Spek laptop oke buat home studio pemula seperti apa? Pertanyaan ini saya dapatkan di sebuah forum percakapan online. Si penanya sedang mencoba menjadi content creator dan ingin serius membangun channel di internet.

Sudah punya channel Youtube dan akun media sosial seperti instagram, facebook, dan twitter. Followernyasudah  lumayan banyak jadi ingin lebih serius mengembangkannya menjadi content creator dengan membuat home studio. Laptop menjadi salah satu kebutuhan utama.

Ada banyak laptop di pasaran. Tapi tidak semua sepknya pas untuk kebutuhan home studio. Tentu saja kita butuh spek laptop yang mumpuni. Bisa buat bekerja juga asyik buat menikmati hiburan kalau spek laptop oke.

Hiburan juga penting karena content creator perlu selalu menyegarkan inspirasinya. Jadi perlu laptop yang lancar buat muter streaming video dari saluran langganan favorit atau menikmati streaming siaran langsung.

Laptop untuk home studio harus berperforma bagus, siap mendukung multitasking. Laptop dengan spek mumpuni membuka aplikasi pengolah grafis. Juga tangguh untuk mengedit video dengan ukuran file besar.

Laptop untuk home studio juga harus kuat performa grafisnya. Laptop yang mampu menampilkan warna warni indah seindah warna aslinya.

ASUS VivoBook S14 S433

Asus VivoBook S14 S433 menjadi jawaban tepat untuk kebutuhan spek laptop oke buat home studio pemula dan profesional juga. Laptop baru keluaran perusahaan ternama yang telah memperoleh berbagai penghargaan skala global ini memang didesain untuk anak muda.

Asus tahu betul kebutuhan anak muda profesional. Dari sisi desain mengekspresikan jiwa muda. Dari sisi performa tangguh buat menulis artikel, menikmati hiburan, mengolah foto, mengedit video, bermain game esport.

Asus Vivobook S14 S433 memang dirancang khusus buat kawula muda. Desain memungkinkan penggunanya melakukan kustomisasi sebebas-bebasnya.

Laptop yang baru dirilis pada 8 Mei 2020 ini menawarkan empat pilihan warna. Indie Black, Gaia Green, Dreamy Silver, dan Resolute Red. Warna Gaia Green atau Resolute Red bisa menjadi pilihan buat yang memiliki kepribadian berwarna dan tegas. Varian warna Dreamy White atau Indie Black bisa menjadi pilihan mereka yang suka dengan desain yang lebih elegan.

Sepintas pandang tampak sangat sederhana. Di bagian belakang layar hanya terdapat tulisan “ASUS VivoBook”, bukan di tengah tapi di samping sehingga ada ruang kosong atau “negative space” dalam istilah desain. Ini dimaksudkan agar pengguna bisa mempersonalisasi lebih jauh.

Pengguna VivoBook S14 S433 bisa menempelkan berbagai macam stiker pada negative space tersebut. ASUS memberikan stiker dengan desain ekslusif di paket penjualan laptop dengn spek mantap ini.

Notebook berlayar 14 inci ini berbodi sangat tipis dan ringan. Lebih mungil bila dibandingkan laptop berlayar 14 inci lainnya. Bobotnya hanya 1,4 kilogram dan ketebalannya hanya 15,9mm. Sangat pas untuk kebutuhan anak muda jaman now dengan mobilitas tinggi. Mudah dibawa menggunakan tas berukuran kecil sekalipun.

Soal warna sangat menakjubkan. Layar VivoBook S14 mampu mereproduksi warna pada color space sRGB hingga 100 persen. Ini kunci untuk spek laptop buat home studio. Selain itu layarnya juga memiliki sudut pandang lebar, yakni hingga 178 derajat.

Fingerprint Windows Hello

ASUS VivoBook S14 (S433) dilengkapi fitur Windows Hello di Windows 10

Ini laptop modern, dilengkapi berbagai fitur terbaik di kelasnya. Ada fingerprint atau pembaca sidik jari yang telah terintegrasi dengan fitur Windows Hello di Windows 10.

Apa itu Windows Hello? Windows Hello adalah fitur yang memudahkan pengguna masuk ke dalam sistem tanpa harus mengetikkan password. Ini keistimewaan VivoBook S14 S433. Selain dapat login lebih  cepat dan praktis, Windows Hello juga membuat laptop lebih aman karena tidak sembarang orang dapat mengaksesnya.

Fitur audio premium bersertifikasi harman/kardon juga telah ditanamkan dalam laptop ini. Bakal bikin makin oke home studio kamu dengan VivoBook S14 S433.

Jaman now semua butuh konektivitas terbaik. VivoBook ini telah dilengkapi modul WiFi 802.11ax atau WiFi 6 yang merupakan teknologi data nirkabel generasi terbaru. WiFi 6 menjanjikan kecepatan transfer data yang lebih tinggi yakni hingga tiga kali lipat, kapasitas jaringan hingga empat kali lipat lebih banyak, dan latency hingga 75 persen lebih rendah.

Konektivitas lainnya ada beragam port, yaitu USB 3.2 (Gen 1) Type-C yang menjanjikan kecepatan transfer data lebih baik.

Performa terbaik spek laptop oke

VivoBook S14 S433 menggunakan PCIe SSD berkapasitas 512GB. SSD ini khusus dari Intel yang telah dilengkapi dengan Optane memory berkapasitas 32GB, bikin performa secara keseluruhan lebih kencang.

Performa baterai juga sangat menjanjikan. Mengadopsi baterai 50Whrs, lebih besar dibandingkan laptop sekelasnya.

Notebook berukuran 14 inch ini menggunakan 10th Gen Intel Core yang hemat daya dengan dukungan fitur premium seperti fingerprint sensor, teknologi fast charging, serta backlit keyboard.

ASUS telah menghadirkan tipe VivoBook yang paling trendy dengan performa terbaik dan hadir dengan prosesor Intel Core 10th generation.

Ada dua varian CPU yang bisa kamu pilih, yaitu Intel® Core i5-10210U Processor 1.6 GHz (6M Cache, up to 4.2 GHz) atau Intel® Core i7-10510U Processor 1.8 GHz (8M Cache, up to 4.9 GHz).

Mantap ya. Sepk laptop oke banget. Sangat trendy dengan performa tangguh. VivoBook S14 (S433) pilihan terbaik buat kamu yang sedang butuh spek laptop buat home studio.

Main Spec.ASUS VivoBook S14 S433
CPUIntel® Core i5-10210U Processor 1.6 GHz (6M Cache, up to 4.2 GHz)
Intel® Core i7-10510U Processor 1.8 GHz (8M Cache, up to 4.9 GHz)
Operating SystemWindows 10
Memory8GB DDR4 RAM
Storage512+32GB M.2 PCIe NVME Intel Optane SSD
Display14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare, 100% sRGB, 250 nits
GraphicsNVIDIA GeForce MX250 Intel UHD Graphics
Input/Output1x USB 3.2 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.2 (Gen1) Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI, 1x Audio Jack, 1x MicroSD Card Reader
CameraHD Web Camera
ConnectivityWi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
AudioBuilt-in speaker certified by harman/ kardon, built in microphone
Battery50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension32.4(W) x 21.3(D) x 1.59 ~ 1.59 (H) cm
Weight1,45Kg
ColorsGaia Green, Resolute Red, Dreamy Silver, Indie Black
PriceRp13.999.000 (Intel Core i5 variant)
Rp15.999.000 (Intel Core i7 variant)
Warranty2 tahun garansi global