Kini, perempuan yang sudah menikah dan menyandang status baru sebagai ibu rumah tangga pun bisa menjalankan bisnis kosmetik online dari rumah. Selain sebagai reseller atau dropshipper beberapa diantar wanita yang jadi brand owner kosmetik.

Salah satu cara memulai usaha kosmetik brand sendiri adalah dengan kerjasama dengan pabrik maklon. Buat anda yang sedang cari informasi peluang usaha kosmetik, tips menemukan partner bisnis, dan rekomendasi perusahaan maklon, maka baca artikel ini hingga tuntas.

Kelebihan Menjadi Brand Owner Kosmetik

Mamah muda biasanya belum terlalu sibuk dengan urusan anak. Buat anda yang ingin  menambah aktivitas di rumah, maka tidak ada salahnya mencoba mulai bisnis kosmetik. Orang bilang sih wirausahawan kecantikan atau beautypreneur.

Saya pribadi menyarankan anda untuk bisnis jangka panjang. Salah satunya adalah menjadi brand owner. Memang, awalnya mungkin anda akan sedikit ribet. Namun, ketika bisnis sudah auto pilot, maka anda bisa mendapatkan keuntungan seperti berikut ini:

Bisnis kosmetik bisa dijalankan dari rumah

Sudah lazim, bila seorang ibu rumah (IRT) tangga lebih banyak menghabiskan waktu di rumah untuk mengurus anaknya. Meskipun demikian, tidak berarti, seorang IRT tidak bisa melakukan bisnis. 

Model bisnis sekarang sudah semakin canggih karena produk bisa dipasarkan secara online. Anda cukup melakukan stock produk, mengemas produk dan mengirimkan produk orderan customer via jasa kurir. Anda tak perlu bertatap muka langsung dengan pembeli anda.

Bila skala bisnis semakin besar, maka anda pun bisa merekrut karyawan. Mengajari mereka dan membuat bisnis jadi autopilot. Pekerjaan rumah beres, urusan bisnis pun lancar. Oh, indahnya hidup ini.

Wanita lebih paham pengetahuan produk kosmetik

Sudah sepantasnya, bila bisnis kosmetik sangat sesuai dengan perempuan. Selain memasarkan, mereka juga menggunakan kosmetik untuk diri sendiri sehingga lebih tau tentang macam-macam kosmetik, kelebihan dan kekurangan serta harga terbarunya.

Bisnis kosmetik bisa menghasilkan keuntungan besar. Terlebih lagi jika dikelola oleh perempuan yang paham seluk beluk produk kosmetik itu sendiri. Mereka akan mudah closing dengan customer karena mereka menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi customer.

Waktu kerja lebih fleksibel

Fleksibel disini sebenarnya ibarat pisau bermata dua. Waktu kerja lebih leluasa karena tidak terikat jam kerja layaknya bekerja di kantoran. Namun, bila tidak pintar mengaturnya malah tidak punya waktu istirahat yang cukup karena harus reply chat customer 24 jam.

Kemudahan kerja juga ditunjang dengan adanya layanan jasa antar jemput barang yang akan dikirim via jasa kurir. Beberapa layanan jasa kurir menyediakan jasa pickup barang gratis ke tempat usaha anda. Bila tidak ada pun, anda masih bisa menggunakan ojek online untuk pengiriman barang.

Urusan perizinan dibantu

Bila anda menggunakan jasa maklon kosmetik, maka pastikan perusahaan maklon membantu anda dalam urusan perizinan. Beberapa izin yang perlu diurus biasanya adalah pendaftaran merek ke dirjen HKI, register NA BPOM dan sertifikasi halal.

Selain kemudahan dalam izin, jasa maklon juga memudahkan dalam pembuatan formula produk kosmetik yang custom, warna produk, aroma, desain kemasan produk, dan jasa kirim. Untuk jasa pembuatan produk terbaik, saya rekomendasi maklon adev. Anda tinggal fokus memasarkan dan membuat brand produk anda growth.

Hemat modal bisnis di awal

Dengan menggunakan jasa maklon, maka anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk mendirikan pabrik atau peralatan produksi. Tentunya hal ini akan memangkas biaya investasi di awal merintis  usaha.

Bila anda punya alokasi biaya pendirian pabrik, maka biaya ini dapat anda alihkan untuk kegiatan promosi produk dan brand. Anda bisa membuat sistem MLM atau reseller/keagenan untuk menjangkau customer yang lebih luas.

