa twitter bisa mempengaruhi orang memutuskan membeli sesuatu.

Setidaknya, ada sekitar 30% lebih calon konsumen yang sudah berinteraksi pada sebuah usaha atau bisnis sebelum memutuskan melakukan pembelian atau menerima penawaran yang diberikan sebuah toko online.

Kelebihan lain dari twitter marketing adalah para penggunanya bisa memberi komentar secara langsung pada siaran langsung yang terjadi. Selain itu, para pengguna Twitter lebih mudah mengingat apa yang ada di Twitter daripada pada laman mesin pencarian.

Strategi Twitter Marketing untuk Bisnis Online
Strategi Twitter Marketing untuk Bisnis Online | Photo by Moose Photos on Pexels.com

Baca juga: Apa Itu SEO SEM Digital Marketing

Hal ini tentu saja dapat memicu keuntungan terhadap brand awareness. Di samping itu, Twitter sangat ramah pada pengguna baru. Tidak seperti instagram yang mengharuskan syarat minimal follower untuk menikmati fitur lebih baik.

Fitur pada Twitter memudahkan Anda untuk memperoleh eksposur dengan berbagai macam cara seperti who to follow, promoted tweet, balasan tweet, hashtag, retweet, akun yang Anda ikuti, dan percakapan di tweet.

Ada beberapa strategi Twitter marketing yang bisa Anda contoh agar usaha Anda mempromosikan diri, produk, maupun jasa Anda bisa berjalan dengan sukses.

Baca juga: Digital Marketing: Panduan, Manfaat, Strategi

Memaksimalkan profil untuk strategi twitter marketing

Hal pertama yang paling penting diperhatikan adalah pada tampilan profil. Jika twitter diibaratkan manusia, maka profil merupakan wajah dari bisnis Anda. Bagian profil ini yang nantinya pertama kali menentukan reputasi Anda dan dilihat oleh calon konsumen Anda.

Memilih Username

Anda harus memilih username yang sesuai dengan nama usaha atau toko online Anda. Jika berbeda, maka bisa membingungkan calon konsumen Anda sehingga mereka memutuskan untuk tidak jadi menggunakan jasa atau membeli produk yang Anda tawarkan.

Pilih username yang singkat atau pendek sehingga bisa memudahkan orang lain untuk mengingat serta praktis ketika disebut ke dalam sebuah tweet.

Baca juga: Ingin Jadi Mastah SEO, Ingat Satu Hal Ini

Foto Profil

Sebaiknya menggunakan logo usaha sebagai foto profil pada akun Twitter bisnis. Hal ini dapat mempercepat peningkatan pada branding dan reputasi dari usaha.

Jika Anda ingin membrandingkan diri sendiri, Anda bisa menampilkan foto Anda dengan latar belakang polos yang menimbulkan kesan profesional.

Header Image

Anda harus mengisi header image dengan menampilkan foto terbaik yang Anda punya. Hal ini merupakan strategi Twitter marketing yang juga dapat meningkatkan brand awareness usaha Anda.

Baca juga: Belajar menulis storytelling

Beberapa opsi yang bisa Anda pakai untuk menampilkan image terbaik adalah gambar yang memperkuat reputasi usaha Anda dengan memamerkan pencapaian atau penghargaan, promosi atau produk terbaru, atau hanya sekadar tagline.

Bio

Pada bagian bio ini, Anda harus menuliskan usaha Anda secara lebih fokus dengan bahasa yang sangat mudah dipahami oleh calon konsumen Anda. Anda bisa menambahkan elemen pencapaian, humor, dan hashtag yang terkait dengan usaha Anda.

Timing dalam strategi twitter marketing

Untuk mencapai audience sebanyak mungkin, Anda bisa melakukan twit secara rutin. Misalnya pada waktu pagi saat orang mengisi waktu di tengah perjalanan menuju sekolah dan kantor.

Baca juga: 5 Trik Jitu Menulis Copywriting Ramah SEO

Pada siang hari saat orang sedang beristirahat makan siang. Pada sore ketika orang-orang mengisi waktu santai di dalam perjalanan pulang ke rumah.

Maksimalkan Fitur

Anda bisa mengkombinasikan berbagai fitur sebagai strategi Twitter marketing dengan maksimal seperti gambar, video, gift, polling, dan lain-lain.

Bahasa Percakapan strategi twitter marketing

Engagement akan mudah diperoleh jika Anda menggunakan bahasa percakapan yang mudah dimengerti. Anda bisa mengajukan pertanyaan untuk mengundang interaksi dari pengguna lain.

Baca juga: Trend SEO 2020 Seperti Apa?

Ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan engagement. Engagement penting agar terbangun kedekatan antara brand dengan pelanggan. Ada beragam fitur yang bisa dioptimalkan untuk ini.

Cara menaikkan engagement bisa menggunakan kata ajakan, mengikuti obrolan terkini, membalas mention. Terapkan strategi Twitter marketing secara bertahap dan perhatikan atau ikuti perkembangan kemajuan usaha ketika memaksimalkan langkah-langkah di atas.