Tumbuh kembang janin di dalam kandungan adalah salah satu hal yang juga paling rentan. Kerentanan tersebut bisa berpengaruh terhadap segala hal yang ditimbulkan karena faktor genetik atau pun dari pola hidup ibu hamil dan keluarga. Semua hal tersebut bisa saja berakibat gangguan pada perkembangan janin saat ini.

Bayi yang lahir dalam kondisi yang sehat dan normal tentunya merupakan dambaan dari setiap ibu hamil saat ini. Tentunya, untuk bisa menjaga kesehatan pada bayi tersebut ada berbagai macam cara yang bisa Anda tempuh.

Selain dari cara medis, dari tradisi yang berhubungan dengan kehamilan yang berkembang di masyarakat pun kerap kali dilakukan, di mana hal tersebut memang dilakukan untuk menjaga kondisi janin di dalam kandungan agar tetap sehat hingga lahir nantinya.

Photo by Iamngakan eka on Pexels.com

Secara medis sendiri, tradisi atau adat tersebut tentunya ada yang bisa diterima, ada yang masih dalam penelitian oleh para ahli medis, dan ada juga yang serta merta ditolak. Pasalnya, beberapa tradisi tersebut memang sangatlah bertolak belakang dalam menjaga kondisi kesehatan selama hamil.

Namun, untuk Anda para ibu hamil yang memang ingin menjaga masa kehamilan dalam kondisi sehat, maka langkah sederhana yang harus dilakukan itu adalah menjaga asupan nutrisi sehari-hari.

Dengan menjaga asupan nutrisi  dari makanan yang dikonsumsi, tentu bisa membantu dalam menjaga tumbuh kembang janin selama masa kehamilan hingga lahir nantinya.

Akan tetapi, tidak semua makanan itu cocok untuk ibu hamil. Meskipun makanan tersebut sebelumnya adalah makanan favorit dan menjadi makanan yang Anda konsumsi setiap hari.

Tapi, di saat hamil ada berbagai makanan yang perlu dihindari dan menjadi pantangan untuk ibu hamil. Berdasarkan hal tersebut, maka kami akan membantu untuk memberikan informasi seputar pantangan makanan untuk para ibu hamil, agar bisa tetap menjaga kondisi kesehatan kehamilannya.

Pantangan makanan untuk ibu hamil

Untuk Anda para ibu hamil, sebaiknya memperhatikan beberapa makanan di bawah ini. Karena, makanan-makanan berikut ini bisa berdampak terhadap kondisi kehamilan Anda yang bisa terganggu tersebut.

Seperti apa makanan tersebut?

Apakah memang itu ada pada daftar makanan kesukaan Anda?

Silahkan Anda simak sendiri berikut ini:

  1. Tape

Di dalam tape terdapat banyak kandungan alkohol yang cukup tinggi, di mana alkohol tersebut tentunya sangat tidak baik untuk ibu hamil.

  1. Makanan yang setengan matang

Makanan yang dimasak setengah matang berpotensi masih menyimpan bakteri atau virus seperti salmonella, sehingga tidak diperbolehkan untuk ibu hamil konsumsi.

  1. Sushi
Photo by Vinicius Benedit on Pexels.com

Makanan setengah matang saja tidak boleh, apalagi makanan mentah seperti sushi ini. Walaupun, memang makanan ini cukup enak dan lezat disantap, tapi ibu hamil sebaiknya menghindari mengkonsumsi makanan ini.

  1. Daging dengan lemak yang banyak

Kandungan lemak yang banyak pada daging ini sangatlah tidak baik untuk ibu hamil, karena bisa menimbilkan kolesterol dan juga gangguan kesehatan lainnya.

  1. Sayur Nangka Muda

Sayuran memang biasanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, tapi berbeda dengan sayur nangka muda ini. Di mana jenis sayuran yang satu ini memiliki getah yang cukup banyak, sehingga tidak baik untuk ibu hamil, dengan resiko alergi, seperti gatal-gatal.

  1. Seafood

Tidak semua seafood, tapi rata-rata seafood memang tidak baik untuk ibu hamil. Di mana di dalamnya itu bisa terdapat kandungan berupa zat merkuri dan lainnya. Apalagi kalau seafood tersebut tidak dimasak seperti tiram, yang biasanya dihidangkan dalam kondisi masih segar, tanpa dimasak sama sekali.

  1. Keju

Keju adalah olahan dari susu yang memang memiliki banyak kandungan gizi untuk tubuh. Tapi, untuk ibu hamil sendiri, keju ini termasuk makanan pantangan karena, proses pembuatan dari keju tersebut dilakukan tanpa pasteurisasi pada susu terlebih dulu. Jadi, keju tersebut tentunya beresiko memiliki kandungan bakteri di dalamnya.

  1. Makanan yang mengandung pemanis buatan

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan pemanis buatan bisa beresiko membuat sistem saraf bayi terganggu, jantung dan paru-paru tidak berkembang sempurna, seta infeksi dan juga kanker saluran kemih pada bayi bisa terjadi.

  1. Makanan yang memiliki kandungan pengawet tinggi

Makanan seperti mie instant dan makanan yang dalam bentuk kalengan atau instant tersebut tentunya memiliki kandungan pengawet di dalamnya. Kalau sedikit sih tidak masalah, tapi kalau kebanyakan bisa berpengaruh terhadap otak si kecil nantinya.

Baca juga: Khasiat Susu Ini Sangat Dibutuhkan Orang Dewasa

Selain makanan di atas, ada juga beberapa buah-buahan yang menjadi pantangan untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil saat ini. Jenis buah tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Durian
  2. Nangka
  3. Nanas
  4. Pepaya Muda
  5. Buah yang Dikalengkan
  6. Buah yang Tidak Dicuci

Namun, ada beberapa jus buah untuk ibu hamil yang justru sehat dikonsumsi seperti jus bayam, timun, dan wortel. Selain sehat, jus buah tersebut juga memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan janis.

Nah, itulah beberapa makanan yang menjadi pantangan untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil. Di antara makanan tersebut, mungkin saja ada makanan kesukaan Anda yang dulunya hampir setiap dikonsumsi sebelum hamil.

Untuk sementara waktu, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi makanan tersebut selama masa hamil Anda ini. Agar kondisi Anda dan juga janin yang masih di dalam kandungan bisa terjaga dengan baik, hingga persalinan nantinya.

Semoga apa yang kami sampaikan di atas bisa cukup membantu ya!

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Tim Bakti.id. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.