Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung.  Angka kasus positif pun terus melonjak tajam setiap harinya. Masyarakat terus dihimbau untuk menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) di mana pun mereka berada. 

Selain 3M, rutin berolahraga bisa membantu menjaga daya tahan ataupun imunitas tubuh di masa pandemi.

Selain di dalam ruangan, olahraga bisa dilakukan di tempat terbuka atau outdoor asalkan mematuhi protokol kesehatan yang ada. Berikut adalah lima pilihan olahraga outdoor untuk jaga imunitas versi PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk  (Tugu Insurance):

Berenang

Photo by Camila Cordeiro on Pexels.com

Berenang bisa memaksimalkan kinerja organ-organ tubuh, seperti paru-paru, otot kaki dan lengan hingga stabilitas jaringan syaraf.  Berenang dipercaya dapat memperkuat organ hati, jantung dan membantu mengecilkan perut ataupun membakar lemak jahat.

Saat berenang, seluruh organ tubuh bergerak dan hal ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta memberikan refreshment.

Jogging

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Lari santai atau jogging membantu meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan. Umumnya, seseorang melakukan jogging di pagi hari sebelum memulai aktivitas ataupun saat mengawali weekend agar sekaligus menghirup udara segar dan mendapatkaan sinar matahari yang baik untuk imunitas.

Bersepeda

Photo by Dorothy Castillo on Pexels.com

Tren bersepeda memang naik daun di masa pandemi. Saat ini, tidak jarang orang-orang bepergian ke kantor dengan bersepeda. Rutin bersepeda bisa memperkuat otot jantung serta mengurangi stres. 

Jangan lupa untuk selalu gunakan helm dan pelindung siku dan lutut untuk mengantisipasi kecelakaan. Serta pakai masker untuk mencegah penyebaran  Covid-19.

Baca juga: Cara Beli Asuransi Kesehatan Online

Outdoor Yoga

Photo by Gabby K on Pexels.com

Stres dapat berpengaruh daya tahan tubuh sehingga tubuh kita akan lebih rentan terserang penyakit. Sebagaimana diketahui, yoga bisa membantu mengurangi stres.

Tetapi, yoga sebenarnya bisa dilakukan di luar ruangan. Misalnya, di halaman rumah. Dengan ini, Anda bisa menghirup udara segar sambil berolahraga.

Mendaki Jarak Jauh & Pendek

Photo by Cliford Mervil on Pexels.com

Hiking ataupun Trekking  bisa menyehatkan jantung. Tak hanya itu, hiking bisa membantu mengendalikan berat badan serta meningkatkan kesehatan mental. Namun, pastikan untuk selalu berhati-hati saat mendaki gunung ataupun melakukan perjalanan ke hutan, goa dan curug.

Inilah lima jenis olahraga luar ruangan yang bisa membantu Anda untuk semakin bugar khususnya di masa pandemi Covid-19. Untuk melakukan kegiatan tersebut,  tetap perhatikan protokol Kesehatan dan keselamatan Anda.

Baca juga: Tips Memilih Asuransi Kesehatan Syariah Berkualitas

Untuk menambah rasa aman saat berolahraga, gunakan t fracture dari Tugu Insurance yang memberikan perlindungan asuransi patah tulang dengan harga terjangkau yakni mulai dari Rp4 ribuan per bulan.

Asuransi ini dapat menanggung biaya pengobatan baik secara medis maupun tradisional untuk tulang retak dan patah akibat kecelakaan pada saat melakukan aktivitas.

2 replies on “Tingkatkan Imunitas di era Pandemi Covid-19, 5 Pilihan Olahraga Outdoor”

Comments are closed.