Penasaran enggak sih, berapa pendapatan Deddy Corbuzier setelah tayangan siaran langsung pertandingan catur antara Dadang Subur alias Dewa Kipes Vs GM Irene Kharisma Sukandar memecahkan rekor. Tayangan live itu memecahkan rekor live Youtube ditonton lebih dari satu juta pemirsa.

Lebih satu juta pemirsa menyaksikan pertandingan catur di channel Youtube Deddy Corbuzier. Dan video itu langsung merajai trending Youtube Indonesia dan kabarnya kini sudah tembus angka 10 juta tayangan.

Tentu dengan banyaknya penonton channel Youtube itu mengundang rasa penasaran, berapa sih cuan Deddy Corbuzier? Rasa penasaran Anda bisa terjawab setelah membaca artikel di kanal Teknologi dan Finansial di Jalantikus.com yang hari ini menjadi yang terpopuler.

Berapa jumlah pendapatan Deddy Corbuzier dalam tayangan Dewa Kipas Vs GM Irene akhirnya terkuak. Bukan angka pasti, tapi sebuah estimasi menggunakan metode teruji dari tools yang akan kita kupas dalam artikel ini. Baca sampai tuntas ya!

Rekor Live Dewa Kipas Vs Irene Sukandar

Dalam sehari saja diperkirakan mencapai setengah miliar. Estimasi pendapatan Deddy Corbuzier dalam satu hari saja, pada waktu pertandingan catur  Dadang Subur alias Dewa Kipas melawan GM Irene Kharisma Sukandar.

Itu menurut Social Blade. Aplikasi berbasis web browser yang menyediakan kalkulator menghitung estimasi penghasilan Youtuber. 

Live pertandingan catur Pak Dadang melawan Mbak Irene digelar pada Sore hari, 22 Maret 2021.

Tayangan pertandingan catur secara langsung itu ditonton hingga melewati angkat 1 juta penonton. Penonton terus bertambah  hingga usai live menjadi trending topic dan sudah 7 juta lebih.

Cuan Jumbo dari Live Dewa Kipas Vs GM Irene Sukandar

Mengutip data Kompas.com (23/3/2021) yang membeberkan hasil kalkulator estimasi Social Blade, estimasi pendapatan Deddy Corbuzier dalam satu hari pada waktu live itu saja, mencapai 2400-38.000 Dollar AS. Dikonversi dengan kurs Rp 14.500 per Dollar AS, setara Rp 34,8 juta hingga Rp 551 juta.

Basis estimasi yang dilakukan oleh Social Blade adalah menghitung CPM dalam range 0.25 – 4 Dollar AS. CPM (Cost Per Mille, mille = 1000 dalam bahasa Latin) atau biaya per 1000.

Menurut Google, CPM adalah metrik untuk mengukur jumlah uang yang dibayarkan pengiklan untuk menayangkan iklannya di Youtube. CPM berbasis pemutaran, artinya biaya yang dibayarkan pengiklan untuk 1000 pemutaran video yang menampilkan iklan. 

Argo masih berjalan. Penonton video siaran langsung itu terus tinggi karena kini memuncaki trending nomor 1 Youtube Indonesia. Penghasilan Youtube Deddy melalui Close The Door itu memang sangat tinggi di antara Youtuber tanah air.

Pendapatannya per bulan sekitar 22.300 – 357.500 Dollar AS atau setara Rp 323,35 juta – 5,183 miliar. Itu dikonversi dengan basis hitungan kurs Rp14.500 per dollar AS.

Estimasi pendapatan Youtube Deddy Corbuzier ini hanya iklan yang masuk dari Google Adsense. Belum termasuk iklan langsung yang masuk seperti kita lihat dalam siaran langsung itu ada sejumlah brand menjadi sponsor, misalnya saja Tokopedia.

Kejelian Deddy Corbuzier tangkap peluang

Catur mendadak trending. Itu semua tak lepas dari polemik yang ramai di kalangan netizen. Polemik  memang bikin makin laris hal ihwal mengenai isu yang bergulir.

Banyak pihak menilai Deddy sangat jeli melihat peluang dan memanfaatkan momentum itu. Tentu saja kepiawaiannya sebagai Youtuber kaya pengalaman dan juga modal bisa mengemas tayangan duel catur itu dengan sangat menarik.

Selain kemampuan menangkap peluang itu, Deddy juga sudah punya nama besar sih. Channel Youtube Close The Door Podcast itu sudah punya nama dan banyak konten menarik sehingga disukai pemirsa.

Pendapatan total Deddy dari channel Youtube itu estimasinya per bulan bisa menyentuh angka ratusan juta hingga miliaran. Dalam setahun diperkirakan bisa menyentuh angka miliaran.

Cara mengintip penghasilan Youtuber

Mengutip Jalantikus.com, adsense hanyalah salah satu sumber penghasilan Youtuber. Banyak Youtuber mengandalkannya meskipun itu bukan sumber penghasilan terbesar. Google adsense ini juga menjadi andalan para blogger.

Untuk mendapatkan penghasilan dari Adsense, Youtuber harus bergabung dalam Youtube Partner Program. Ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu memiliki 1000 subscriber dan 4 ribu jam tayang dalam jangka waktu 12 bulan.

Syarat daftar adsense Youtube punya minimal 1000 subscriber karena adanya perhitungan Cost Per Mille (CPM), yaitu biaya per 1000 view. Youtuber Indonesia standarnya memperoleh 0,5 Dollar AS atau sekitar Rp7.365 per 1000 view.

Penghitungan penghasilan Adsense Youtube juga mempertimbangkan Cost Per Click (CPC), yaitu biaya per klik. Jumlah klik per 1000 tayangan antara channel Youtube yang satu dan lainnya bisa berbeda.

Makanya kemudian ada metrik lain yaitu Revenue Per Impression (RPM). RPM ini bergantung pada jenis dan harga iklan yang ditayangkan, kualitas traffic, negara asal, kategori video, adblock, dan jumlah klik pada iklan.

Angka pastinya bisa dilihat di dashboard bila channel Youtube kalian sudah diterima Google Adsense. 

Namun demikian, kita bisa mengintip estimasi penghasilan channel Youtube orang lain melalui aplikasi berbasis web di Social Blade seperti yang digunakan di atas. Dengan Social Blade bisa mengestimasi berapa pendapatan Deddy Corbuzier dari live duel catur Dewa Kipas vs GM Irene.

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Tim Bakti.id. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.