Tips Aman Sebelum Kirim Dana di Situs Donasi Online

Berdonasi kini telah menjadi hal umum yang dilakukan masyarakat.

Bahkan menurut MasterCard, kegiatan ini semakin meningkat seiring bertambahnya situs donasi online.

Sifatnya yang lebih privat dan mampu menjangkau audiensi lebih luas pun berkontribusi dalam naiknya popularitas donasi online di Indonesia.

Kemudian, seakan tak mau kalah dengan startup khusus donasi, sejumlah lembaga non-profit menyediakan penggalangan dana dengan berbagai benefit lewat situsnya.

UNICEF merupakan salah satu contoh yang secara berkala menyelenggarakan donasi, baik yang sifatnya rutin setiap bulan maupun satu kali.

Dengan sumbangan yang Anda berikan, UNICEF dapat mengoptimalkan program-program mereka dalam membantu anak-anak yang membutuhkan.

Kiat aman berdonasi online

Meski mudah, donasi online ternyata masih mengundang keraguan, terutama dari orang-orang yang belum pernah melakukannya.

UNICEF sendiri transparan dalam membagikan alokasi dana, sehingga donatur dapat dengan mudah memantaunya. 

Namun, tak ada salahnya Anda hati-hati sebelum mengirimkan dana melalui situs donasi online Indonesia.

Caranya? Ikuti poin-poin penting berikut ini!

  • Pelajari profil dan informasi penggalangan dana yang dilakukan lembaga bersangkutan. UNICEF sendiri menyediakan daftar FAQs yang membantu Anda menemukan penjelasan yang paling umum ditanyakan dan hal-hal lain yang berkaitan dengan donasi mereka;
  • Menerima surel atau email yang mengatasnamakan lembaga atau perusahaan di bidang kemanusiaan? Sebelum membalas atau mengeklik tautan yang mereka kirimkan, cek dulu validitas alamat email yang tertera. Sejumlah oknum kejahatan sengaja membuat email yang mirip lembaga resmi untuk mengelabui Anda;
  • Untuk verifikasi pembayaran, pastikan situs sudah mengantungi sertifikat resmi dari bank atau perusahaan keuangan yang diajak kerja sama. UNICEF adalah salah satu lembaga yang berkolaborasi dengan bank-bank BUMN hingga MasterCard untuk melancarkan tahap pembayaran;
  • Jangan sesekali mengirimkan uang secara langsung lewat bank dari organisasi yang keberadaannya masih diragukan. Menyelenggarakan penggalangan dana di Indonesia harus mengikuti aturan dan prosedur yang diberlakukan. Jadi, bukan sembarang lembaga atau organisasi yang bisa menjalankan kegiatan tersebut.

Mudah-mudahan Anda dapat mengirim dana di situs donasi online dengan lancar!

Leave a comment

Tinggalkan Komentar Batalkan balasan