Usaha olshop yang menjanjikan
Photo by Amina Filkins on Pexels.com

Saat ini, kita telah memasuki era digital, di mana semua hal dapat dilakukan melalui internet.

Mulai dari berkomunikasi, berbelanja, belajar, dan lain sebagainya. Sehingga, tak heran bila saat ini banyak bermunculan berbagai layanan berbasis digital.

Media sosial, salah satu platform digital yang paling sering digunakan oleh masyarakat.

Pasalnya, dengan media sosial kita dapat berkomunikasi dengan seseorang secara cepat.

Sehingga, tak heran bila kini bermunculan berbagai bisnis melalui media sosial, salah satunya adalah sosial media marketing.

Pengertian Sosial Media Marketing

Sosial media marketing merupakan istilah yang digunakan untuk pembuatan konten dengan tujuan pemasaran atau marketing.

Singkatnya, Sosial media marketing merupakan proses pemasaran melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, TikTok, Instagram, dan lain sebagainya.

Salah satu bentuk yang paling populer adalah dengan menjalankan iklan menuju landing page.

Manfaat Sosial Media Marketing

  1. Meningkatkan Perhatian Kepada Masyarakat

Perhatian masyarakat kepada suatu brand atau produk dapat meningkat karena dipasarkan secara terus-menerus. Dan di sini, sosial media marketing dapat berpengaruh dalam meningkatkan popularitas suatu brand atau produk.

Sosial media merupakan platform komunikasi yang dapat digunakan untuk memasarkan suatu brand atau produk dengan lebih cepat dan murah.

Terlebih lagi, masyarakat kini sering mengakses sosial media setiap harinya.

Sehingga, diharapkan brand atau produk yang dipasarkan melalui sosial media akan dikenal oleh masyarakat luas.

  1. Mendapatkan Ulasan Secara Langsung

Ketika suatu produk mulai dipasarkan melalui sosial media, maka tak sedikit orang ingin mencoba produk tersebut.

Dan ketika masyarakat yang memakai produk tersebut merasa puas atau kurang puas, mereka bisa memberikan ulasan langsung berupa komentar pada produk yang ditawarkan.

Hal ini penting karena dengan banyaknya masyarakat yang memberikan ulasan, maka suatu perusahaan akan mendapatkan berbagai kritik untuk perbaikan ke depannya.

Bagi masyarakat, ulasan tersebut dapat dipakai sebagai acuan kelebihan dan kekurangan suatu produk.

  1. Menjaring Konsumen Baru dengan Lebih Cepat

Sosial media merupakan platform yang digunakan oleh hampir seluruh masyarakat di seluruh dunia. Sehingga, memanfaatkan sosial media sebagai salah satu strategi marketing merupakan hal yang dapat dilakukan.

Dengan sosial media marketing, maka akan ada banyak calon konsumen yang melirik produk tersebut.

Bahkan, dengan luasnya media sosial, produk yang dipasarkan dapat dilirik oleh masyarakat yang tinggal di luar negeri. Cara ini terbukti efektif jika produk yang dipasarkan adalah produk baru.

Baca juga:

Kelebihan sosial media marketing

Kekurangan sosial media marketing

  1. Menjangkau Target Pasar Secara Spesifik

Di media sosial, pasti ada grup atau komunitas yang memiliki ketertarikan yang serupa.

Sehingga, jika kamu menjual produk-produk yang berhubungan dengan ketertarikan tertentu, maka kamu dapat menjangkau target pasar secara lebih spesifik.

Misalnya, produk-produk berbau Korea akan cocok dijual di grup atau komunitas k-pop. Atau produk-produk berbau Jepang akan lebih cocok jika ditawarkan kepada grup atau komunitas anime.

Demikian pengertian singkat serta manfaat dari sosial media marketing. Semoga bisa menambah wawasanmu tentang dunia pemasaran.

Leave a comment

Tinggalkan KomentarBatalkan balasan