tujuan pemasaran media sosial

Wujudkan tujuan pemasaran media sosial dengan 3 langkah ini.

Sosial media marketing merupakan bentuk pemasaran melalui media sosial atau situs website guna mempromosikan produk atau jasa.

Media sosial adalah platform yang memberi ruang interaksi dengan dan antar pelanggan.

Pelaku bisnis bisa menjawab pertanyaan, memberi informasi produk baru, bahkan memberikan dan mendapatkan feedback langsung. 

Tujuan Pemasaran Media Sosial

Tujuan pemasan media sosial adalah untuk membangun hubungan jejaring sosial, kesadaran brand, dan juga mengarahkan ke situs website resmi toko online.

Sebab, media sosial mampu menjangkau pelanggan dan calon pelanggan dari manapun. 

Jenis platform media sosial untuk marketing yang paling populer adalah facebook, Instagram, twitter, tiktok.

Sebagai pelengkap, kita dapat menggunakan tools internet marketing seperti penggunaan plugin landingpress, loops, orderonline, berdu, dan sejenisnya. 

Saat ini, pembuatan toko online sendiri menggunakan platform wordpress untuk website atau lainnya sudah sangat mudah dan canggih.

Cara Praktis Buat Landing Page

Landingpress adalah wordpress theme yang sudah digunakan lebih dari 7100 pebisnis online untuk membuat landing page secara praktis dan menghasilkan konversi tinggi.

Anda dapat langsung mengintegrasikan fitur Woowa, Indo ongkir dan beberapa layanan pihak ketiga yang dibutuhkan.

Di samping itu, LandingPress akan membantu anda lebih mudah memasukkan facebook pixel tanpa harus edit script coding karena sudah tersedia multiple facebook pixel. 

Pemasaran media sosial menawarkan keuntungan yang besar bagi setiap pelaku usaha.

Aktivitas promosi di media sosial 

Sebelumnya, anda harus memahami aktivitas apa saja yang dilakukan di dalam media sosial: 

1. Merawat media sosial 

Kegiatan merawat media sosial dilakukan dengan cara melalukan postingan rutin di media sosial tersebut.

Lakukan interaksi kepada calon pelanggan.

Apabila ada komentar yang tidak baik dalam postingan, sebaiknya dihapus. 

2. Endorsement 

Kegiatan lainnya tetap mencari selebgram atau public figure untuk mendapatkan banyak calon pelanggan.

Hadirnya public figure tentu berpengaruh banyak dalam pengembangan bisnis.

Pastikan pemilihannya dilakukan secara tepat dan sesuai bidangnya misalnya anda bergerak di bidang kosmetik seperti skincare, anda harus mencari selebgram atau public figure yang kontennya membahas skincare. 

3. Kegiatan yang unik dan menarik

Konten di media sosial jangan sampai membosankan, anda harus menemukan kegiatan-kegiatan unik agar mendapatkan perhatian dari masyarakat. 

Dari kegiatan-kegiatan yang wajib dilakukan dalam media sosial sebagai alat marketing, anda juga harus paham tujuan dari sosial media marketing.

3 Manfaat Media Sosial untuk Marketing

Terdapat 5 tujuan umum dari pemanfaatan media sosial untuk marketing, antara lain: 

1. Relationship building 

Tujuan pemasaran media sosial dilakukan untuk membangun hubungan antara konsumen.

Hal ini akan sangat membantu anda menemukan cara evaluasi produk dari komentar langsung pelanggan, konsumen dapat terlibat aktif terhadap pengembangan usaha dan sebagainya. 

2. Brand awareness 

Tidak hanya membangun relasi, tetapi juga meningkatkan brand awareness.

Ini akan membuat semakin banyak orang mengenal produk atau jasa yang ditawarkan.

Oleh karena itu, brand awareness merupakan salah satu tujuan pemasaran melalui media sosial. 

3. Pemberian diskon atau promosi 

Media sosial memberikan kesempatan untuk memberikan informasi terkait diskon atau promosi kepada pelanggannya.

Langkah ini dapat memenuhi tujuan jangka pendek dari perusahaan tersebut. Ini juga dapat disebut sebagai kampanye interaktif. Jadi, kegiatan memberikan voucher, diskon dan lainnya.

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Tinggalkan Komentar Batalkan balasan