Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Desain Toko Online Anda dengan Menggunakan WordPress WooCommerce. Ya, pada era kekinian seperti saat ini, bukanlah merupakan hal yang sulit untuk membuat dan membangun toko online Anda.

Meskipun tidak menguasai bahasa pemrograman, Anda sekarang diuntungkan sekali dengan perkembangan website-website yang semakin canggih tetapi user friendly.

Kita bisa membuat toko online memakai WordPress. Iya, dengan menggunakan WooCommerce.

Kombinas wordpress dan woocommerce membuat kita bisa berjualan secara online dengan berbagai fitur lengkap serta tampilan atau desain situs yang profesional. Dalam pembahasan berikut kita akan mendapatkan penjelasan mengenai WordPress WooCommerce.

WooCommerce adalah sebuah plugin atau alat bantu pada WordPress. WoooCommerce memberikan solusi berupa platform online builder terbaik.

Plugin Terbaik Toko Online

Plugin ini sebenarnya bersifat open-source sehingga Anda sebagai khalayak umum bisa berkontribusi dalam pengembangannya. Platform ini bisa Anda kustomisasi secara bebas sesuai dengan keperluan bisnis Anda.

WooCommerce ini memungkinkan Anda untuk dapat mengubah blog pada WordPress biasa menjadi satu toko online yang canggih. Tentu saja harus menggunakan juga plugin tambahan lainnya.

Kombinasi antara WordPress WooCommerce ini bisa membuat Anda dengan mudah untuk membuat toko online.

Produk Terbaik

Anda harus mempersiapkan produk yang akan Anda jual nantinya karena jenis produk yang Anda jual tentu akan mempengaruhi konsep dari toko online Anda, baik dari segi desain dan dari segi fungsionalnya. Melalui WooCommerce, Anda bisa menjual produk fisik, jasa, dan produk digital. Semua bergantung pada preferensi atau keinginan Anda dalam membuat sebuah toko online.

Domain dan Hosting

Sekarang sudah banyak sekali penyedia layanan domain dan hosting dengan harga yang cukup terjangkau dan mudah dalam proses penginstalan WordPress.

Theme Toko Online

Theme pada WordPress merupakan salah satu aspek paling penting saat membuat toko tersebut. Anda bisa memilih theme yang memiliki tampilan yang bagus serta fitur yang lengkap sehingga memberikan tampilan yang cukup menarik dan terlihat profesional.

Anda bisa memakai thema Storefont untuk memulai pembuatan toko online Anda. Theme ini merupakan theme resmi dari WooCommerce yang bisa Anda peroleh melalui dashboard WordPress Anda.

Optimasi Fitur

Manajemen Produk

Dengan toko online menggunakan wordpress dan woocommerce kita bisa memuat berbagai jenis produk, baik itu produk fisik atau produk digital.

Lakukan kustomisasi dengan lebih leluasa terkait produk dengan menambahkan berbagai atribut tertentu seperti ukuran, harga, warna, dan lain-lain. Bisa juga memasukkan harga promo/diskon jika ingin menurunkan harga atau inventory.

Jalur Pembayaran

WooCommerce menyediakan berbagai jalur pembayaran seperti PayPal, Transfer Bank, dan Cash on Delivery. Anda juga bisa mengintegrasikan dengan berbagai payment gateway lain.

Manajemen Pesanan

Kita bisa melakukan pengawasan order atau pesanan pelanggan. Bisa juga membuat offline order secara manual sehingga bisa memudahkan pelanggan.

Perjalanan Berbelanja

Perjalanan transaksi para pelanggan di WordPress WooCommerce berawal dari memasukkan produk yang diinginkan ke dalam Cart atau keranjang belanja lalu kemudian melakukan Checkout.

Pelanggan Anda bisa membuat akun mereka sendiri supaya bisa mengawasi orderan mereka. Jadi, perjalanan berbelanja di WooCommerce sama saja dengan toko e-commerce raksasa seperti Tokopedia, BukaLapak, dan sebagainya.

Laporan Penjualan

Anda bisa mendapatkan laporan penjualan dengan sangat mudah. Jika Anda menganggap laporan penjualan bawaan terlalu sederhana, Anda dapat menambahkan extension laporan ke dalam bentuk CSV atau dokumen excel.

Anda bisa melihat laporan laba rugi Anda pada fitur WooEcommerce cost of good.

Pengiriman

Anda bisa menambahkan harga ongkir suatu barang secara manual maupun otomatis mengintegrasikan dengan aplikasi lain seperti raja ongkir. Bisa menambah ekstension alternatif untuk memudahkan. Kalkulasi ongkos kirim menggunakan Woo Ongkir.

Ada banyak fitur lain yang bisa Anda gunakan dan tambahkan untuk membuat toko online WordPress WooCommerce Anda semakin bagus.

Terpopuler

Leave a comment

Tinggalkan Balasan