Tertinggal Kuota? Daftar Prakerja Gelombang Terbaru Saja

Daftar Prakerja gelombang terbaru – Kartu Prakerja yang dirilis Pemerintah sudah memasuki gelombang 10. Setelah pendaftaran gelombang 9 ditutup pukul 12.00 WIB pada hari Senin, 21 September 2020 dengan kuota 800.000 perserta. Jadi, jumlah pendaftaran keseluruhan tercatat 5,4 peserta, dan menyisakan 200.000 kuota untuk gelombang 10.

Kartu Prakerja merupakan sebuah program bantuan berupa dana pelatihan ketrampilan dengan prioritas para pekerja yang terdampak langsung dari pandemi virus corona (Covid19), seperti yang terkena PHK. Bagi peserta yang lolos akan diberitahu melalui SMS yang terdaftar pada akun Prakerja, kemudian mengecek dashboard akun prakerja untuk pastikan dana pelatihan yang tersedia.

Manfaat dan Cara Daftar Prakerja Gelombang Terbaru

Program kartu prakerja diharapkan dapat membantu dan bermanfaat bagi tenaga kerja untuk meningkatkan keterampilan. Di masa ketidakpastian ekonomi akibat pandemi Covid19 tentu pelatihan yang meningkatkan skill, baik secara offline maupun online sangat membantu. Dengan kesempatan yang diberikan, tidak heran jika daftar prakerja gelombang terbaru akan semakin banyak peminatnya.

Manfaat yang dapat diperoleh adalah mendapat insetif bulan selama 4 bulan yang diberikan bertahap sebesar Rp 3.550.000,00 dengan rincian dana pelatihan, pasca pelatihan, dan intesif survei, kemudian untuk tingkatkan peluang karier sebab pelatihan memberikan sertifikasi keahlian sehingga dapat diperoritaskan dalam dunia kerja.

Baca Juga : Gelombang Baru Kontroversi Kartu Prakerja

Cara daftar prakerja gelombang terbaru tidak berbeda dari sebelumnya, yaitu masuk ke www.prakerja.go.id, siapkan KK, NIK, masukkan data diri lalu ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun, siapkan kertas serta alat tulis untuk tes motivasi dan kemampuan dasar secara online, klik “Gabung” sesuai gelombang dibuka, dan tunggu pengumuman melalui SMS.

Tips  Mudah Diterima Daftar Prakerja Gelombang Terbaru

Berkeinginan untuk mendaftar kartu prakerja, perhatikan dulu syarat yang harus dipenuhi, yaitu seorang WNI, berusia minimal 18 tahun, dan tidak sedang menempuh pendidikan formal seperti sedang sekolah ataupun kuliah. Setelah syarat dipenuhi agar mudah diterima pada saat mendaftar, maka ikuti tips berikut.

1. Persiapkan foto yang jelas

Agar mudah diterima pada waktu daftar prakerja gelombang terbaru harus siapkan foto yang jelas terlihat. Apabila menggunakan kamera HP saat foto usahakan memakai resolusi yang bagus. Kemudian foto KTP dan NIK juga harus terlihat jelas, jangan sampai buram karena akan menyulitkan proses pendaftaran.

2. Foto berukuran kurang dari 2 MB

Foto yang dipakai untuk mendaftar tidak boleh melebihi ukuran 2 MB. Jika masih berukuran lebih dari 2 MB sebaiknya diedit terlebih dulu. Sekarang sudah banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk menyesuaikan foto. Jangan sampai karena ukuran foto menjadikan gagal dalam mendaftar.

3. Pergunakan alamat Email dari Gmail

Siapkan Email dari Gmail terlebih dulu atau apabila belum memiliki alamat dari Gmail sebaiknya membuat dulu. Dengan menggunakan Email dari Gmail akan memudahkan dalam daftar prakerja gelombang terbaru karena proses pendaftaran akun serta login ke website lebih gampang serta lancar.

4. Daftar pada jam-jam sepi bukan sibuk

Usahakan untuk mendaftar pada saat jam sepi atau bukan pada jam sibuk. Dengan mendaftar pada jam sepi akan mendapatkan keuntungan dengan internet yang lancar dan mudah mengakses website. Tidak akan mudah jika mendaftar di jam sibuk karena akses lebih lambat dan akan terasa lebih lama menunggu layar terbuka.

5. Pengumuman Lolos Melalui SMS

Apabila syarat daftar prakerjasudah dipenuhi, maka tinggal menunggu pengumuman lolos atau tidak untuk mendapatkan kuota dalam program pelatihan ini. Dalam pengisian cara mendapatkan kartu prakerja, usahakan untuk teliti dan tidak terburu-buru.

Demikian uraian mengenai daftar prakerja gelombang terbaru berupa manfaat, cara, dan tips agar mudah dalam mendaftar program pelatihan dari Pemerintah sebagai upaya mengatasi dan memberikan solusi untuk lebih kreatif dan meningkatkan kesmpatan berkarir.

Tinggalkan Balasan