Startup di bidang health tech SehatQ kembali mendukung percepatan program vaksinasi pemerintah dengan memfasilitasi pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong (VGR) di tiga provinsi Sumatra, yaitu Jambi, Riau, dan Palembang. 

Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk membangun kekebalan komunitas atau herd immunity, sekaligus memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Tanah Air.

Menurut Head of Corporate and Regulatory Affairs SehatQ, Pandu Budiarso, pembukaan sentra vaksinasi menjadi salah satu upaya penting untuk mengurangi laju penyebaran virus dan mengurangi lonjakan kasus yang pada akhirnya akan membawa kita keluar dari pandemi. 

Salah satu strategi pemerintah adalah mengupayakan ketersediaan vaksin dan mempercepat program vaksinasi lewat jalur VGR bersama badan usaha maupun perusahaan agar semakin banyak masyarakat yang terlindungi.

SehatQ menghadirkan tiga lokasi sentra vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kerja pabrik bekerja sama dengan tiga badan usaha setempat, yaitu PT. Lontar Papyrus Pulp and Paper Industry di Tebing Tinggi Jambi, PT. Indah Kiat Pulp and Paper di Perawang Riau, dan PT. OKI Pulp and Paper di Palembang. 

Pelaksanaan vaksinasi di sentra PT Lontar Papyrus Pulp and Paper Industry bertempat di Klinik Cipta Medika, Tebing Tinggi, Jambi yang dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 16-19 Juli 2021 menargetkan 300 orang per hari. 

Sementara itu, sentra vaksinasi di Perawang berlokasi di Klinik Pratama PT IKPP yang berlangsung selama 2 hari, yaitu pada tanggal 15-16 Juli 2021. 

Sedikit berbeda, pelaksanaan vaksinasi pada tenaga kerja pabrik PT OKI Pulp and Paper dilaksanakan pada 20-23 Juli 2021 di klinik Indah Medika OKI dengan menargetkan 1.000 orang. 

Dalam program VGR ini, SehatQ memberikan fasilitas berupa kemudahan pendaftaran secara digital bagi peserta, menghadirkan nakes sebagai vaksinator, serta memberikan konsultasi online melalui fitur Chat Dokter setelah vaksinasi. 

Penanganan COVID-19 membutuhkan peran serta dari berbagai pihak. Pelaksanaan sentra vaksinasi bersama SehatQ merupakan salah satu wujud nyata kontribusi dari para pelaku usaha untuk meringankan beban pemerintah provinsi dan pusat.

Pelaksanaan program vaksinasi gotong royong dapat menciptakan perlindungan tambahan bagi pekerja agar bisa beraktivitas secara aman dan nyaman. 

Kami berharap, pemerataan vaksinasi pada akhirnya dapat memberikan dampak positif terhadap pemulihan ekonomi di sektor industri wilayah Sumatra selama masa pandemi

Gadang Harto Hartawan, Head of Public Affair Department PT OKI Pulp and Paper.

Melalui program Vaksinasi Gotong Royong, SehatQ bersama PT Indah Kiat Pulp and Paper, PT Lontar Papyrus Pulp and Paper Industry, dan PT OKI Pulp and Paper senantiasa mendukung pemerintah untuk menekan kasus Covid-19 yang masih terus meningkat secara signifikan. 

Pelaksanaan Vaksin Gotong Royong di Tebing Tinggi turut dihadiri oleh Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, M.S, Kepala Dinas Kesehatan Tanjung Jabung Barat dr. Hj.Andi Pada, M.Kes., dan Ketua DPRD Tanjung Jabung Barat H. Abdullah, SE. 

Turut hadir pula Gubernur Provinsi Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si, Bupati Kabupaten Siak, Drs. H. Alfedri, M.Si., dan Kapolda serta Kapolres Kabupaten Siak pada pelaksanaan vaksinasi di sentra vaksinasi Perawang. 

Gubernur Riau mengatakan, lewat program gotong royong, dunia usaha membuktikan komitmennya untuk membantu pemerintah memperluas capaian distribusi vaksinasi Covid-19 hingga 1 juta dosis vaksin per hari, khususnya di luar area Jabodetabek.

Dengan begitu, pelaksanaan vaksinasi di lingkup industri yang menyasar karyawan dalam jumlah besar dapat mempercepat gerak sektor industri untuk memulihkan perekonomian Indonesia. 

Program vaksinasi ini bukan kali pertama bagi SehatQ. Hingga Juli 2021, SehatQ telah berkontribusi penuh pada delapan sentra vaksinasi yang tersebar di Tanah Air dengan berkoordinasi bersama pemerintah setempat. 

SehatQ adalah startup penyedia layanan kesehatan digital, yang berdiri pada November 2018. Dalam kurun waktu setahun, SehatQ kini melayani lebih dari 20 juta pengunjung setiap bulannya, dan merupakan situs kesehatan kedua terpopuler di Indonesia. 

SehatQ menyediakan layanan chat dan video chat dokter, toko vitamin dan obat online, menyajikan beragam informasi seputar kesehatan, obat-obatan, hingga fasilitas kesehatan serta dokter. SehatQ dapat diakses melalui website atau dengan mengunduh aplikasi di Google Playstore dan App store.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan