7 keuntungan menggunakan instagram sebagai medi marketing | Photo by Daria Shevtsova on Pexels.com

Instagram Sebagai Media Marketing. Dunia digital semakin hari semakin mengalami kemajuan yang sangat pesat. Terutama konsumsi dan penggunaan masyarakat dalam memanfaatkan sosial media.

Salah satu sosial media yang sangat banyak dimanfaatkan adalah instagram. Pemanfaatan media sosial yang satu ini pada awalnya hanya sebagai wadah untuk mengekspresikan diri dalam bentuk foto dan video.

Namun semakin berkembangnya zaman, instagram sudah beralih fungsi. Kegunaan instagram saat ini sudah mengalami perkembangan tidak hanya untuk mengupload foto dan video saja, tetapi juga digunakan sebagai sarana marketing.

7 Benefit Instagram Sebagai Media Marketing | Photo by Lisa Fotios on Pexels.com

Awalnya instagram resmi dirilis pada tahun 2010. Saat ini jutaan orang di dunia menggunakannya. Salah satu pemanfaatan instagram sebagai media marketing dilakukan oleh berbagai pelaku bisnis online shop.

Semakin banyaknya pengguna instagram, membuat berbagai macam jenis bisnis online shop semakin gencar melakukan strategi marketing dengan menggunakan media sosial yang satu ini.

Baca Juga: Social Media Marketing

Menggunakan instagram akan banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan:

1. Pengguna yang semakin banyak

Setiap hari, pengguna instagram selalu mengalami peningkatan. Peningkatan ini banyak ditemukan dari strategi marketing yang dilakukan para pelaku bisnis online shop. Hampir seluruh barang yang ditawarkan selalu menggunakan link yang tertuju pada instagram.

Mau tidak mau para konsumen yang tidak memiliki instagram akan menggunakannya saat itu juga untuk mengetahui apa yang mereka inginkan.

2. Dapat dikoneksikan  dengan media sosial yang lain

Pengguna instagram sebagai media marketing akan sangat beruntung, sebab instagram dapat ditautkan dengan media sosial yang lain seperti facebook atau whatsapp.

Sebagai strategi marketing ini sangat efektif dan hemat waktu, mengingat dalam prosesnya anda hanya perlu posting sekali dan bisa anda tautkan di media sosial yang lain.

Baca Juga: Bisnis lewat Facebook

3. Optimasi foto dan video

Instagram merupakan salah satu media sosial yang tidak akan memberikan batasan ukuran foto dan vidio yang anda upload. Sehingga untuk marketing, sangat efektif sebab para konsumen akan mendapatkan view barang yang anda tawarkan dengan kualitas terbaik.

Terlebih jika barang yang anda tawarkan memiliki detail khusus, maka para konsumen akan termanjakan dengan kejelasan dari foto dan vidio yang anda promosikan.

4. Gratis

Biasanya jika anda menggunakan jasa iklan untuk promosi, anda akan dikenakan biaya sewa yang cukup mahal. Tetapi dengan menggunakan instagram, anda bebas melakukan promosi sebanyak apa pun, di mana pun dan kapan pun.

Instagram seolah-olah akan menjadi surga bagipara pelaku bisnis online shop sebab menawarkan sebuah keuntungan marketing gratis tanpa biaya.

5. Mudah digunakan

Layaknya modia sosial yang lain. Instagram sebagai media marketing juga tidak begitu sulit untuk digunakan. Anda bisa dengan mudah upload foto, video secara langsung.

Fitur like dan komentar juga tersedia sehingga anda akan lebih mudah dalam melihat respon setiap postingan yang anda buat.

Untuk pencarian sendiri juga sangat mudah, anda hanya perlu klik di pencarian dengan menggunakan hastag, maka apa yang anda cari akan mudah untuk anda temukan.

Baca Juga: Strategi Twitter Marketing

6. Memudahkan promosi

Saat ini promosi via instagram berkembang jauh lebih mudah, dengan adanya jasa endors atau juga bisa menggunakan hastag. Selain itu ada fitur terbaru yang sudah ramai digunakan yaitu instagram ads, dimana anda bisa memasang iklan tentang barang yang anda tawarkan agar lebih mudah diketahui oleh calon konsumen anda.

7. Makin rajin kian memikat

Satu catatan saat anda menggunakan instagram sebagai media marketing adalah, anda harus telaten dan rajin dalam mengupload foto maupun vidio sebagai media promosi. Sebab update yang anda lakukan tentu akan membuat followers anda juga semakin penasaran dan tertarik dengan apa yang anda tawarkan.

Baca Juga: Strategi Digital Marketing

Itulah 7 benefit menggunakan instagram sebagai media marketing. Fungsi utama instagram yang sebenarnya bukanlah sebagai tempat untuk jual beli. Namun tidak ada salahnya jika anda melek teknologi dan memanfaatkan instagram sebagai media marketing.

Dengan begitu anda tidak akan ketinggalan zaman, dan anda justru akan terlihat lebih profesional dalam penawaran barang. Untuk memudahkan para konsumen menghubungi anda, ada baiknya anda selalu menyertakan nomor kontak pada setiap promosi atau penawaran yang anda buat.

Terpopuler

Leave a comment

Tinggalkan Balasan