Peta SNA terkait Komisioner KPU Kena OTT KPK. Sumber: Data Drone Emprit

Komisi Pemberantasan Korupsi in action. Pejabat tinggi negara kena jerat. Wahyu Setiawan, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi.

Bagaimana publik menyikapi peristiwa ini? Apa saja yang menarik perhatian dan seperti apa sentimen yang terbentuk? Reaksi netizen sungguh mengejutkan!

Analisa ini menggunakan data Drone Emprit pada pola percakapan di Twitter dengan topik KPU periode waktu 9 Januari 2020.

Volume dan Trend

Kita analisis dengan kata kunci KPU. KPU adalah singkatan dari Komisi Pemilihan Umum. Lembaga pemerintah yang bertugas menyelenggarakan Pemilihan Umum. Pilpres dan Pilkada serentak. Tahun 2020 ini 270 Pilkada serentak di 9 provinsi, 37 kota, dan 224 kabupaten.

Menjelang punya hajatan besar ini KPU sebenarnya landai-landai saja dalam dinamika dialektika netizen beberapa bulan terakhir. Trend tiba-tiba meledak setelah KPK melakukan operasi tangkap tangan terhadap komisioner KPU pada 8 Januari 2020.

Volume dan trends percakapan KPU di Twitter. Sumber: Data Drone Emprit

Dari gambar  di atas kita lihat data trends dan volume percakapan mengenai KPU dalam rentang 3 bulan terakhir sangat kecil dan tiba-tiba melonjak karena kasus yang menjerat Wahyu Setiawan. Pada 9 Januari, hari penetapan Wahyu sebagai tersangka oleh KPK, volume percakapan KPU mencapai 8,338 dan tampaknya ini baru awal spike.

Tagar

Sejumlah hastag muncul mengiringi penetapan tersangka komisioner KPU. Netizen mengekspresikan opini dan posisinya dengan tagar-tagar untuk menarik perhatian. Tak hanya KPU, sejumlah pihak juga terkena sentimen negatif. Lihat gambar di bawah ini.

Top Tagar terkait Komisioner KPU Kena OTT KPK. Sumber: Data Drone Emprit

SNA

Peta SNA untuk kata kunci KPU memperlihatkan hanya satu narasi dominan: negatif untuk KPU, pemerintah, dan PDIP. Ada yang menuding tokoh tertentu terlibat hingga ada yang menyoal independensi KPU saat Pilpres.

Apakah akan muncul narasi dan cluster pro kontra, perlu kita lihat lagi dalam beberapa hari ke depan.

Peta SNA terkait Komisioner KPU Kena OTT KPK. Sumber: Data Drone Emprit

Pada Jumat pagi, 10 Januari 2020, mulai muncul cluster baru dan terlihat sagat kecil. Top influencernya akun twitter @kurawa yang mengungkapkan narasi kontra dengan cluster besar yang terbentuk sebelumnya.

Peta SNA terkait Komisioner KPU Kena OTT KPK. Sumber: Data Drone Emprit

 

Top Influencer

Top influencer yang muncul dalam percakapan tentang KPU hari ini didominasi pihak-pihak di luar pemerintahan.

Top Influencer terkait Komisioner KPU Kena OTT KPK. Sumber: Data Drone Emprit

Narasi

Seperti apa narasi yang mendapatkan engagement tinggi bisa dilihat dalam tabel.

Top narasi twitt terkait Komisioner KPU Kena OTT KPK. Sumber Data Drone Emprit

 

Top narasi twitt terkait Komisioner KPU Kena OTT KPK. Sumber: Data Drone Emprit

Peta Sebaran

Peta sebaran asal postingan di Twitter memperlihatkan Jakarta yang paling tinggi.

Peta Sebaran Buzzer Twitter. Sumber: Data Drone Emprit
Peta sebaran buzzer twitter. Sumber: Data Drone Emprit

Closing

Kasus korupsi menjadi sandungan politisi. Mereka yang tersandung kasus bisa hilang dari peredaran dan tenggelam. Namun demikian, asas praduga tak persalah tetap harus ditegakkan. Mereka yang disangka apalagi hanya dikait-kaitkan tentu punya hak untuk melakukan pembelaan diri.

Jagat sosial media ke depan tampaknya bakal riuh dan memanas karena kasus ini. Seperti apa, kita tunggu saja episode berikutnya.