Mengenal media promosi di era digital dapat menjadi pilihan dalam strategi digital marketing.  Pemilihan media tidak dapat sembarangan, mengingat hal tersebut akan memberikan pengaruh pada keberhasilan penjualan sebuah produk atau jasa. Jika ide promosi sudah luar biasa, namun eksekusinya, seperti dalam pemilihan tempat kurang tepat, maka hasilnya pun tentu kurang maksimal.

Media untuk promosi secara online sudah banyak memasarkan produk secara efektif, namun tetap perlu strategi khusus untuk menarik calon customer. Promosi secara online dapat dilakukan secara gratis dan berbayar. Pilihlah media untuk mempromosikan yang banyak digunakan oleh target pasar.

Media promosi di Era Digital

Media promosi adalah sebuah alat atau mediator yang mewadahi promosi sebuah produk atau jasa. Produk yang akan dipromosikan, dimasukkan ke beberapa media untuk menyebarkan informasi dan tentunya dengan target menarik pelanggan. Jika target pasar adalah orang yang berhubungan dengan media sosial, digital marketing menjadi cara yang tepat. Cakupannya luas, heterogen, dan cepat tersebar.

Berikut beberapa contoh media yang digunakan untuk mendukung promosi di era digital para pebisnis yang dapat dijadikan referensi:

1. Blogging

Salah satu media terbaik untuk promosi yang mencakup semua bisnis adalah blogging. Blogging melibatkan penulisan dan penerbitan konten secara online, dengan topik yang relevan dengan bisnis. Sehingga membantu bisnis menghasilkan lebih banyak prospek, karena meningkatkan visibilitas secara online. Informasi yang berkualitas tentunya akan membantu pelanggan membuat keputusan pembelian yang lebih cerdas.

2. Media Sosial Marketing

Media sosial marketing kini dapat menjadi strategi pemasaran terbaik untuk semua ukuran bisnis. Banyak konsumen yang menggunakan media sosial setiap hari untuk berkomunikasi, memperoleh informasi yang terjadi di dunia, atau bahkan mendapatkan pekerjaan. Beberapa sosial media berikut kini sudah dapat mendukung untuk promosi secara online:

3. Facebook

Keberadaan Facebook kini dimanfaatkan untuk media online yang cukup efektif dalam memperkenalkan dan memasarkan produk. Caranya, dengan mengetahui segmentasi pelanggan yang diinginkan. Kemudian membuat fan page brand di Facebook semenarik mungkin.

4. Instagram

Instagram kini menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak. Sudah banyak juga pemilik bisnis online yang memulai usahanya melalui online shop di Instagram. Menariknya, kini Instagram memiliki banyak fitur yang mendukung untuk promosi dan berinteraksi dengan pelanggan. Sehingga dapat dimaksimalkan sebagai media promosi sekaligus media interaksi dengan pelanggan.

5. Youtube

Pemilik laman Youtube, fitur AdSense sangat menguntungkan. Fitur AdSense akan membuka peluang untuk pebisnis melakukan promosi yang akan menjangkau lebih banyak pelanggan. Dapat juga membuat akun khusus untuk brand dengan mengunggah video interaktif yang menarik pengguna.

6. Email Marketing

Diurutan nomor 6 ada Email marketing masih memiliki kekuatan sebagai promosi online yang efektif yang mampu menjangkau banyak pelanggan. Email marketing dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan berita launching produk, penawaran terbaru dan terbatas, serta diskon promosi.

7. Pay-Per-Click Ads

Iklan Pay-per-click atau PPC adalah iklan yang muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari. Media ini menjadi salah satu yang dapat membantu bisnis dengan meningkatkan visibilitas online. Iklan ini memanfaatkan kata kunci yang relevan dengan konten yang dicari. Ketika sesorang mencari kata kunci tersebut di Google, mereka akan melihat iklan di bagian atas halaman.

Peningkatan Penjualan dengan Media promosi secara Digital

Membangun upaya promosi bisnis tentu tidak mudah. Namun, kini semuanya dapat dimulai dengan memanfaatkan media untuk promosi secara digital. Apalagi dengan memanfaatkan beberapa platform di atas tanpa pengeluaran biaya yang besar.

Jadi, media promosi manakah yang jadi pilihan?

Terpopuler

Leave a comment

Tinggalkan Balasan