Iron Mask
Iron Mask Credit: Movie Signature

Iron Mask, Duel Jackie Chan Vs Arnold Schwarzenegger. Pernah mendengar atau menonton film The Iron Mask? Jika dilihat judulnya pasti akan teringat film The Man in the Iron Mask tahun 1998 yang dibintangi oleh Leonardo Dicaprio.

Tapi yang sedang heboh saat ini bukanlah itu, melainkan film yang dibintangi Jackie Chan dan Arnold Schwarzenegger. Netizen ramai-ramai memperbincangkan film ini hingga Iron Mask muncul dalam jajaran trending topic meskipun tanpa hashtag.

Pertarungan Jackie vs Arnold membetot perhatian dan ramai dibicarkan netizen. Film ini tayang di Rusia dan China dengan judul Viy 2 : Journey to China dan merupakan sekuel dari film Viy tahun 2014.

Baca juga: Film Mudik, Putri Ayudya dan Ibnu Jamil

Seperti apakah aksi Jackie Chan vs Arnold di film ini, yuk kita lihat jalan ceritanya.

Sinopsis Iron Mask Jackie Chan

Kisah The Iron Mask mengikuti penjelajahan Jonathan Green (Jason Flemyng) saat ia melakukan perjalanan dari Rusia ke China. Dalam perjalanan panjang tersebut Green bertemu naga, sihir-sihir hitam, dan raja naga.

Petualangan bermula saat Green bersama rekannya, Charles, mulai petualangan memetakan China. Dalam perjalanan mereka bertemu Cheng Lan (Xingtong Yao), seorang gadis China, yang kemudian direkrut untuk memandu perjalanan.

Kisah makin seru setelah mereka menemukan sebuah desa yang dikuasai oleh penyihir naga jahat. Penyihir ini memiliki kemampuan ajaib dari kekuatan naga.

Baca juga: Cerita Perjalanan dari Jakarta ke Washington

Green terketuk hatinya untuk membantu warga desa. Ternyata Chenglan merupakan seorang Putri. Chenglan berusaha menyelamatkan warga desa yang dieksploitasi oleh penyihir. Dia mencari bantuan dari sang Master (Jackie Chan) yang terkurung dalam penjara.

Rupanya di dalam penjara ada Arnold yang berperan sebagai James Hook, tentara Kerajaan Inggris yang bertugas menjadi penjaga penjara. Di dalam penjara itu duel dua legenda terjadi.

Pertarungan antara aktor seni bela diri China dengan aktor Terminator itu pun berlangsung dengan banyak efek CGI (Computer Graphic Image). Jackie Chan memperlihatkan kemampuan bertarung layaknya masih muda. Dia berhasil keluar dari penjara.

Beberapa waktu kemudian Jackie dan Arnold bertemu kembali. Namun kali ini keduanya tidak berdual. Yang tadinya saling berhadapan kemudian saling membantu untuk melawan penyihir jahat bersama-sama.

Pertarungan antara Jackie Chan (Master) vs Arnold Schwarzenegger (tentara Kerajaan Inggris) hanya berlangsung sebentar. Namun demikian, inilah yang ditonjolkan pada trailer dan berhasil menarik banyak penonton.

Jackie maupun Arnold memang bukan tokoh utama dalam film ini. Cerita aslinya tidak menggambarkan kedua tokoh tersebut secara langsung. Selain Green yang mendapatkan sorotan utama adalah Chenglan, Putri yang berusaha menyelamatkan warga desa.

Ternyata Iron Mask adalah

Kritikus menilai, film ini kurang memiliki banyak daya tarik. Dari segi CGI banyak sekali tampilan yang masih kurang sempurna. Koreografi pertarungan tampak biasa saja.

Ada banyak dialog komikal yang terasa dipaksakan. Banyak ide ingin dituangkan sekaligus. Akibatnya penonton seringkali merasa kesulitan untuk mengikutinya.

Plot cerita yang cukup membingungkan dengan adanya the Iron Mask yang menjadi teman satu sel Jackie Chan. Ternyata, identitas dari orang yang menggunakan topeng baja tersebut adalah Tsar Peter, Pemimpin Rusia yang saat itu digantikan oleh orang palsu. Sebenarnya tak ada hubungannya sama sekali dengan cerita utamanya dan justru dijadikan judul utama di trailer-trailer.

Namun demikian penampilan Jackie Chan dan Arnold Schwarzenegger yang sudah tersohor dengan nama besarnya tetap saja menjadi daya tarik yang cukup besar untuk disaksikan. Film ini sedang tayang di Mola TV.