Site icon Digital Marketing Insight

Cara Memaksimalkan Iklan di Facebook, Kuasai 5 Hal Penting Ini

Panduan Digital Marketing Dengan Facebook

Panduan Digital Marketing Dengan Facebook

Cara memaksimalkan iklan di Facebook. Bisnis online, lembaga sosial, maupun instansi pemerintah kerap memanfaatkan facebook untuk memasarkan produk, jasa, atau iklan layanan masyarakat.

Digital marketer menyukai facebook karena beragam fitur gratis maupun berbayar yang ditawarkan.

Pertama-tama kita perlu memahami fitur-fitur yang ditawarkan agar aktivitas digital marketing dengan facebook berjalan lancar dan hasilnya optimal.

Untuk itu kita harus mengenal dengan baik dan memahami bagaimana menggunakan fitur gratis maupun berbayar dari platform ciptaan Mark Zuckerberg.

Karena Facebook sangat mudah digunakan. Itulah mengapa popularitasnya paling tinggi di antara platform sosial media lainnya.

Penggunanya beragam secara demografi, profesi, maupun kepentingan, termasuk kamu, bukan?

Organik vs berbayar

Setelah punya akun facebook, punya teman, berbagi cerita lewat postingan.

Bila ingin memanfaatkan facebook untuk aktivitas digital marketing atau bisnis atau kampanye sosial maupun politik, perlu punya halaman atau fanpage facebook.

Setelah punya fanpage facebook segera mempercantik tampilannya dan rajin memposting.

Postingan bisa rutin dilakukan misalnya setiap hari, setiap minggu atau beberapa hari sekali dalam satu minggu.

Bisa pula membagian postingan dalam event-event tertentu. Postingan di fanpage tampil di lini masa orang-orang yang telah memberikan like atau menjadi follower. Bisa juga muncul di lini masa orang-orang yang membagikan postingan tersebut.

Hal semacam ini adalah impresi atau jangkauan organik.

Reach atau impresi organik adalah jangkauan yang bersifat gratis. Jangkauan organik tinggi terjadi pada konten yang viral. Tentu saja tidak semua konten bisa viral.

Nah, bila jangkauan organik terbatas dan ingin menjangkau target audiens yang lebih luas maka perlu iklan berbayar.

Seni bagaimana mengoptimalkan jangkauan organik dan berbayar ini merupakan esensi panduan digital marketing dengan facebook.

Facebook menawarkan fitur iklan untuk membantu pemilik fanpage meluaskan jangakauannya ke target dengan persona tertentu yang telah ditetapkan.

Fitur Iklan di Facebook

  1. Meningkatkan jumlah pengikut (like)
  2. Display produk dan jasa ke audiens tertarget
  3. Call to action mengunjungi lokasi
  4. Meningkatkan kunjungan ke situs web

Tujuan utama beriklan di facebook adalah menjangkau orang-orang yang tepat sesuai buyer persona produk atau jasa. Fitur penargetan sangat lengkap sehingga memudahkan pengiklan menentukan targetnya lebih akurat.

Bagaimana mempromosikan Fanpage Facebook?

Cara mempromosikan fanpage facebook sangat mudah. Facebook menyediakan beberapa jenis iklan fanpage. Menambah like fanpage. Mempromosikan postingan konten agar menyukai, mengomentari, dan membagikan.

Menarik viewer ke situs web atau blog. Mendorong pelanggan mengunjungi alamat. Mendorong pelanggan mengirimkan pesan whatsapp. Saat ini AI Facebook sudah sangat pintar sehingga memungkinkan melakukan semuanya otomatis.

Tak lama setelah kita memposting konten di fanpage muncul rekomendasi konten yang performanya secara organik bagus dan akan lebih bagus lagi bila diikalnkan. Fb memunculkan tombol promosikan postingan pada konten sejenis ini.

Cara memaksimalkan iklan di facebook

Fb menyediakan sejumlah tempat untuk menampilkan iklan. Platform tersebut menyarankan agar pengiklan mengaktifkan penempatan otomatis. Mereka yang akan mengoptimalkan penempatannya.

Namun demikian, pengiklan bisa memilih sendiri mau dipasang di mana iklannya. Caranya dengan menontaktifkan automatic placements atau penempatan otomatis.

Pilihan penempatan yang disediakan Facebook antara lain Destop News Feed, Mobile News Feed, Facebook Stories, Mobile Marketplace, Instagram Stories, Instagram Feed.

Fitur Penting FB Ads Buat Pemula

Fecebook memberikan panduan untuk pemula memulai beriklan untuk digital marketing melalui fanpage. Iklan melalui halaman lebih mudah karena sudah dituntun langkah-langkahnya bagaimana mengakses cara pembuatan, mengedit, dan melihat hasil iklan secara otomatis.

Jenis-jenis iklan yang telah diuraikan di atas akan ditampilkan saat kita mulai membuat iklan dari fanpage fb. Memang opsinya terbatas, ya namanya buat pemula kan penting untuk mengenal terlebih dahulu.