Beberapa keuntungan di atas bisa Anda dapatkan dengan cara mengadakan kerjasama dengan perusahaan maklon. Lalu, apa saja syarat-syarat untuk maklon kosmetik?

Syarat Maklon Kosmetik Adev

Sebagian orang mengira bahwa untuk memulai maklon kosmetik akan dibutuhkan syarat-syarat yang banyak. Tetapi nyatanya tidak. Untuk memulai bisnis maklon kosmetik di ADEV, Anda hanya perlu menyiapkan persyaratan maklon berikut:

  • Menyiapkan Konsep Produk
  • Membayar Biaya Administrasi dan Produksi
  • Melengkapi Berkas-Berkas Pendaftaran Merek
  • Melengkapi Berkas-Berkas Pendaftaran BPOM

Kelengkapan anda dalam memenuhi syarat maklon menjadi bukti bahwa Anda siap bekerjasama dengan perusahaan yang akan mendevelop produk kosmetik Anda. Bila anda merasa kurang jelas, maka silahkan hubungi sales representative adev.

Berapa Modal Awal untuk Maklon Kosmetik?

Biaya maklon kosmetik untuk setiap produk di PT. ADEV Natural Indonesia bersifat tentatif. Mengapa? Karena setiap bahan dan kemasan harganya akan selalu berubah tergantung pada ketersediaan, kurs dollar, tingkat kerumitan formulasi, aspek desain kemasan produk dan hal terkait.

Kisaran modal awal untuk maklon kosmetik & skincare di ADEV adalah Rp 20.000.000,- (20  jutaan rupiah). Tetapi, setahu saya perusahaan maklon di Bogor ini memberikan kemudahan dalam pembayaran. Salah satunya adalah dengan cara mengangsur.

Kelebihan Adev sebagai Perusahaan Maklon Kosmetik

Menggunakan bahan kosmetik berkualitas

Adev memandang bahwa trend kosmetik dengan bahan berkualitas akan booming. Misalnya saja bahan collagen, pemutih, anti jerawat dan anti aging, dll. Oleh karena itu, Adev selalu mengedepankan penggunaan bahan berkualitas terbaik dalam pembuatan kosmetiknya. Perusahaan maklon tersebut menyadari bahwa customer akan beriorientasi pada kualitas produk dan layanan.

Formula produk unik

Adev adalah perusahaan maklon yang berawal dari laboratorium penelitian di IPB. Untuk memuaskan customer, Adev selalu membuatkan formula produk yang spesifik untuk setiap customernya. Keunikan ini akan menjadi nilai jual atau USP (unique selling point) yang bisa ditawarkan oleh vendor maklon.

Produk melewati serangkaian uji di laboratorium

Kekhawatiran terbesar calon konsumen terhadap produk kosmetik adalah produk tersebut berbahaya. Adev memahami hal tersebut. Oleh karena itu, sebelum release dan dikirimkan ke customer, produk akan diuji terlebih dahulu di laboratorium. Parameter uji yang dilakukan meliputi aspek fisik, kimia dan mikrobiologi.

Respon CS Cepat

Kenyamanan dan kepuasan pelanggan merupakan prioritas utama sebuah perusahaan maklon. Sebagai wujudnya, Adev mempekerjakan CS yang secara cepat dan tepat merespon customer. 

Banyak Produk terdaftar BPOM

Anda tidak perlu khawatir dengan legalitas produk buatan adev. Anda bisa cek di laman cek.bpom.goid. Di sana anda akan menemukan ratusan produk kosmetik yang dibuat ADEV. Oleh karena itu, produk buatan adev dipastikan aman untuk digunakan.

Selain syarat maklon mudah, biaya murah. Anda juga bisa memproduksi kosmetik berbagai varian seperti Haircare, Skincare, Bodycare, Fragrance, Lip Cream dan Men’s Corner produk.

Cara Ringkas jadi Brand Owner Kosmetik

  1. Kunjungi laman adev.co.id
  2. Hubungi CS adev
  3. Konsultasikan produk kosmetik yang akan dimaklon
  4. Lengkapi persyaratan maklon
  5. Lakukan pembayaran
  6. Adev akan produksi massal produk anda
  7. Anda akan menerima produk kosmetik siap jual sesuai brand anda

Semoga artikel ringkas tentang Cara Jadi Owner Brand Kosmetik ini bermanfaat buat anda

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Tim Bakti.id. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.