Menguasai copywriting merupakan kewajiban bila ingin sukses pemasaran online. Sebab itu, agar sukses menjalankan digital marketing harus mau belajar copywriting.

Sebagaimana kita tahu dalam pemasaran offline ada seorang sales yang tugasnya menawarkan produk atau jasa ke prospek atau calon konsumen. Nah, dalam dunia online, tugas sales itu dilakukan melalui media tulisan, grafis, dan video.

Seorang copywriter bertugas membuat tulisan dalam sales letter, grafis, hingga video yang mampu menggerakkan orang untuk membeli barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Apa Itu Copywriting?

Copywriting adalah seni menulis yang bertujuan menarik respon pembacanya. Bukan hanya artikel, media copywriting juga dalam grafis maupun video.

Kita bisa menemukan contoh copywriting dalam website, landing page, iklan televisi, iklan banner, hingga narasi audio.

Narasi audio yang dibawakan seorang voice over dengan tone sedemikian rupa hingga membuat audiens tergerak melakukan apa yang ditawarkan adalah juga karya copywriting.

Belajar Copywriting Sebelum Ngiklan

Jualan online itu sukses tidaknya sangat tergantung kualitas copyriting. Tanpa copywriting yang winning, pelaku bisnis online bisa boncos karena iklannya tak menghasilkan revenue seperti harapan.

Nah, agar iklan efektif dan efisien, pelaku bisnis online perlu menguasai copywriting.

Belakangan ini banyak orang yang terjun dalam digital marketing. Motif dan alasannya beragam.

Ada yang memang sudah siap untuk terjun, ada pula yang terpaksa jualan online karena misalnya saja terkena PHK akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Belajar copywriting menjadi sebuah keharusan mereka yang terjun dalam digital marketing karena keterpaksaan.

Beda bila anda punya modal kuat, tentu saja masalah copywriting bisa diatasi dengan menggaji copywriter yang sudah jago atau memberikan pekerjaan kepada agensi periklanan.

Copywriting menentukan nasib bisnis online

Para mastah imers alias internet marketer senior menyebutkan kalau copywriting memliki peran 80% dalam bisnis. Artinya sangat menentukan.

Kalau belum mengusai copywriting dengan baik dan benar langsung ngiklan, yang ada bukannya untung dari bisnis online, justru boncos yang didapat.

Apa itu boncos? Iya, boncos bukan bahasa baku. Sepertinya sampai saat ini tidak ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Boncos istilah yang sering mengemuka di kalangan bisnis online kebalikan dari untung. Misalnya saja sudah mengeluarkan budget iklan besar tapi lead yang datang sepi sehingga jualan tak mencapai target.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan