Peran wanita dulu dan sekarang baik secara individu maupun sosial sangatlah berbeda jauh. Dulu wanita hanya sekedar berperan minor dalam strata sosial dan hampir seluruh aktivitasnya berputar di lingkungan rumah saja.

Namun sekarang di era di mana emansipasi wanita sangatlah vokal terdengar, kini peran wanita meningkat drastis dan sudah bisa dibilang setara kedudukannya dengan kaum lelaki.

Hal ini terbukti dengan sudah banyaknya wanita yang sukses dengan karir dan usahanya, bahkan tak sedikit wanita yang sukses menyeimbangkan karir dan kehidupan keluarganya sendiri.

Tapi yang jadi pertanyaan sekarang adalah mampukah wanita Indonesia menemukan sekaligus mengembangkan potensi diri?

Secara teori memang banyak sekali buku-buku yang mengajarkan bagaimana mengemabngkan potensi diri untuk meraih kesuksesan tapi pada kenyataannya tidak semudah yang buku katakan.

Tak perlu khawatir, karena sebenarnya kunci untuk mengembangkan potensi diri bisa kamu lakukan. Cukup pahami dan terapkan, maka tak menutup kemungkinan pintu kesuksesan akan terbuka lebar untukmu.

1. Mempunyai tokoh yang menjadi panutan dan inspirasi

Setiap orang pasti memiliki seseorang yang dikaguminya dan biasanya kaum wanita sangat mengagumi sosok wanita yang cantik, sukses dan inspiratif.

Contohnya mungkin R.A Kartini atau yang lagi populer sekarang adalah Dian Sastrowardoyo.

Kedua perempuan cerdas ini sukses dan memiliki inner beauty yang menjadi pesona khas diri mereka.

Dengan memiliki tokoh panutan, kamu bisa mencontoh bagaimana tokoh panutan mu meraih kesuksesan dan memiliki tujuan kalau kamu harus bisa sukses atau bahkan melebihi tokoh panutanmu itu.

2. Berteman dengan lingkungan orang sukses

Seperti pepatah yang mengatakan bahwa jika kita berteman dengan penjual minyak wangi maka kita akan mendapatkan wanginya. Begitu juga dengan kehidupan sesungguhnya, jika kamu ingin cepat sukses bertemanlah dengan orang-orang sukses.

Bukan tanpa alasan atau bermaksud memilih-milih seorang teman tapi peran lingkungan sangatlah penting dalam meraih kesuksesan.

Dengan berada di tengah-tengah orang sukses maka kamu akan banyak mendapatkan pelajaran, tips dan trik untuk meraih kesuksesan dan yang paling penting adalah jaringan orang-orang yang akan membawamu dalam kesuksesan.

3. Menekuni hobi atau passion

Perlu kamu ketahui bahwa kesuksesan bisa datang dari hal-hal sekecil apapun bahkan dari hobi yang kamu sukai.

Kamu hobi tutorial memakai hijab atau mendesain pakaian? Cobalah kembangkan hobimu itu dan memanfaatkan media sosial sebagai media promosi.

Karena banyak wanita yang meraih kesuksesannya berawal dari sekedar hobi kemudian ia memposting ke akun media sosialnya dan dari sanalah kesuksesan berawal.

Kembangkan lah hobi atau passion yang kamu miliki dan jika kamu belum tahu atau memiliki hobi yang kamu senangi cobalah cari mulai sekarang.

4. Banyak-banyak membaca

Dengan membaca banyak wawasan baru yang bisa kamu dapatkan dan pikiran kita juga akan lebih terbuka sehingga dapat melihat celah kesuksesan.

Dengan banyak membaca kita juga lebih mudah bergaul dengan orang lain karena kita dengan mudah mengerti topik pembicaraan.

Apalagi saat ini kemajuan teknologi cukup mendukung untuk mencari berbagai informasi yang bisa kita baca. Jadi tak ada alasan untuk kamu tidak membaca.

Kamu bisa membaca artikel tentang kunci sukses seorang wanita atau mencari inspirasi-inspirasi agar kamu terpacu untuk meraih kesuksesan itu.

Sebagai rekomendasi kamu bisa mengunjungi situs wanita inspiratif urbanwomen.org. Media online ini banyak sekali menuangkan artikel-artikel menarik tentang cinta dan karir wanita yang mungkin bisa menambah semangatmu untuk meraih kesuksesan.

5. Gabung bersama komunitas wanita sukses

Bergabung dengan sebuah komunitas atau organisasi juga bisa membantumu meraih kesuksesan.

Pada umumnya sebuah komunitas didirikan oleh orang-orang yang sukses baik dalam berkarir maupun dalam menata hidupnya.

Seperti urbanwomen, komunitas wanita positif yang tak hanya sebagai wadah inspirasi bagi wanita sukses tapi juga menjadi sumber motivasi untuk setiap wanita Indonesia. Nah, kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk menumbuhkan kesuksesan.

Demikian langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan potensimu dalam meraih kesuksesan. Kunci penting dalam meraih kesuksesan adalah rajin, dan disiplin.

Selain itu, perbanyaklah melakukan kegiatan sosial. Mengapa demikian? Karena seorang wanita yang peduli dengan lingkungannya percaya bahwa berbagi dengan orang lain adalah salah satu langkah menuju kesuksesan.

Jika ia bisa peduli dengan orang lain, sudah pasti ia akan peduli dengan diri sendiri. Semoga informasi ini bisa memicu kamu dalam meraih kesuksesan dalam hidup yah ladies.

Baca juga: Ingin sukses mempengaruhi orang lain, perhatikan satu hal penting ini

Leave a comment

Tinggalkan Balasan