Aplikasi Pengelola Iklan Facebook Ads

Bila sudah lancar menggunakan fitur-fitur dalam fanpage dan ingin beriklan yang lebih tercustomize silakan pakai fitur pengelola iklan. Fb juga menyedikan aplikasi yang bisa didownload melalui gadget kesayangan anda (tersedia Android dan iOS).

Aplikasi pengelola iklan ini lebih kompleks. Semua iklan termasuk yang dibuat dari fanpage bisa dikelola dalam aplikasi ini. Anda bisa mengelola seluruh fanpage dari sini.

Tips Menulis Facebook Ad Copy

Ikat teks Anda dengan visual Anda

Salinan dan gambar Anda harus menceritakan kisah Anda satu per satu, tetapi juga saling melengkapi.

Buat iklan yang berbeda untuk orang yang berbeda

Sesuaikan pesan kampanye iklan Anda dengan segmen audiens Anda dengan iklan terpisah.

Bicaralah dengan audiens Anda

Tentukan siapa yang menjadi ciri penonton Anda dan tulislah seperti Anda sedang berbicara kepada mereka.

Dapat dikenali

Gunakan nada yang sama di seluruh saluran, sehingga pemirsa mengenali pesan Anda
tidak peduli di mana mereka membacanya.

Tetap pendek dan manis

Putuskan satu hal yang Anda ingin orang ketahui dan katakan.

Tetap berpegang pada satu ajakan bertindak

“Belanja sekarang” atau “Pelajari lebih lanjut”. Bukan “Belanja sekarang! Hubungkan di sini! Belajarlah lagi!”

Sebutkan harga (jika sesuai)

Daftar harga dapat memotivasi orang untuk membeli.

Sertakan jangka waktu

Menggunakan kata dan frasa yang menunjukkan waktu, seperti “hari ini”, “sekarang” atau “minggu ini”, dapat menambah rasa urgensi

Tips memilih image

Tunjukkan bagian menarik dari bisnis Anda

Tarik perhatian orang-orang dengan gambar orang, produk, dan lingkungan Anda.

Hindari elemen gambar yang mengganggu, seperti pencahayaan yang buruk

Anda ingin orang memperhatikan gambar Anda, bukan kualitas gambar Anda.

Cocokkan gambar Anda dengan pesan Anda

Gambar dan kata-kata Anda harus menyampaikan pesan Anda secara individual tetapi juga melengkapi satu sama lain.

Gunakan gambar yang memicu emosi

Emosi adalah alat yang ampuh untuk terhubung dengan audiens Anda.

Gunakan gambar yang mencerminkan merek Anda

Sertakan warna merek atau produk Anda di gambar Anda.

Tetap konsisten

Gambar iklan harus terlihat dan terasa sama di seluruh saluran sehingga pelanggan mengenali Anda pesan.

Segarkan gambar Anda

Kampanye iklan membosankan seiring waktu, jadi tinjau performa dan perbarui gambar Anda saat Anda melihat kinerja iklan menurun.

5 Langkah Cara Memaksimalkan Iklan di Facebook

1. Buka fanpage, klik tombol create ad

Setelah klik tombol create ad muncul pilihan tujuan iklan anda. Misalnya, ingin menaikkan visitor website, silakan pilih Lebih Banyak Pengunjung Situs Web.

2. Tambahkan gambar dan teks untuk iklan

Facebook biasaya menyarankan gambar, foro, atau teks. Kita bisa mengubahnya sesuai yang diinginkan. Sebaiknya teks pendek, sederhana, dan menarik. Kita perlu menguasai teknik copywriting untuk ini.

3. Tentukan target sesuai buyer persona

Silakan beritahu facebook siapa saja target pelanggan anda. Bisa menentukan secara rinci dari usia, baru saja ngapain, baru beli apa, domisili di mana, pekerjaannya apa, hingga apakah dia baru saja beli barang atau jasa secara online. 

4. Tentukan anggaran

Facebook memberikan batas minimal beriklan sangat terjangkau. Kita bisa menentukan berapa budget sehari, berapa lama iklan berjalan, dan alokasi anggaran totalnya.

5. Pilih cara membayar

Ada pilihan membayar otomatis melalui kartu kredit atau bisa juga menyetorkan deposit ke akun ads dari kartu debit atau kartu kredit. Setelah cara membayar dipilih, artinya settingan iklan selesai dan menunggu peninjauan dari pihak facebook.

Setelah iklan dibuat memang tidak langsung tayang, tapi menunggu review dari facebook. Bila iklan disetujui maka akan segera tayang, tapi kalau tidak disetujui akan diberikan alasannya dan saran untuk memperbaikinya.

Bila iklan sedang berjalan dan anda tidak puas dengan performanya atau kurang sreg atau ada typo misalnya, bisa mengedit atau menjedanya.

Demikianlah artikel tentang panduan digital marketing dengan facebook. Semoga bermanfaat untuk pembaca dan bila ada masukan dan saran silakan tuliskan di kolom komentar di bawah.

Materi belajar dari facebook blueprint dan jangan tersesat, inilah link facebook bisnis yang benar.

Exit mobile version